Asal Usul Suku Baduy/Kanekes Banten




Photography by Barry Kusuma
www.barrykusuma.com (Indonesia & Asia Images)

Orang Kanekes atau orang Baduy adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Sebutan "Baduy" merupakan sebutan yang diberikan oleh penduduk luar kepada kelompok masyarakat tersebut, berawal dari sebutan para peneliti Belanda yang agaknya mempersamakan mereka dengan kelompok Arab Badawi yang merupakan masyarakat yang berpindah-pindah (nomaden). Kemungkinan lain adalah karena adanya Sungai Baduy dan Gunung Baduy yang ada di bagian utara dari wilayah tersebut. Mereka sendiri lebih suka menyebut diri sebagai urang Kanekes atau "orang Kanekes" sesuai dengan nama wilayah mereka, atau sebutan yang mengacu kepada nama kampung mereka seperti Urang Cibeo (Garna, 1993).



Bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa Sunda dialek a–Banten. Untuk berkomunikasi dengan penduduk luar mereka lancar menggunakan Bahasa Indonesia, walaupun mereka tidak mendapatkan pengetahuan tersebut dari sekolah. Orang Kanekes 'dalam' tidak mengenal budaya tulis, sehingga adat istiadat, kepercayaan/agama, dan cerita nenek moyang hanya tersimpan di dalam tuturan lisan saja.



Menurut kepercayaan yang mereka anut, orang Kanekes mengaku keturunan dari Batara Cikal, salah satu dari tujuh dewa atau batara yang diutus ke bumi. Asal usul tersebut sering pula dihubungkan dengan Nabi Adam sebagai nenek moyang pertama. Menurut kepercayaan mereka, Adam dan keturunannya, termasuk warga Kanekes mempunyai tugas bertapa atau asketik (mandita) untuk menjaga harmoni dunia.



Pendapat mengenai asal-usul orang Kanekes berbeda dengan pendapat para ahli sejarah, yang mendasarkan pendapatnya dengan cara sintesis dari beberapa bukti sejarah berupa prasasti, catatan perjalanan pelaut Portugis dan Tiongkok, serta cerita rakyat mengenai 'Tatar Sunda' yang cukup minim keberadaannya. Masyarakat Kanekes dikaitkan dengan Kerajaan Sunda yang sebelum keruntuhannya pada abad ke-16 berpusat di Pakuan Pajajaran (sekitar Bogor sekarang). Sebelum berdirinya Kesultanan Banten, wilayah ujung barat pulau Jawa ini merupakan bagian penting dari Kerajaan Sunda. Banten merupakan pelabuhan dagang yang cukup besar. Sungai Ciujung dapat dilayari berbagai jenis perahu, dan ramai digunakan untuk pengangkutan hasil bumi dari wilayah pedalaman. Dengan demikian penguasa wilayah tersebut, yang disebut sebagai Pangeran Pucuk Umum menganggap bahwa kelestarian sungai perlu dipertahankan. Untuk itu diperintahkanlah sepasukan tentara kerajaan yang sangat terlatih untuk menjaga dan mengelola kawasan berhutan lebat dan berbukit di wilayah Gunung Kendeng tersebut. Keberadaan pasukan dengan tugasnya yang khusus tersebut tampaknya menjadi cikal bakal Masyarakat Baduy yang sampai sekarang masih mendiami wilayah hulu Sungai Ciujung di Gunung Kendeng tersebut (Adimihardja, 2000). Perbedaan pendapat tersebut membawa kepada dugaan bahwa pada masa yang lalu, identitas dan kesejarahan mereka sengaja ditutup, yang mungkin adalah untuk melindungi komunitas Baduy sendiri dari serangan musuh-musuh Pajajaran.



