Udon Thani destinasi yang anti mainstream di Thailand.

 
Kota Udon Thani merupakan salah satu dari 4 kota terbesar di utara Thailand yang terkenal dengan nama '4 Isar Terbesar'. Kota ini merupakan ibukota dari provinsi Udon Thani di Thailand dan terletak sekitar 560 km dari Bangkok. Destinasi ini bisa dibilang tempat yang masih anti mainstream di Thailand, karena masih sangat jarang turis asing yang datang ke provinsi ini. Saya melihat bule yang banyak di kota ini ternyata sebagian besar adalah veteran masa perang Vietnam yang sudah menikah dengan wanita Udon Thani dan sudah berkeluarga disini, karena dahulu pada saat perang Vietnam berlangsung Udon Thani merupakan base militer tentara amerika.

Kota ini berfungsi sebagai gerbang masuk menuju Laos, Vietnam bagian utara dan China bagian selatan dan sebagai rumah bagi 399,535 penduduknya. Banyak fakta unik dan menarik Udon Thani yang sangat bisa menjadi referensi kamu.
 
Red Lotus Sea di Udon Thani, Video by Barry Kusuma.

1. Tidak banyak tahu tempat wisata di Udon Thani, padahal tempat ini punya banyak destinasi wisata yang meliputi Taman Nong Prajak, Pasar Malam UD, Kuil Chao Pu-Ya, Kuil Tiongkok Sanjao Phuya, Taman Bersejarah Phu Prabhat, Taman Chaloem Phra Kiat, Udon Saeng Tawan dan masih banyak lagi.

2. Situs Penggalian Zaman Perunggu di Ban Chiang, situs arkeologi ini semakin populer sebagai salah satu situs penggalian tertua di dunia. Situs terkenal lain di Udon Thani selain di Ban Chiang adalah Wat Pa Baan That yang pada zaman dahulu merupakan rumah bagi Luangta Maha Bua yang merupakan seorang biarawan yang selalu bermeditasi di tengah hutan.

3. Udon Thani menawarkan beberapa pusat perbelanjaan paling lengkap di Thailand. Di antara yang paling terkenal meliputi Central Plaza Udon Thani , dua Mal Big C, Makro center dan tiga Tesco-Lotus. Mall disini salah satu yang terbesar di Thailand, setiap weekend banyak orang Laos yang datang kesini dari perbatasan untuk mengunjungi mall ini.
 

4. Pada tahun 1950an, sekitar 46.700 pengungsi perang Vietnam mengungsi ke Udon Thani. Hingga saat ini, masih ada beberapa keturunan pengungsi yang tinggal di kota ini dan kamu pastilah terpesona pada bagaimana mereka mempengaruhi budaya perkotaan yang ada melalui kuliner dan festival.

5. Bisa dibilang Udon Thani merupakan tempat anti mainstream di Thailand, selama saya mengunjungi kota ini sebagian besar penduduknya memang kurang bisa bahasa inggris. Sangat kontras dengan Bangkok atau tempat wisata wisata lainnya di Thailand, tetapi disini kita bisa belajar sedikit demi sedikit bahasa Thailand.

6. Thai food di Udon Thani sangat kental dan lebih bercitarasa dibandingkan kota kota besar yang banyak turisnya seperti Bangkok, jika kamu ingin mencicip kuliner yang benar benar asli Thailand datanglah ke Udon Thani, dijamin kamu ga akan mau mencicip kuliner di Jakarta lagi kalau sudah mencicip kuliner asli sini.
 

7. Udon Thani sangat dekat dengan Viantiene yaitu ibukota Negara Laos, kalau sudah sampai disini. Sangat disarankan untuk menyebrang ke Laos, sekali minum satu dua pulau terlampaui hehe.

Buat kamu yang sudah banyak mengexplore Thailand, pasti belum banyak yang datang ketempat ini. Dan Udon Thani adalah salah satu tempat yang saya rekomendasikan untuk datang karena belum banyak turis asing yang datang, dan tempat ini sangat enak kulinernya
 
Red Lotus Sea, Video by Barry Kusuma.
 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma 

The Best of Flores #BikinKerenIndonesia


Flores adalah destinasi favorite saya, karena Flores punya satu paket lengkap keindahan alam maupun kekayaan budayanya yang sangat kental dan masih terjaga sampai saat ini. Buat kamu pencinta laut, kawasan Taman Nasional Komodo inilah gudangnya pantai pantai cantik dan undwerwaternya juara. Kalau kamu suka budaya, saya sarankan untuk landtrip dari Labuan Bajo sampai Larantuka dijamin bakal banyak nemuin budaya masyarakat Manggarai yang masih terjaga sampai saat ini.


