Memilih Kamera Mirrorless untuk Traveling.


Artikel oleh Barry Kusuma (Travel Photographer)

Kamera mirrorless adalah kamera digital yang mulai populer ditahun 2008, sebenarnya Kamera Mirrorless ini adalah kamera yang mirip DSLR dan tidak memakai cermin dan bentuknya lebih kecil dan ringan jika dibandingkan DSLR. saya ingat pada tahun 2005 kita tidak bisa memilih mau kamera DSLR atau kamera saku? Kalau pilihannya ingin memotret dengan kualitas foto terbaik, kecepatan dan bisa mengontrol manual, maka pilihannya adalah kamera DSLR. Sementara kalau mau memotret dokumentasi dan ringan dibawa kemana mana, ukuran kecil, enteng, gampang semua orang bisa pakai, harga terjangkau maka pilihannya jatuh ke kamera pocket, tetapi ada yang harus dikorbankan disini yaitu kualitas foto yang tidak maksimal.

Karena ada gap dan perbedaan inilah muncul kamera mirrorless yang berada ditengah tengah karena bentuknya kecil, enteng dan kualitas foto yang sama bagusnya dengan DSLR. Cara kerja kamera DSLR membutuhkan cermin (mirror) untuk memunculkan gambar di viewfinder, sedangkan kamera mirrorless memunculkan gambar dengan membuang cermin yang ada di DSLR inilah yang menghemat ukuran dan berat kamera (juga memangkas harga) kekurangannya Kamera Mirrorless tidak ada viewfinder optik di sebagian besar kamera mirrorless.3 - 4 tahun lalu saya salah satu orang yang belum mempercayai kualitas Kamera Mirrorless setara dengan DSLR, tetapi setelah saya mencoba Kamera Mirrorless dengan sensor APSC dan mengirim hasil foto tersebut ke Agency Stok Foto saya GettyImages di USA. diluar dugaan GettyImages mereka menerima hasil dari kamera mirrorless saya, dari sini secara tidak langsung hasil kamera Mirrorless itu sudah diakui sama dengan DSLR kualitas fotonya.

Foto yang dihasilkan oleh kamera mirrorless lebih mampu mengambil foto ditempat gelap dan minim noise.
Memilih Kamera Mirrorless yang terpenting harus diperhatikan adalah sensor yang digunakan kamera tersebut, Sensor inilah yang menentukan kualitas hasil foto. saat ini beragam sensor yang digunakan oleh produsen kamera. masing masing produsen kamer mempunyai beragam ukuran sensor yang dipakai, mulai dari yang sebesar kamera DSLR hingga sekecil kamera saku. terus bagaimanakah memilih kamera mirrorless yang bagus, jawabannya tergantung kebutuhan kita apa? kalau saya kebutuhan Stok Foto yang membutuhkan kualitas pembesaran foto yang bisa dicetak besar tidak pecah, desain dan bentuk kamera itu nomor dua bagi saya. tetapi ada juga orang yang membeli kamera mirrorless karena kecilnya, ringkas dan terlihat trendy. ada juga yang membeli kamera mirrorless dari bentuk kameranya yang vintage. semua itu benar dan tidak ada yang salah, kembali lagi memilih kamera mirrorless disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai pemakai.

Aneka ragam sensor di Kamera Mirrorless : 

- sensor APS-C
- sensor Four Thirds
- sensor Nikon CX (1 inci)
- sensor kecil 1/2.3 inci (Pentax Q)

dari semua sensor Mirrorless saat ini sebenarnya semuanya sudah memenuhi kualitas stok foto untuk kebutuhan komersial, ingat sensor terbaik tidak akan maksimal jika kualitas dan jenis lensa yang digunakan juga tidak mumpuni.
semakin besar sensor yang dipakai semakin bagus kualitas foto di kamera tersebut, walaupun faktor lensa juga mempengaruhi kualitas foto.

Profesi saya sebagai Travel Photographer dituntut untuk mendapatkan hasil gambar terbaik disegala situasi dan kondisi, banyaknya kamera dan lensa yang kita bawa itu bisa mengganggu kenyamanan pada saat traveling. ada banyak keuntungan ketika saya membawa kamera mirrorless.