Ada versi lain dari sejarah suku baduy, dimulai ketika Kian Santang putra prabu siliwangi pulang dari arabia setelah berislam di tangan sayyidina Ali. Sang putra ingin mengislamkan sang prabu beserta para pengikutnya. Di akhir cerita, dengan 'wangsit siliwangi' yang diterima sang prabu, mereka berkeberatan masuk islam, dan menyebar ke penjuru sunda untuk tetap dalam keyakinannya. Dan Prabu Siliwangi dikejar hingga ke daerah lebak (baduy sekarang), dan bersembunyi hingga ditinggalkan. Lalu sang prabu di daerah baduy tersebut berganti nama dengan gelar baru Prabu Kencana Wungu, yang mungkin gelar tersebut sudah berganti lagi. Dan di baduy dalamlah prabu siliwangi bertahta dengan 40 pengikut setianya, hingga nanti akan terjadi perang saudara antara mereka dengan kita yang diwakili oleh ki saih seorang yang berupa manusia tetapi sekujur tubuh dan wajahnya tertutupi oleh bulu-bulu laiknya monyet.dan ki saih ini kehadirannya di kita adalah atas permintaan para wali kepada Allah agar memenangkan kebenaran.



Kepercayaan masyarakat Kanekes yang disebut sebagai Sunda Wiwitan berakar pada pemujaan kepada arwah nenek moyang (animisme) yang pada perkembangan selanjutnya juga dipengaruhi oleh agama Budha, Hindu, dan Islam. Inti kepercayaan tersebut ditunjukkan dengan adanya pikukuh atau ketentuan adat mutlak yang dianut dalam kehidupan sehari-hari orang Kanekes (Garna, 1993). Isi terpenting dari 'pikukuh' (kepatuhan) Kanekes tersebut adalah konsep "tanpa perubahan apapun", atau perubahan sesedikit mungkin:
Lojor heunteu beunang dipotong, pèndèk heunteu beunang disambung.
(Panjang tidak bisa/tidak boleh dipotong, pendek tidak bisa/tidak boleh disambung)




Objek kepercayaan terpenting bagi masyarakat Kanekes adalah Arca Domas, yang lokasinya dirahasiakan dan dianggap paling sakral. Orang Kanekes mengunjungi lokasi tersebut untuk melakukan pemujaan setahun sekali pada bulan Kalima, yang pada tahun 2003 bertepatan dengan bulan Juli. Hanya puun yang merupakan ketua adat tertinggi dan beberapa anggota masyarakat terpilih saja yang mengikuti rombongan pemujaan tersebut. Di kompleks Arca Domas tersebut terdapat batu lumpang yang menyimpan air hujan.



Apabila pada saat pemujaan ditemukan batu lumpang tersebut ada dalam keadaan penuh air yang jernih, maka bagi masyarakat Kanekes itu merupakan pertanda bahwa hujan pada tahun tersebut akan banyak turun, dan panen akan berhasil baik. Sebaliknya, apabila batu lumpang kering atau berair keruh, maka merupakan pertanda kegagalan panen (Permana, 2003a).Bagi sebagian kalangan, berkaitan dengan keteguhan masyarakatnya, kepercayaan yang dianut masyarakat adat Kanekes ini mencerminkan kepercayaan keagamaan masyarakat Sunda secara umum sebelum masuknya Islam.



Baduy Luar
Baduy Luar merupakan orang-orang yang telah keluar dari adat dan wilayah Baduy Dalam. Ada beberapa hal yang menyebabkan dikeluarkanya warga Baduy Dalam ke Baduy Luar. Pada dasarnya, peraturan yang ada di baduy luar dan baduy dalam itu hampir sama, tetapi baduy luar lebih mengenal teknologi dibanding baduy dalam.
Penyebab
Mereka telah melanggar adat masyarakat Baduy Dalam.
Berkeinginan untuk keluar dari Baduy Dalam
Menikah dengan anggota Baduy Luar


Proses Pembangunan Rumah penduduk Baduy Luar telah menggunakan alat-alat bantu, seperti gergaji, palu, paku, dll, yang sebelumnya dilarang oleh adat Baduy Dalam.
Menggunakan pakaian adat dengan warna hitam atau biru tua (untuk laki-laki), yang menandakan bahwa mereka tidak suci. Kadang menggunakan pakaian modern seperti kaos oblong dan celana jeans.