Terus terang dua bulan mengexplore keindahan alam dan budaya Flores tidaklah cukup, tetapi buat kamu yang punya cuti terbatas jangan khawatir. Saya merangkum destinasi destinasi di Flores yang cukup kamu kunjungi semua dalam waktu satu minggu. Apa saja destinasi destinasi pilihan tersebut, silahkan baca dibawah ya.

Menikmati Sunset di Pulau Kalong.

Pulau Kalong adalah salah pulau yang terletak di antara gugusan pulau-pulau kecil di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke Pulau Kalong Flores ini anda harus menempuh waktu perjalanan laut sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 8 km dari pelabuhan Labuan Bajo. Pulau yang satu ini merupakan pulau yang tidak berpenduduk. Pulau ini juga berbeda dari pulau-pulau di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo karena penampakan geografis Pulau Kalong ini adalah sebagian besar terdiri dari tanaman Bakau. Sebagai pulau kawasan hutan bakau, maka pulau yang satu ini berperan penting dalam menjaga ekosistem laut di sekitar kawasan Pulau Komodo.
 

Pulau Kalong ini merupakan rumah dari ribuan kelelawar, waktu yang tepat berkunjung ke Pulau Kalong ini pada saat matahari terbenam yaitu sekitar pukul 18.00 atau 18.15 WITA. para kelelawar yang tinggal di Pulau Kalong akan berterbangan menghiasi langit senja menuju daratan Pulau Flores, Dengan langit senja dan ribuan kelelawar bertebangan membuat pemandangan sunset di pulau ini sangatlah epic.

Jurasic Park Pulau Padar Flores.
 
Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang terletak di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau yang satu ini merupakan pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Padar ini memiliki kondisi geografis yang sangat indah yaitu terdiri dari bukit-bukit yang juga dikelilingi laut. Pemandangan dari bukit di Pulau Padar ini menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Tidak heran jika Pulau Padar juga termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.
 

Dari puncak bukit ini anda dapat menikmati pemandangan di sekitar Pulau Padar seperti panorama pantai yang terpisah menjadi tiga bagian. Dan tentu saja pemandangan tersebut merupakan objek foto yang sangat cantik terutama untuk diposting di instagram anda. Ya tempat ini dalam beberapa tahun terakhir sangat ngehits dikalangan instagramer, bahkan menurut saya pulau ini menjadi terkenal gara gara instagram. Walaupun pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, pengunjung tidak boleh menginap atau bikin tenda disini. Karena katanya ada beberapa Komodo yang pernah memangsa manusia ada disini, dan komodo ini dahulu konon dipindahkan oleh suku Komodo kesini. Jadi cukup berhati hati saja ketika disini ya.

Mengunjungi Hewan Purba Komodo.
 
Salah satu tujuan utama mengunjungi Flores adalah melihat Komodo di Taman Nasional Komodo. pulau yang satu ini merupakan habitat asli dari hewan reptil raksasa yang diperkirakan merupakan hewan purba, yaitu Komodo. Diperkirakan terdapat lebih dari 2000 ekor komodo yang hidup di pulau ini. Jika anda berkunjung ke pulau ini maka anda akan menemukan komodo yang berkeliaran di sekitar pulau. Selain itu, pulau ini juga merupakan satu-satunya pulau di dunia yang merupakan habitat dari Komodo satu satunya reptile terbesar dan tertua yang masih ada di dunia.
 

Selain menikmati alam dan melihat Komodo, ternyata di Pulau ini juga terdapat Suku Komodo yang tinggalnya tidak jauh dan masih berada di kawasan pulau ini. Suku Komodo ini sudah tinggal sejak dahulu, mereka hidup berdampingan dengan harmonis dengan Komodo. Mata pencaharian utama mereka sebenarnya adalah pembuat kerajinan kayu dan nelayan.

Todo Kampung Adat Masyarakat Manggarai.