Keuntungan memakai Kamera Mirrorless untuk Travelers dan Fotografer :

1. Ringan, kalau dahulu saya membawa tas backpack untuk membawa 2 body dslr dan 2 lensa wide dan range normal. tetapi dengan mirrorless saya hanya cukup membawa 1 tas selempang yang bisa diisi oleh 2 kamera Mirrorless 1 dengan lensa 12-24mm dan 1 body lagi dengan lensa 18-55mm. 

2. Kualitas Foto yang sudah sama dengan DSLR, dengan sensor yang besar dan sama yang digunakan oleh kamera DSLR membuat kualitas kamera Mirrorless sudah sama dengan DSLR.

3. Harga Terjangkau, Kamera Mirrorless sebagian besar harganya terjangkau dan terkadang lebih murah dari tipe DSLR termurah. memang ada juga kamera mirrorless yang harganya melebihi DSLR tetapi hanya sebagian kecil saja.

4. Memotret human interest lebih mudah, jika kita suka memotret human interest yang saya rasakan ketika memotret menggunakan kamera mirrorless mereka jadi tidak canggung dan cenderung cuek dengan kehadiran kita. berbeda jika kita memakai kamera DSLR yang besar mereka cenderung risih dan malu untuk difoto.

5. lebih mudah berbaur, memakai kamera mirrorless menjauhkan kesan kita adalah Fotografer beneran. karena low profile dan tidak mencolok terkadang kita dianggap turis biasa oleh masyarakat sekitar, sehingga dengan mudah kita bisa berbaur dan memotret dengan nyaman.

6. Teknologi terupdate, biasanya kamera mirrorless sekarang sudah banyak update teknologi, baik wifi, hdr dan fitur fitur yang memudahkan kita untuk memotret.


Pertanyaan banyak orang saat ini adalah, apakah saya membutuhkan kamera mirrorless? Bila anda adalah fotografer yang banyak memotret didalam studio dan model, anda lebih membutuhkan kamera kelas atas untuk bekerja. tetapi jika anda adalah Travel Photographer dan Travel blogger seperti saya, atau hobies yang suka memotret dan jalan jalan. maka kamera mirrorless cocok dengan anda. saya beruntung bisa mencoba beberapa tipe kamera mirrorless, dan saya akan sharing disini supaya anda bisa memilih kamera mirrorless sesuai dengan kebutuhan anda. ya seperti yang saya bilang diatas, memilih kamera mirrorless itu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda yang terpenting.


beberapa kamera yang sudah pernah saya review, disini saya coba seobjektif mungkin. agar anda bisa menentukan kamera mirrorless mana yang cocok dengan anda.

1. Panasonix Lumix GX series, punya lensa yang tajam dan desain kamera yang klasik, saya suka dengan dynamic rangenya, layer sangat detail. untuk dapat hasil yang maksimal gunakanlah lensa X seriesnya Lumix.
2. Sony Nex series ( Kamera dan lensanya punya kualitas yang bagus, desain body kamera yang bagus. hanya sayang aftersales service belum sebagus kamera dan lensanya.)
2. Samsung NX series ( bentuk kameranya standar belum banyak varian dan type, lensanya harganya cukup murah dan aftersalesnya lumayan oke).
3. Olympus ( desain bagus dan vintage, punya komunitas yang kuat dan lumayan besar, sensor tidak sebesar kedua kamera diatas, tetapi cukup untuk kebutuhan komersial).
4. Fuji Series ( desain bagus dan teknologi sensor yang bagus, harganya agak mahal dibandingkan kamera lain).

selain itu saya juga punya beberapa tips yang bisa jadi faktor pertimbangan ketika akan memilih kamera Mirrorless :

1. pilihlah kamera Mirrorless yang punya megapixel diatas 14MP, karena lensa mirrorless itu tidak sebagus lensa DSLR pasti ada penurunan kualitas foto disitu, sehingga sensor yang besar jika kualitas foto turun masih bisa dimaklumi.

2. jika anda membeli kamera mirrorless dengan harapan lensa DSLR anda bisa dipasang di kamera mirrorless tersebut, maka essensi dari kamera mirrorless tersebut hilang. kenapa sih orang memilih Mirrorless, kamera ringan dan kecil bentuknya.

3. carilah kamera mirrorless yang power charge USB universal, jadi kalau kita kehabisan baterai bisa di charge pakai powerbank. selain itu juga menghemat dalam membawa charger ketika traveling.