Baduy Dalam

Baduy Dalam adalah bagian dari keseluruhan Suku Baduy. Tidak seperti Baduy Luar, warga Baduy Dalam masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang mereka.
Sebagian peraturan yang dianut oleh suku Baduy Dalam antara lain:
Tidak diperkenankan menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi
Tidak diperkenankan menggunakan alas kaki
Pintu rumah harus menghadap ke utara/selatan (kecuali rumah sang Puun)
Larangan menggunakan alat elektronik (teknologi)Menggunakan Kain berwarna hitam/putih sebagai pakaian yang ditenun dan dijahit sendiri serta tidak diperbolehkan menggunakan pakaian modern.


Masyarakat Kanekes yang sampai sekarang ini ketat mengikuti adat istiadat bukan merupakan masyarakat terasing, terpencil, ataupun masyarakat yang terisolasi dari perkembangan dunia luar. Berdirinya Kesultanan Banten yang secara otomatis memasukkan Kanekes ke dalam wilayah kekuasaannya pun tidak lepas dari kesadaran mereka. Sebagai tanda kepatuhan/pengakuan kepada penguasa, masyarakat Kanekes secara rutin melaksanakan seba ke Kesultanan Banten (Garna, 1993). Sampai sekarang, upacara seba tersebut terus dilangsungkan setahun sekali, berupa menghantar hasil bumi (padi, palawija, buah-buahan) kepada Gubernur Banten (sebelumnya ke Gubernur Jawa Barat)



Pada saat ini orang luar yang mengunjungi wilayah Kanekes semakin meningkat sampai dengan ratusan orang per kali kunjungan, biasanya merupakan remaja dari sekolah, mahasiswa, dan juga para pengunjung dewasa lainnya. Mereka menerima para pengunjung tersebut, bahkan untuk menginap satu malam, dengan ketentuan bahwa pengunjung menuruti adat-istiadat yang berlaku di sana. Aturan adat tersebut antara lain tidak boleh berfoto di wilayah Baduy Dalam, tidak menggunakan sabun atau odol di sungai. Namun demikian, wilayah Kanekes tetap terlarang bagi orang asing (non-WNI). Beberapa wartawan asing yang mencoba masuk sampai sekarang selalu ditolak masuk.



Pada saat pekerjaan di ladang tidak terlalu banyak, orang Baduy juga senang berkelana ke kota besar sekitar wilayah mereka dengan syarat harus berjalan kaki. Pada umumnya mereka pergi dalam rombongan kecil yang terdiri dari 3 sampai 5 orang, berkunjung ke rumah kenalan yang pernah datang ke Baduy sambil menjual madu dan hasil kerajinan tangan. Dalam kunjungan tersebut biasanya mereka mendapatkan tambahan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Photography by Barry Kusuma
www.barrykusuma.com (Indonesia & Asia Images)

Travelers & Fotografer yg ingin keliling Indonesia, Wajib punya buku ini.


Buku 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia adalah Buku yg merangkum Keindahan alam dan budaya Indonesia. membaca buku 15 Destinasi ini membuat Travelers & Fotografer terinspirasi untuk keliling Indonesia, di Buku ini detail menjelaskan tentang destinasi dan event budaya yang jarang orang tahu dan kunjungi di Indonesia. Bagi Fotografer yang ingin keliling Indonesia Buku ini wajib dimiliki karena merupakan panduan yang lengkap destinasi mana saja yang harus Fotografer harus kunjungi di Indonesia untuk membuat stok foto.