Rumah adat Masyarakat Manggarai aslinya berbentuk kerucut, dan di Flores untuk melihat rumah asli ini cukup sulit. Karena tinggal sedikit saja masyarakat Flores yang masih mempertahankan rumah adat asli Manggarai ini, untuk bisa melihat rumah tradisional ini kita bisa melihatnya di dua tempat. Yaitu Desa Wae Rebo dan Kampung Todo, akses ke desa Wae Rebo cukup sulit karena terbatasnya akses dan infrastruktur jalan menuju desa ini yang terbilang susah. Tetapi buat kamu yang tidak punya banyak waktu bisa mengunjungi Desa Todo yang tidak jauh dari Labuan Bajo.
 

Pada masa lalu kampong Todo ini adalah pusat kerajaan yang menjadi penguasa wilayah Manggarai pada saat itu, terlihat masih ada peninggalan meriam meriam kuno yang ada di desa ini. Di kampong Todo ini terdapat bangunan rumah adat (Niang Todo) yang berbentuk kerucut, rumah adat ini masih menggunakan atap dari jerami dan beralaskan kayu. Bangunan ini sempat mengalami renovasi karena sudah rusak karena usia. Tetapi bentuk asli masih dipertahankan dan bangunan ini merupakan satu satunya peninggalan sejarah masyarakat Manggarai yang masih terjaga sampai saat ini.

Cancar ketika alam dan budaya menyatu.
 
Flores memang tidak berhenti membuat saya berdecak kagum, salah satu destinasi favorite saya adalah hamparan sawah Cancar. Yang membuat sawah Lingko Lodok atau sawah Cancar ini menjadi pusat perhatian bagi para wisatawan dikarenakan bentuknya. Jika dilihat dari atas bukit, maka sawah ini ternyata berbentuk seperti jaring laba-laba. Untuk pemandangan terbaik maka anda harus naik ke atas bukit Cara atau mendaki dari Kampung Meler. Bentuk sawah yang menyerupai jarring laba-laba ini rupanya dipengaruhi oleh tradisi masyarakat setempat, Lingko merupakan tanah adat yang dimiliki bersama dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan bersama. Selanjutnya tanah adat ini dibagikan kepada anggota masyarakat sesuai dengan kebutuhan adat.
 

Terdapat tradisi lainnya yang melatarbelakangi sawah ini yaitu pada saat masa bercocok tanam. Masa bercocok tanam ternyata harus dilakukan bersamaan salam satu kampung atau suku di seluruh bagian lahan. Tujuan dari hal ini adalah untuk menciptakan kebersamaan dan gotong royong antar warga. Di samping itu juga untuk meminimalisir hama tanaman sehingga semua lahan akan mendapatkan hasil panen yang baik.

Cunca Rami salah satu air terjun terindah di Flores.

Air terjun Cunca Rami meurpakan air terjun yang memiliki nama unik. Nama air terjun ini berasal dari Bahasa Flores yaitu kata Cunca yang berarti air terjun dan rami yang berarti hutan. Jadi air terjun cunca rami memiliki arti air terjun yang terdapat di hutan. Air terjun ini memang terletak di tengah hutan tropis yaitu Hutan Mbeliling yang berlokasi di Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
 

Pemandangan di air terjun Cunca Rami ini sangatlah indah. Di sekitar air terjun ini terdapat kolam air yang berukuran sekitar 5 sampai 7 meter dengan kedalaman 12 meter. Air yang mengalir dari air terjun yang kemudian tekumpul di kolam air tersebut sangat jernih sehingga dijamin rasanya ingin sekali menceburkan diri di air yang segar tersebut. tidak percaya dengan keindahan air terjun ini, silahkan dinikmati fotonya dan biarkan foto yang berbicara.

Ketika mengeksplore keindahan alam dan budaya Flores saya selalu share #LIVE posting keindahan foto di social media saya, 5 hari perjalanan Flores kali ini saya ditemani seorang teman pejalan namanya Tina. Dara manis yang berasal dari tanah batak, sumpah ketika pertama bertemu di bandara Labuan Bajo saya kira Tina asli Flores karena kulitnya sudah menghitam dan mirip dengan orang Flores. Kita berkeliling landtrip menyusuri keindahan alam Flores, kebetulan saya satu mobil dengan Tina. Wanita ini ternyata baru selesai kuliah dari Kupang, yang saya kaget Tina mengambil kuliah di Kupang dan rumah orang tuanya di Bekasi. Sungguh keputusan yang berani dan cukup ekstreem buat orang kota, ketika saya Tanya kenapa mengambil kuliah yang jauh. Jawabnya ternyata pingin kuliah yang dekat dengan Komodo, hmm setahu saya Kupang dan Labuan Bajo itu jauh ya hehe.
 

