Taman Sari Yogyakarta


Taman Sari

foto dan teks oleh Barry Kusuma

Lokasi terletak 400meter dari Keraton Yogyakarta, Taman Sari sesuai dengan namanya merupakan taman yang begitu indah. Karena dahulu kala tempat ini adalah tempat peristirahatan dan rekreasi Sultan. Pesona taman sari ini dapat mempesonakan siapa saja yang melihatnya, konon taman sari ini tempat pertemuan sultan dengan penguasa laut selatanNyi Roro Kidul.

Taman sari ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1756 dan selesai pada tahun 1765. bangunan dan arsitektur taman sari merupakan perpaduan gaya Portugis, Cina, islam dan jawa. Sebagian dari bangunan dan arsitektur dari taman sari hancur, ini disebabkan oleh beberapa kali terjadi musibah yang dapat menghancurkan taman sari tersebut. Tempat ini digunakan untuk berbagai kepentingan, sebagai tempat rekreasi, peristirahatan, persembunyian dan meditasi.

Sebagai tempat objek wisata, Taman Sari sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Disamping bangunan dan arsitekturnya mempunyai nilai seni dan muatan sejarah yang tinggi, juga didalamnya juga sangat eksotis.

Photo & Text by Barry Kusuma

Add FB : http://www.facebook.com/barrykusuma

Add Twitter : @barrykusuma

1 comment:

sakti soediro said...

drop by :) collecting memory about Taman Sari.