banyak Travelers merasa bepergian dan liburan hanya menghabiskan uang saja, padahal banyak aktifitas yang bisa dilakukan pada saat Traveling salah satunya adalah memotret. Traveling dan memotret adalah bagian yang tidak terpisahkan, sebagian besar kita pada saat liburan pasti membawa kamera. di buku ini saya berikan tips travel foto disetiap destinasi Wisata termasuk tips memotret event budaya yang bisa menjadi panduan Travelers, dengan adanya Tips Travel foto dibuku ini bertujuan untuk membuat foto yang baik sehingga foto foto traveling ini bisa digunakan untuk kebutuhan Blog atau majalah. 

kelebihan lain buku 15 Destinasi ini adanya 
1. menerangkan cara "How To Get There"
2. Full Collor dan foto foto berwarna.
3. informasi destinasi wisata di Indonesia yang masih jarang dikunjungi dan Tips Travel Foto disetiap Destinasi Wisata. 

anda bisa memesan Buku ini di Gramedia Online dan Toko Buku Terdekat.

pesan buku ini di Gramedia Online klik

74 comments:

Tour Leader Ujungkulon said...

Biar orang Baduy tidak ada yang mengenyam pendidikan formal, jangan dikira mereka itu bodoh. Buktinya banyak di antara warga desa Kanekes, khususnya di wilayah Baduy Luar, yang bisa baca tulis dan bahkan jadi pengusaha kaya. Hebatnya, kita tak bisa mana orang Baduy Luar yang kaya dan mana yang miskin karena rumah dan pakaian yang mereka pakai tetap sama: baju hitam - celana hitam.
Wah... Jadi kangen nih sama Jaro Daina dan kawan2 di kampung Kadu Ketug.

cinta indonesiaKU said...

ijin share di cinta indonesiaKU

charlieiPad said...

Selalu menarik melihat foto foto indah karya Barry Kusuma, gambar yang bertutur menambah pemahaman saya atas subjek yang disajikan. Selamat berkarya Bro, GBU.

kurikin said...

beraneka ragam suku di Indonesia membuat bangsa ini lebih indah jika kelestarian dan budayanya dijaga, makasih banyak artikelnya om barry

Bunga Kpr said...

Biar orang Baduy tidak ada yang mengenyam pendidikan formal, jangan dikira mereka itu bodoh. Buktinya banyak di antara warga desa Kanekes, khususnya di wilayah Baduy Luar, yang bisa baca tulis dan bahkan jadi pengusaha kaya. Hebatnya, kita tak bisa mana orang Baduy Luar yang kaya dan mana yang miskin karena rumah dan pakaian yang mereka pakai tetap sama: baju hitam - celana hitam.
Wah... Jadi kangen nih sama Jaro Daina dan kawan2 di kampung Kadu Ketug

perkembangan janin said...

Selalu menarik melihat foto foto indah karya Barry Kusuma, gambar yang bertutur menambah pemahaman saya atas subjek yang disajikan. Selamat berkarya Bro, GBU.

Adu gadget said...

Saya pernah melihat suku baduy di televisi, mereka kini sudah tak menutup diri dari dunia luar, bahkan sudah ada yang kuliah dan sekolah.Selain hal ini, di Bali ada juga loh paket honeymoon bali yang bisa Anda coba untuk menikmati bulan madu yang romantis

Unknown said...

Kita baru saja pulang dari Baduy Kampung Cibeo, observasi dan wisata bersama Mahasiswa Pascasarjana S2 STKIP Arrahmaniyah Depok, bertemu dan berdiskusi dengan Wakil Raro Tungtung Mursyid dan ketiga rekannya,Adat Budaya orng baduy sebagai dari kekayaan budaya bangsa,namun perubahan masyarakat tidak bisa terbendung, kemungkinan 20 tahun kedepan ada perubahan. tapi dunia akan bersaksi sampai akhir bahwa indonesia pernah ada orang baduy

Unknown said...