Keputusan Tina mengambil kuliah di Kupang ternyata kepingin traveling Indonesia timur, salut saya karena tidak banyak anak muda yang berani dan masih idealis seperti itu. Untuk memenuhi hasrat travelingnya, Tina saat ini bekerja sambil menjadi guide khususnya Flores. Pantes banyak tempat bagus yang dia tahu, saya berterima kasih sama dia karena banyak mendapatkan informasi dari Tina. Kembali ke perantauan, Tina ini adalah anak terakhir dikeluarganya. Saya Tanya engga khawatir apa orang tuanya dengan keberadaan tina, dia bilang keluarganya selalu menelpon setiap 2 sampai dengan 3 hari untuk menanyakan kabarnya. Untungnya memakai Telkomsel hampir setiap pelosok Flores signal selalu ada, dan saat ini Tina memanfaatkan social media seperti instagram untuk mengenalkan keindahan Flores. Dan banyak pelanggan tripnya menjadi ingin pergi kesana karena tina mengunggah hasil hasil foto di instagram. Dengan memanfaatkan social media dan koneksi internet yang kencang, saat ini Tina dan kawan kawannya punya penghasilan yang sangat lumayan karena menyalurkan hobi sambil cari duit. Siapa yang engga mau jalan jalan dan menghasilkan.
 

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Kofu city, the beautiful gem in the land of Mount Fuji.

Video Kofu & Yamanashi Beauty, Video by Barry Kusuma.

Jepang saat ini memang menjadi destinasi favorite orang Indonesia, dan sejujurnya juga salah satu destinasi favorite saya. Kenapa sih Jepang menjadi destinasi favorite saya, simple sih saya suka makan dan menikmati alam. Di Jepang kamu bisa menikmati alamnya yang sangat indah, apalagi menjelang autumn. Buat kamu yang suka kulineran bisa dibilang dari kaki lima sampai hotel bintang lima di Jepang semua restorannya enak enak. Udah gitu budaya yang masih sangat kental membuat Jepang menjadi destinasi yang punya paket lengkap, kurangnya cuma satu biaya hidup di Jepang mahal hehe. Tapi worthed lah kalau kamu traveling ke Jepang, dan hati hati bisa nagih.

Kalau saya lihat disosmed kebanyakan orang Indonesia yang traveling ke Jepang itu paling banyak ke Tokyo, terus kulineran abis itu balik. Tiket dan biaya hidup Jepang yang mahal bakal sayang banget kalo kamu engga mengexplore abis negara ini, oke gimana buat yang cutinya terbatas. Kamu bisa main ke kota Kofu yang tidak jauh dari Tokyo, cuma 1.5 sd 2 jam naik kereta sudah sampai. Sebagian besar orang ke Kofu biasanya hanya menikmati pemandangan Gunung Fuji saja, padahal di kota Kofu ada banyak destinasi wisata yang cukup kamu nikmati hanya dalam beberapa hari.

Apa saja destinasi wisata yang ada di Kota Kofu Jepang? Berikut destinasi destinasi pilihan saya.

Statue Lord Shingen Takeda.

Ketika tiba dari Tokyo di stasiun kota Kofu, pertama kali kita akan disambut dengan patung ini yang terletak disamping stasiun. Patung Lord Shingen Takeda Kofu terletak tepat di samping halte bis tujuan ngarai Shosenkyo. Anda bisa melihatnya jika anda menumpang kereta api atau bis. Shingen Takeda adalah seorang pemimpin perang yang sangat berkuasa selama masa feudal Jepang dan ia tinggal di kastil Kofu atau kastil Maizuru. Ia juga yang memerintahkan pembangunan dam di sungai Fuji.