4. Body ringan dan kecil itu mutlak, jika membeli kamera mirrorless yang berukuran hampir sama dengan DSLR. lebih baik ya membeli DSLR aja.

Artikel oleh Barry Kusuma
www.smileindonesia.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

27 comments:

Mei Er said...

Thank you very much for the useful information you have shared. Appreciate it.

Supriyono Usmani said...

kamera mirrorless merk apa yang bagus? yg sensornya APSC menurut mas, yang rekomend gitu, bagaimana dengan canon eos-m mas? trims

angkisland said...

waa saya ngiler dulu deh mas heheh

IdBloggerBuzz said...

wahh kepengen yg sony alpha..bagus ga ya mas..(nabung dulu) :)

Adi Purwanto said...

salam....mao tanya dong,kalo lebih untuk photo macro/micro merk apa yang bagus....tapi juga bagus buat photo biasa

Beragam pakaian bayi said...

keren juga nih tips Memilih Kamera Mirrorless untuk Traveling. .. jadi pngn beli kamera Mirrorless :D

kartu perdana murah said...

ternyata Kamera Mirrorless memang keren dah.. dan juga hasil foto yang didapatkan sudah sama dengan DSLR, :D

Tekno Network said...

Kamera Mirrorless pernah aku bawa untuk pergi ke private pool villa Bali, soalnya cocok untuk foto pantai dan sunset di Bali

Tekno Network said...

Kamera Mirrorless pernah aku bawa untuk pergi ke private pool villa Bali, soalnya cocok untuk foto pantai dan sunset di Bali

Zaki Firdaus said...

sangat membantu sekali tulisan pak Barry Kusuma, kebetulan saya juga lagi pilih-pilih kamera mirrirless.. terima kasih..

Mitra Detik said...

wah keren keren ya kameranya,,, yg harganya 3 jutaan ada gak,,, pengen beli

Fahmi said...

Tetep demen pake sony nex lah om, meski lagi pengen coba selingkuh ke fuji #eh

Aliko Sunawang said...

oh jadi lensa kamera mirrorlress itu bisa diganti juga ya mas. baru ngeh :D. asik dong kalau gitu. kalau mau jalan-jalan kayaknya lebih asik pakai mirrorless

Sarah Rizky said...

maaas, kalo pentax q10 recommended ga ya?

kelinci sahid said...

Bener-bener kelewatan nih mas Berry informasinya sangat membantu dan tidak pelit akan ilmu dan pengalaman. Saya jadi semangat mau hijrah dari DSLR ke Mirrorless. Terima kasih Mas.

hieronimus hendrawan said...

mas barry, nice artikel, saya mau nanya , apakah mirrorless camera bisa digunakan untuk menangkap objek2 sprti bintang2 dan milkyway, krn saya memikirkan hendak membeli kamera utk menangkap objek2 malam sprti bintang dan milkyway sekaligus karena saya suka hiking dan travelling outdoor. thx for reply

Yudi Randa said...

Mas, klo kamera ini ada yang untuk pemula juga tidak?

bhe said...

Keren-keren mas artikelnya...sukses selalu mas.

Unknown said...

Kalau mau lensa wide ambil range brp untuk mirrorrless Om?nikon1 j3 om punya saya.tks om

Beni said...

Mantap Mas Barry... :D

Mau tanya Mas, kalo gak salah di kamera mirrorless ada fitur RAW-nya kan. Nah itu apakah kualitasnya juga menurun di banding dengan kamera DSLR?

Denny Agus Handoko said...

Very helpful, great information sir.

maya nur farida said...

Infonya sangat membantu, nice.

maya nur farida said...

Infonya sangat membantu, nice.

Profil Junior Liem said...

Terima kasih tips-tips seputar kamera mirrorless ini, selama ini sering bingung mau pakai kamera mirrorless apa tidak saat travelling. Kunjungi juga Gayahidupku.com untuk lihat tips seputar travelling lainnya, terima kasih

Nekad Traveling said...

kamera ini memang mantap terutama bagi kamu yang hobi traveling. Nah mau tau tempat-tempat traveling yang asik, yuk kunjungi 18 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjung di sini kamu bisa mendapatkan informasi tempat-tempat wisata seru, asik dan menyenangkan.

pengawet said...

mungkin kamera anda pernah berjamur
jangan biarkan hal ini terjadi
pergunakanlah silica gel
agar kamera aman

ibu nabila said...

Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.