Kita baru saja pulang dari Baduy Kampung Cibeo, observasi dan wisata bersama Mahasiswa Pascasarjana S2 STKIP Arrahmaniyah Depok, bertemu dan berdiskusi dengan Wakil Raro Tungtung Mursyid dan ketiga rekannya,Adat Budaya orng baduy sebagai dari kekayaan budaya bangsa,namun perubahan masyarakat tidak bisa terbendung, kemungkinan 20 tahun kedepan ada perubahan. tapi dunia akan bersaksi sampai akhir bahwa indonesia pernah ada orang baduy

Unknown said...

Baru kemarin ke Badui, Track basah berlumpur, hujan deras, . di cibeo ketemu sama pak mursyid . masih penasaran dengan yang disebut 'pu un' , soalnya cuma bisa dilihat rumah dinas nya dari jauh.

pencil ally said...

wah, ingin rasanya bisa berkunjung dan bersilaturrahmi ke masyarakat adat di sini...

M.Rohman said...

Luar biasa

Obat gatal payudara said...

nice

Unknown said...

permisi gan numpang info..

Jalan bareng ke kampung adat Baduy.

info hub : 087772994691 sms/wa/call

Baduy Trip said...

Mengunjungi Suku Baduy membuat kita bisa merasakan, bagaimana terjaganya kultur disana. Masyarakatnya juga ramah terhadap orang luar.

Daerahnya yang masih sangat alami, menyajikan pemandangan yang sangat indah.

agaricpro said...

nice information

VIedela AK said...

seandinya gemerlap kota berubah menjadi baduy. haha

agaricpro41 said...

wow thanks fir sharing!!

osa said...

Andai masih ada kesempatan untuk berkunjung ke desa cikatawarna bertemu dengan jaro nalim dan keluarganya ,semoga msh bisa melihat dan bertemu pak budi jg amin

Putu Pirnadi said...

Suku Baduy mencerminkan karakter masyarakat tradisional Nusantara pada umumnya, yaitu memiliki kedekatan dengan alam. Kearifan lokal yang perlu dijaga.

Unknown said...

Orang baduy aslina jagoan hebat alam na masi asri

Unknown said...

Indonesia itu indah

Unknown said...

Baru kemarin ke cibeo.....ketemu kang anas dan jaro sami ☺ mau ke pu'un kesorean takut dijalan pulang malem 😀

Unknown said...

Baru kemarin ke cibeo.....ketemu kang anas dan jaro sami ☺ mau ke pu'un kesorean takut dijalan pulang malem 😀

obat pelangsing biolo asli said...

nyaman indah asri

jamkho said...

aman tentram

obat pelangsing wsc biolo said...

alami ramah

pelangsing terbaik said...

Suku baduy suku di negara kita yang masih tetap terjaga, semoga selalu ada dan lestari

ega said...

Mengunjungi Suku Baduy membuat kita bisa merasakan, bagaimana terjaganya kultur disana. Masyarakatnya juga ramah terhadap orang luar.

Unknown said...

kultur yang indah budaya yang beragam semakin jaya indonesia

Sheedy said...

Keren mas foto-fotonya tapi kok mau ya orang suku baduy di foto? Setau ane mereka gak mau kan di foto-foto CIMIW

Unknown said...

Mantap euy suku baduy, jadi pingin ke baduy..

Unknown said...

Pengen banget berkunjung ke desa tempat suku badui...hmmmm..gak kebayang panorama alamnya yg indah...pasti suasananya sejuk..nyaman dan damai...jauh dr kebisingan dan hiruk pikuk kota yg mbuat fikiran dan hati penat...senang bngt deh bila ada kesempatan ke pedalaman suku badui.karakternya sgt dekat dgn alam...semoga selalu terjaga kelestariannya....

AbdulMc said...

Saya pernah tuh ke baduy, dan didalam pedesaan baduy ini alam-alamnya masih sangat terjaga, dan terdapat sungai yang airnya bersih sekali

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...