Kisah Patung Lord Shingen Takeda Kofu dimulai ketika Takeda Shingen lahir dengan nama Takeda Katsuchiyo. Pada tahun 1551, namanya berganti menjadi Takeda Shingen yang terkenal. Shin adalah ejaan Cina kontemporer dari karakter nobu, yang berarti Percaya sedangkan gen berarti Hitam yang merupakan warna simbol kecerdasan dan kejujuran dalam ajaran Buddha.

Grape Juice dan Sadoya Winery Kofu.

Penghasil wine terbaik di Jepang ada di Yamanashi, di Kofu kamu bisa datang ke Sadoya Winery. Disini kamu bisa melihat pemprosesan dan pembuatan wine terbaik di Jepang. dimulai dengan berjalan-jalan di perkebunan anggur dan mencicipi anggur di pabrik anggur berdinding batu Sadoya, yang merupakan salah satu pengolahan anggur tertua di Jepang. tidak hanya wine, Yamanashi juga penghasil pure grape juice yang rasanya tidak kalah enak dari wine. salah satu produknya yang terkenal adalah Pure Juice buatan Provincia yang bisa dibeli di Kofu Yumekoji. Furuya San salah satu pembuat dan owner pure grape juice ini dalam membuat grape juice ini anggur yang sama dengan anggur yang dipakai untuk membuat wine. tanpa alkohol tentunya, dan sejujurnya ketika saya mencicipi pure grape juice buatan Furuya San ini sangat2 enak, baru kali ini saya mencicipi juice anggur yg paling enak 100% anggur tanpa gula dan dijamin halal karena gak ada alkohol hehe.

Sadoya didirikan pada tahun 1874 dan telah beroperasi melalui beberapa generasi. Anggur yang dihasilkan telah diakui secara luas terutama anggur andalan Muscut Bailey A Barrel Aged yang mendapat penghargaan Medali Perak oleh Decanter Magazine World Wine Award (Inggris) tahun 2016. Anda akan berjalan kaki di perkebunan anggur yang menakjubkan, melewati pabrik berdinding batu dan akhirnya dijamu dengan mencicipi anggur.

Shosenkyo Valley

Lembah Shosenkyo terletak di luar pusat kota Kofu dan merupakan bagian dari Taman Nasional Chichibu Tama Kai. Wilayahnya meliputi lebih dari 1250 kilometer persegi lembah, gunung berhutan-hutan dan pedesaan yang termasuk dalam daerah Saitama, Yamanashi, Tokyo dan Nagano. Jalanan menanjak sejauh 4 kilometer sepanjang Sungai Arakawa dari jembatan Nagatoro hingga air terjun Sengataki, menawarkan pemandangan indah sungai pegunungan dan lembah yang sempit.

Pada bagian bawah jalan menanjak sepanjang 3 kilometer dari halte bis Shosenkyo-guchi dekat jembatan Nagatoro hingga halte bis Greenline Shosenkyo telah dilapis konblok dan dapat dilalui kendaraan bermotor satu arah, kecuali akhir pekan dari bulan Mei hingga November ketika hanya diperbolehkan untuk dilalui pejalan kaki. Bagian atas jalur pendakian sekitar 1 kilometer dari halte bis Greenline Shosenkyo hingga puncak air terjun Sengataki menuju bagian paling menakjubkan ngarai dan termasuk pemandangan air terjun setinggi 30 meter.

Kofu Food Village.

Kofu Food Village sebenarnya adalah gang kecil yang terdapat di jalan pinggiran di Kota Kofu yang tetap mempertahankan sisa-sisa Jepang periode Showa (pada tahun 1926 – 1989). Banyak di antaranya dibangun kurang lebih pada masa Olimpiade Tokyo pada tahun 1964 dan jalan-jalan kecil dipenuhi oleh usaha makanan dan minuman tempo dulu. Pada malam hari, jalanan pinggiran kecil ini diterangi oleh penerangan lentera merah yang disebut chochin yang membangkitkan nostalgia masa lalu. Tempat ini tetap ramai karena penduduk setempat berkumpul bersama untuk bersosialisasi sambil menikmati sake hangat.

Banyak sekali aneka kuliner Jepang yang ada di Kofu Food Village ini, disinilah saya pertama kali mencoba wagyu steak yang benar2 dari Jepang. Sebelumnya saya pernah mencoba wagyu Steak di Jakarta maupun Australia, tetapi ketika menikmati wagyu steak di Kofu Food Village ini benar2 enak dan meresap dagingnya. Selain steak saya juga mencoba sashimi daging kuda, umumnya sashimi yang ada dari ikan. Tetapi disini saya mencoba sashimi daging kuda yang fresh, dan konon bisa menambah stamina pria hehe.

Takeda Shrine Kofu

Kuil Takeda Kofu Jepang terletak di Kofu, wilayah Yamanashi dan dibangun sesuai nama Rumah Tsutsujigasaki milik Takeda Shingen dan sekarang menjadi tempat persemayaman Takeda Shingen. Kuil ini dibangun pada tahun 1915 oleh penduduk yang mencintai Shingen-ko dan sekarang masyarakat masih mengunjungi kuil ini dan bersembahyang untuk mendapat kesuksesan.

Takeda Shingen juga dikenal dengan nama Takeda Harunomu dan adalah salat satu Daimyo, penguasa feudal paling terkenal selama masa Sengoku. Ia dilahirkan pada tahun 1521 dan wafat pada tahun 1573. Pada usia 21 tahun, ia mewarisi tanah Kai dari ayahnya, sekarang wilayah Yamanashi, dan ikut dalam pertempuran dan menjadi penguasa yang baik. Pasukannya dikenal sebagai yang terkuat selama masa Sengoku, dan ia dikenal sebagai jenderal terbaik di masa itu.

Takeda adalah keluarga samurai yang merupakan keturunan langsung dari kaisar Seiwa, juga dikenal sebagai Genji. Ia terkenal sebagai murid ajaran Buddha Zen dan seni berperang. Ia suka belajar Utaki, dan suka menulis puisi. Ia tetap seorang pahlawan di mata masyarakat Yamanashi dan merupakan salah satu Daimyo paling terkenal di dunia.

Museum Forest of Shadow Kofu.

Museum Forest Of Shadows Art Kofu didirikan pada tahun 1992 oleh seniman shadowgraph terkenal dunia, Fujishiro Seiji. Museum ini adalah museum shadowgraph pertama di dunia dan tercatat dalam buku rekor Guinness Book pada tahun 1994. Jika anda memasuki ruang pameran shadowgraph di lantai bawah, anda pastilah terkejut betapa gelap ruangannya. Namun kemudian akan muncul cahaya lembut dengan warna-warna indah dari kegelapan. Peri-peri kecil dan hewan-hewan muncul dalam bentuk siluet sambil menari dan bernyanyi riang dalam cahaya.

Lukisan lukisan yang menakjubkan dengan cahaya dan bayangan membuat pengunjung merasa betah berlama lama di dalam. Adanya pameran rutin yang menampilkan lebih dari 30 karya seni oleh Yamashita Kiyoshi, yang disebut sebagai Van Gogh asal Jepang dan 25 karya seni oleh seniman jenius dari masa Taisho Takehisa Yumeji. Walaupun Yamashita Kiyoshi terkenal karena karya mosaic kertasnya, lukisan menggunakan pulpen yang dia buat juga tampak luar biasa di Museum Forest Of Shadows Art Kofu. Anda pastilah terkejut dengan tekniknya mengekspresikan bentuk dan bayangan objek hanya dengan titik dan garis halus. Karya seni oleh Takehisa Yumeji, potret wanita langsing bermata besar, tetap menarik perhatian manusia modern dengan suasana yang sentimental dan halus. Ditambah lagi, ada pameran khusus berbagai karya seni yang dijadwalkan sepanjang tahun disini. Tempat yang wajib kamu datangi kalau ke Kofu Jepang.
Video Kofu & Yamanashi Beauty, Video by Barry Kusuma.
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Kamera Travel Terbaik 2017.

Artikel oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).

Kalau ngomongin kamera buat traveling memang tidak pernah habis, apalagi model2 terbaru yang keluar semakin canggih dan semakin kecil. kali ini saya akan sharing dan review kamera Lumix LX10 dan FZ2500 yang baru saja dilaunching dan tersedia di Indonesia di januari 2017.