Unknown said...

Wahyu Blahe said...

Keren bang, salam kenal. Foto HI nya sedap dipandang..

bola 12naga said...

Langsung saja mengdaftar di www.12naga. Info dan rasakan hadiah 1 Sepeda Motor Vario Untuk Semua Pemain mulai dari 01/28 2019 yang akan di berikan oleh situs 12naga
BBM - E3ACE63B
TWITTER - 12NAGAID
WHATSAPP - +62878-8333-3312

bandar judi terpercaya
judi online terpercaya
judi bola
casino online
agen bola online

konveksi terbaik surabaya said...

keren banget

konveksi surabaya said...

mantap sekali hasilnya

konveksi kaos surabaya said...

enjoy your life

konveksi sidoarjo said...

sedap sekali di pandang

cara menggugurkan hamil said...

now present in your city

Moazam said...

We all have to endure hundreds of life incidents, and we want someone to hear about those incidents from us. Sharing your thoughts and experiences with others increases your read more, and you start trusting each other more than before.

Casino Online said...

Good article and have a nice content, really enjoy it. thanks for sharing.

Agen Bola
Casino Online
Judi Slot Online

batako java mandiri said...

amazing article man.
batako batam
i like it

cara merawat ikan said...

keren sekali artikelnya

Pusat Konveksi Surabaya said...

Mantapp . . . (y)

Konveksi Surabaya
Konveksi Surabaya Murah
Konveksi Surabaya

Lunar Garment said...

Misi gan blog walking

LUNAR GARMENT

Menerima Pemesanan Pembuatan :

- Kaos
- Polo Shirt
- Kemeja
- Jaket
- Seragam Kerja
- Apron
- Baju Cheff
- Topi
- dll

Minimal pemesanan 24 pcs
Lama pengerjaan :
kaos dan polo = 15 hari kerja
kemeja dan jaket = 21 hari kerja


Office :
Jl. Karang Menur I No.2, Surabaya
0895-8008-60000
email : lunargarment@gmail.com
website : www.lunargarment.com/

klinik aborsi jakarta said...

klinik aborsi
biaya aborsi
tindakan aborsi
cara menggugurkan kandungan
klinik aborsi jakarta
klinik aborsi

curtain in Dubai said...

I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
Click Here
Click Here
Click Here
Click For More
Click Here

Muse Interior Design said...

I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
Click Here
Click Here
Click Here
Click For More

aboutinsc said...


How Will Insurance Cover a Tummy Tuck ?
landlord insurance
How Much Insurance For Motorcycle ?
How Does Life Insurance Work?
How Insurance Pays For Totaled Car ?

Go beauty hub said...


I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy To Understand
Abu Dhabi carpet
Carpets
Carpet Tiles

Guest said...

very informative and creative ideas love it.
Abu Dhabi Curtain
Office Curtain
Home Curtains

WINBOLA said...

Very Nice Blog and awesome article
Prediksi Bola
Berita Bola

Situs Slot said...

Prediksi Liga588 | Berita Sepakbola | Hasil Pertandingan | Prediksi Pertandingan
Prediksi Pertandingan
Hasil Pertandingan
Berita Sepakbola

Liga588 Situs Slot | Slot Online | Dewa Slot Online
Dewa Slot Online
Situs Slot
Slot Online
Daftar Disini
Liga588
Link Alternatif Liga588

Dubai Sofa Upholstery said...

I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
Click Here
Click Here
Click Here
Click For More

Muse Interior Design said...

I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
Click Here
Click Here
Click Here
Click For More
Click Here

awan said...

i read your article that was so amazing and you may know about electronic repair shops in dubai by Visiting our site

awan said...

i read your article that was so amazing and you may know about electronic repair shops in dubai by Visiting our site

Doublej said...