Disini saya akan sharing pengalaman kamera yang menurut saya oke banget dibawa traveling, bagi saya traveling itu harus simple. jadi 60% pada saat traveling itu harus dinikmati, 40% sisanya dapet foto bagus itu bonus. jadi buat saya kamera yang nyaman dibawa traveling adalah 1. bentuknya yang kecil dan ringan, tanpa mengurangi kualitas foto dan video. 2. bijak dalam membawa lensa pada saat traveling, karena semakin banyak bawaan lensa semakin ribet pas diperjalanan.

silahkan dibaca review 2 kamera yang biasa saya bawa pada saat traveling, semoga bermanfaat.


Kamera Lumix LX10


1. Ukuran kamera ini tidak lebih besar dari bungkus rokok, kecil dan sangat nyaman digenggam.
2. 20 megapixel CMOS sensor dan Kamera ini dibekali lensa 24-72mm F1.4- 2.8 Leica Lens ( cocok untuk motret human, still life, food, arsitektur dan landscape.)
3. Fitur 5 axis stabilizer didalam body, cocok untuk handheld video dan meminimalisasi shake.
4. 100 FPS FullHD dan 4K Photos (ambil video sekaligus foto).
5. Salah satu kamera terbaik untuk Vlogging, karena tilt LCD dan ringan.
6. ini yang penting, bisa dicharge pake powerbank.

Hasil Video Lumix LX10 ada dilink dibawah ini

7. Sebagian besar video diatas diambil menggunakan LX10, hanya 1 frame menggunakan drone sebagai pemanis video8. Kualitas foto dan video LX10 sangat2 bagus, terbukti saya kirim ke Gettyimages dan mereka menerima hasil foto dan videonya.
9. Saat ini Kamera Lumix LX10 memang belum ada di Indonesia, tetapi yang saya dengar dari @lumixindonesia akan tersedia di Indonesia pada bulan Januari 2017.

Kesimpulan saya memakai kamera Lumix LX10 ini, menurut saya ini adalah salah satu kamera terbaik di tahun 2017 (karena sekarang 2016 belum keluar hehe). dengan kualitas video dan foto yang bagus, ukuran kamera compact dan bisa digenggam tangan. sangat cocok buat orang yang males kaya saya hehe. buat yang penasaran sama bentuk kamera ini, silahkan googling atau liat insta story saya.

Kamera Lumix FZ2500


Selama 2 hari di Makassar saya sempat mencoba Kamera terbaru dari Panasonic Lumix semua video dibawah saya ambil menggunakan #LumixFZ2500 , Kalau kemarin2 Biasanya saya upload Video Showreel tentang keindahan Indonesia. kali ini saya review Video dari Kamera #LumixFZ2500 yang baru saja launching, saya review karena specs dan fiturnya ajib banget buat traveling. Apa aja keunggulan #LumixFZ2500 ini:
Hasil Video Lumix FZ2500 silahkan klik link dibawah ini

1. FZ2500 Punya lensa bawaan 24-480mm F2.8 Leica Elmarit, rentang focal length terbaik buat traveling. Motret landscape / arsitektur oke, tele dan candid semua tercover
2.Full HD Video 120fps, yup semua video diatas sebagian besar menggunakan 120fps. Memang slow mo membuat segala scene menjadi dramatis.
3.4K Photos di #LumixFZ2500 , kamera2 seri Panasonic Lumix memang sudah lama punya fitur 4K photos. Fitur ini menggabungkan video 4k sekaligus foto, kamu bisa memilih foto terbaik 1 detik 60 foto sekaligus, cocok buat motret action dan sport.
4.5 axis stabilizer di body #LumixFZ2500 yess fitur ini yang saya tunggu2, karena semua video diatas saya ambil dengan mengaktifkan 5 axis dan semua handheld tanpa tripod.
5.Sudah ada fitur ND Filter di lensa, sehingga slowspeed gak perlu repot memasang filter ND.6.Dengan lensa rentang 24 – 480mm F2.8 cocok memotret human interest, candid, landscape, arsitektur, produk dan portrait.
7.Harganya yang saya dengar dari Panasonic akan dibandrol dengan harga Rp 15jt. Yess harga segitu udah dengan seabrek fitur diatas.

Selama ini banyak temen2 disini menanyakan tentang rekomendasi kamera untuk traveling, dan kamera ini salah satu yang saya rekomendasikan untuk traveling. Apalagi buat yang gak demen ribet2 bawa banyak kamera dan lensa, semoga reviewnya membantu ya.
Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma



Fakta Unik Cappadocia Turkey, Salah Satu Tempat Terindah di Dunia.