เว็บบาคาร่า sexyauto168 สมัครง่ายๆ เล่นออนไลน์ผ่านมือถือ. บาคาร่า เป็นเกมไพ่ที่ได้รับความนิยมมาอย่างยาวนาน หรือเรียกได้อีกอย่างคือ Baccarat

Doublej said...

ทำชีวิตให้ง่ายด้วยการใช้บริการเว็บคาสิโนออนไลน์ของเราดีกว่านะคะ เกมส์คาสิโนออนไลน์มาแรง สามารถดาวน์โหลดได้ฟรี เล่นบนมือถือ ติดตั้งง่ายๆ ที่ พุซซี่888

สล็อต said...

Come to measure the fortune easily Come play online slots with us. That give you many promotions and give away free credits from the first time you apply. Just have 100 baht, you can...
สล็อต
918kiss

olivia said...

Advantages of playing online slots games Pussy888
If looking at the newspapers, online slots games or online casino games, it is seen as a bad thing, because many people have serious debt issues with online casino games. Of course, we do not deny that playing This online slots game or online casino is one part that causes you to have financial problems.
But if looking deeper, the real reason may come from the greed and craving for more people than you get money from online slots and not enough is the real problem for them. Players of online slots games, online casinos Must know the advantages of playing online slots games.
• Playing online slots games Pussy888 that will increase your income. Playing online slots will help you to increase your income. Today is a way for those who want to have extra income but still do not know that. Doing anything can come in to study details, learn how to play online slots first, in case it is another good way for your game.

Come to play on our website. Easy to play. Easy to apply. Just download on the phone or play with the computer. Not complicated if you are a gambler that is ready to take a fortune to get a hundred thousand. You must play websites that meet standards. Finance is stable and there is an automated system that can answer your problems 24 hours a day, give away many promotions.
Click now Pussy888 Pussy888 918Kiss

pussy888 said...

Targeting playing pussy888
Pussy888 slot players should have a goal to play everywhere. Especially in the matter of money The role model of fiscal goals is How many baht will we play in the next round? If the first time occurs, then play, etc., including knowing enough If playing or losing Do not be stubborn to play the slot machine 888 until completely exhausted, over and over. Calling those who can't determine the playing plan. Will cause problem playing games
The highlight of playing 888 slots.
- pussy888 Give away free credits to members when registering the first page everywhere.
- Online slots on the website according to world standards. Play for 1 day. There are no restrictions for playing.
- pussy888 can play, save money, finish problems, game lag, game clutter, can play with all internet
- Play everywhere Every connection Whether playing through websites, playing through apps, playing on computers Or mobile phone, tablet, just have internet
- There are a lot more slots games than every website. And new games are added constantly
- Deposit - withdraw, minimum, no limit Can do as many rounds as possible per day Make an instant transaction in 1 minute.
- able to perform fiscal transactions via True Walllet The only website that made this time
Join us now at slot pussy888

้sa said...

JOKER GAME
สูตร SA
SA GAMING
SEXY GAMING
ไฮโล
รูเล็ต
UFABET
JOKERGAME
get what

้sa said...

SEXY GAME
JOKER GAME
SA GAMING
UFABET sabet sabet

้sa said...

JOKER GAME
JOKER GAMING
SABET-TH.com what

้sa said...

hi you.
SA GAME
SA BACCRAT
SA

SEXY BACCARAT
SEXY BACCARAT
BACCARAT
SEXY
Dragontiger
gogogo

้sa said...

Sexy Gaming

Sa game

Sa Gaming

Joker slot

joker-game

Sexy Gaming

There are a lot more slots games than every website. And new games are added constantly

ufabet 72

บาคาร่า UFABET

Rafail said...

Thanks For sharing Awesome Post. Click here for further information.

cara menggugurkan kandungan dan mempercepat haid said...

I thank you for the information and articles you provided
# sistim reproduksi wanita
# cara memperlancar menstruasi
# ciri ciri pubertas pada perempuan
# siklus menstruasi
# anatomi reproduksi wanita