Cappadocia Turkey adalah destinasi impian saya untuk hunting motret, melihat foto foto dari Cappadocia seperti di alam mimpi. Dan ketika saya sampai kesini, ternyata keindahan Cappadocia Turkey bukan isapan jempol. Siapapun yang datang kesini memotret pakai kamera apapun pasti akan bagus hasilnya termasuk memakai smartphone, karena memang tempat ini keterlaluan indahnya.

Banyak fakta unik dan menarik tentang Cappadocia Turkey, sebelum kamu datang kesini mungkin bisa dibaca terlebih dahulu fakta unik Cappadocia ini.

1. Dataran unik Cappadocia terbentuk oleh erosi bebatuan vulkanik. Letusan gunung api purba menutupi wilayah ini dengan abu tebal, yang kemudian mengeras menjadi batuan lembut yang disebut tuff. Setelah beberapa lama, angin dan air mengikis batuan tuff ini dan mengubahnya menjadi pilar berbentuk jamur yang disebut fairy chimneys.


2. Sifat batuan tuff di Cappadocia yang lembut memungkinkan penduduk yang pertama tinggal di sini untuk memahat gua sebagai tempat tinggal, gereja, dan tempat persembunyian baik di atas dan di bawah tanah yang menjadikan tempat ini sebagai kompleks pahatan batu terbesar di dunia.

3. Cappadocia meliputi area sekitar 5.000 kilometer persegi dan terbentang antara tiga provinsi di Anatolia Tengah yaitu Keyseri, Nevşehir, and Niğde, tepat di jantung negara Turki.

4. Pada zaman dahulu, wilayah Cappadocia terkenal akan kudanya. Diyakini bahwa nama Cappadocia berasal dari kata Persian kuno Katpaktukya yang berarti Wilayah Dengan Kuda Yang Indah.


5. Dahulu jaman Romawi Kuno konon kuda kuda indah berasal dari Cappadocia ini, namun sekarang jarang sekali saya melihat ada kuda disini.

6. Yang unik di Cappadocia kita bisa menemukan kota bawah tanah, ya kota ini adalah tempat pengungsian jaman dahulu jika terjadi perang. Salah satunya adalah pemukiman bawah tanah Özkonak berbeda dengan kota bawah tanah lain di daerah ini oleh karena adanya fitur pertahanannya. 

7. Lahan yang tandus dan pasir membuat susah untuk bertani di Cappadocia, uniknya para petani disini menggunakan kotoran merpati untuk memupuk lahan pertanian karena dataran Cappadocia yang panas dan kering. Setiap pria yang mampu secara jasmani diharapkan untuk menggali sendiri lubang sebagai rumah burung merpati di atas susunan batu agar terhindar dari pemangsa dan pencuri.


8. Buat kamu yang ingin mengunjungi Cappadocia Turkey, bisa naik Turkish Airlines maskapai nasional negara Turkey. Jadwal pesawat setiap hari mereka ada yang kesini, bahkan jika musim libur tiba bisa 3x penerbangan setiap hari dari Istanbul menuju Cappadocia.

9. Umat Kristiani yang melarikan diri dari serangan bangsa Arab memberi nama kota Goreme yang artinya Anda Tidak Bisa Melihat Di Sini. Kehidupan biara di Cappadocia yang dijalankan oleh Santo Basil Yang Agung atau Basil dari Caesarea yang mendorong para biarawan Kristen untuk berkumpul dan berdoa bersama di dalam biara.


10. Gereja Tokali Kilise juga dikenal dengan nama Gereja Buckle dianggap sebagai tempat perlindungan utama kehidupan biara di Byzantine Cappadocia. Gambar mural di gereja Tokali Kilise menunjukkan lukisan yang masih dalam kondisi bagus yang masih ada sejak zaman pertengahan awal.

11. Jangan heran kalau disini kamu bisa menemukan banyak kucing cantik, padahal mereka kucing liar lho. Ya Turkey dan terutama di Cappadocia masyarakatnya sangat dikenal sebagai penyayang binatang kucing, disini kucingnnya gemuk dan berbulu tebal kebanyakan.


Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma