Semarang, Menjelajahi Keindahan Budaya dan Sejarah.


Sebagai kota terbesar sekaligus ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang adalah kota yang ramah bagi wisatawan. Kota yang terletak di pesisir utara ini menawarkan sejumlah destinasi wisata menarik dan mengagumkan. Bagi saya Semarang merupakan kota kedua selain Jakarta, karena Kota Semarang merupakan tempat lahir ayah saya dan beberapa tahun yang lalu kita selalu mudik ke Kota Semarang ini. Yang namanya mudik berwisata di Kota Semarang berasa kurang, karena banyak toko yang tutup, obyek wisata juga penuh wisatawan dan saya selalu mengunjungi saudara-saudara untuk berlebaran.


Saya niatkan mengunjungi Kota Semarang tidak waktu musim mudik, tetapi khusus hanya untuk mengunjungi Kota Semarang dan beberapa destinasi wisatanya. Untuk menuju Semarang dari Jakarta tidak susah, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kereta api dan pesawat. Kebetulan saya mengunjungi Semarang menggunakan New Terios dari Jakarta. Tujuan ke sini membawa mobil agar banyak destinasi wisata bisa saya kunjungi. Dari Jakarta menuju Semarang memakan waktu perjalanan darat 8 sampai 12 jam kalau jalan santai. Paling enak memang melewati Jalur Pantura, karena jalannya sudah lebar. Ditambah lagi, banyak tempat jajanan yang bisa kita singgahi kalau sedang lapar.
Kota Lama

Bila Jakarta memiliki kawasan Kota Tua yang mengandung nilai sejarah yang penting, demikian juga dengan Semarang. Di ibu kota Provinsi Jateng ini terdapat sebuah kawasan serupa yang dikenal dengan Kota Lama. Berada di kawasan utara kota, kawasan ini memiliki nilai historis yang tinggi terkait eksistensi Belanda di Indonesia. Di sini, wisatawan masih dapat menjumpai sejumlah bangunan bergaya klasik yang sedap dipandang mata serta suasananya yang tenang. Lawang Sewu di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dibangun pada 1904, dahulu gedung megah bergaya art deco ini merupakan kantor Nederlandsch Indische Spoorweg (NIS) alias kantor jawatan kereta api atau trem pemerintah Belanda. Bagi yang pertama kali mengunjungi Kota Semarang, inilah beberapa obyek wisata yang wajib kamu kunjungi.


Salah satu bangunan cagar budaya yang masih berdiri di kawasan Kota Lama Semarang adalah Gereja Immanuel atau yang populer dengan sebutan Gereja Blenduk. Dibangun pada 1753, gereja ini memiliki arsitektur neo klasik yang khas dan dipulas dengan warna putih. Pilar-pilar serta menara yang berdiri di bagian depan gereja, atapnya yang berdesain setengah bola dan berwarna merah bata, berikut taman asri di sekitarnya, menambah keanggunan gereja yang berada di bilangan Jalan Suprapto ini.


Hingga kini, Gereja Blenduk masih setia melayani umat Kristiani di kota Semarang dan sekitarnya yang ingin menjalankan ibadah. Selain Gereja Blenduk, terdapat pula sebuah bangunan cagar budaya lain yang wajib masuk dalam daftar wisata. Terletak di pusat Kota Semarang, tepatnya di bilangan Jalan Pandanaran dan Pemuda.

                                                                       Sam Poo Kong

Di sebelah barat daya Kota Semarang, tepatnya di kawasan Simongan, terdapat sebuah bangunan penting yang bermakna sejarah dan budaya yang amat tinggi. Bangunan unik tersebut didirikan sebagai penghormatan sekaligus untuk mengenang seorang laksamana besar kerajaan Tiongkok, yang sempat singgah di Semarang dalam ekspedisi damainya di Nusantara pada abad ke-15, yakni Sam Po Tay Djien alias Zeng He alias Cheng Ho. Bernama Sam Po Kong, kompleks bangunan ini juga populer dengan nama Gedung Batu karena terletak di atas bukit dan adanya sebuah goa. Di kompleks ini juga terdapat sejumlah bangunan bergaya khas Tiongkok yang didominasi warna merah dan hijau. Di salah satu bagian bangunan ini tampat relief unik, yang menggambarkan kisah perjalanan Sang Laksamana, kala mengarungi samudra luas, dan persinggahannya di Semarang.


Suasana Sam Poo Kong sangat kental dengan nuansa Tionghoa. Namun demikian pengunjung tempat ini sangat beragam, baik suku maupun kepercayaan mereka. Kelenteng Sam Poo Kong dapat dicapai dari Bandara Ahmad Yani, dengan taksi, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Sedangkan bila dengan angkutan umum, wisatawan bisa menggunakan bus jurusan Mangkang-Terminal Terboyo. Sebagai kota terbesar di Jawa Tengah, Semarang terhubung dengan sejumlah kota besar di Jawa dan Indonesia, baik dengan moda transportasi udara, darat, maupun laut. Untuk transportasi udara, hampir semua maskapai penerbangan nasional melayani penerbangan langsung ke Bandara Ahmad Yani, Semarang dari Jakarta mulai Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan maskapai penerbangan lainnya.

Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan Landmark Kota Semarang dan juga ikon kota ini, bagi pencinta Fotografi Lawang Sewu ini wajib banget difoto. karena angle yang bisa kita ambil disini bisa siang atau malam bagi pencinta fotografi nightscape.


Dibangun pada 1904, dahulu gedung megah bergaya art deco ini merupakan kantor Nederlandsch Indische Spoorweg (NIS) alias kantor jawatan kereta api atau trem pemerintah Belanda. Tapi, namanya kemudian lebih dikenal dengan Lawang Sewu, mengingat banyaknya jumlah pintu serta jendela pada bangunan berlantai tiga ini. Sempat kosong untuk beberapa waktu lamanya, Lawang Sewu kemudian direstorasi dan dibuka lagi untuk kunjungan wisatawan pada 2011. Dengan wajahnya yang baru, gedung ini pun kini makin mempercantik Kota Semarang sekaligus menjadi ikon wisata.


Mesjid Agung

Mesjid Agung ini merupakan landmark baru Kota Semarang, mesjid yang sangat megah dan besar ini merupakan tempat terbaik untuk mengambil foto. karena bisa naik ke tower yang ada didepan mesjid.


Masjid Agung Jawa Tengah Semarang ini dibangun pada hari Jumat, 6 September 2002 yang ditandai dengan pemasangan tiang pancang perdana di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah Semarang ini terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah di Tower Asmaul Husna Lantai 2 dan 3, Hotel Graha Agung di sisi Utara dan resto yang memiliki view terbaik di Kota Semarang ini di Tower Asmaul Husna Lantai 18.


Saya ke Semarang kebetulan bareng dengan teman teman dari Forum Traveler Kaskus, dengan roadtrip membawa New Terios keliling pulau Jawa sekaligus memberikan workshop di Kota Semarang dan Jogja. perjalanan yang kita tempuh cukup cepat karena traveling dengan teman teman dekat.


Text dan Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Kota Cirebon tujuan wisata orang Jakarta setelah Bandung.

Setelah dibukanya Tol Cipali Jakarta - Cirebon saat ini jarak tempuh yang biasa sampai 3 jam sekarang bisa dilalui hanya 1 jam saja, otomatis dengan dibukanya Tol Cipali ini dan Tol yang terpanjang di Indonesia membuat Cirebon lebih cepat diakses melalui Jakarta. kita teringat dahulu ketika ingin ke Bandung minimal 4 sd 5 jam lebih berkendara dari Jakarta, setelah Tol dibuka akses ke kota Bandung hanya kurang dari 2 jam saja kalau lancar, sekarang sih normalnya kalo macet bisa lebih dari 3 jam hehe. nah dengan adanya Tol Cipali ini Cirebon menjadi destinasi orang Jakarta setelah Bandung untuk pergi berwisata.


Kota Cirebon sesungguhnya bukan kota persinggahan semata. Di kota yang dijuluki “Kota Udang” ini tersimpan keunikan serta keindahaan yang tersebar di sejumlah sudut kota. Kota ini pun makin menarik karena menggambarkan percampuran dua budaya, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah. Cirebon dikenal sebagai kota yang punya banyak keraton, selain beragam kuliner tentunya.


Selama ini Cirebon lebih dikenal sebagai kota persinggahan semata bagi mereka yang hendak melintas dari timur ke barat Jawa atau sebaliknya, terlebih pada masa liburan Hari Raya Idul Fitri atau masa liburan sekolah. Kota yang terletak di pesisir pantai utara Jawa ini pun menjadi salah satu kota tersibuk di tanah air, dalam melayani warga yang ingin mudik sekaligus berlibur dari Jakarta maupun kota lainnya.

Cirebon dikenal sebagai destinasi wisata religi dan tempat bersejarah. ada beberapa keraton yang bagus untuk dikunjungi. Inilah keraton-keraton yang ada di Cirebon.

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan merupakan keraton tertua dan pertama di Cirebon. Keraton ini didirikan pada 1529 oleh Sunan Gunung Jati yang termasuk dalam Sembilan Walisongo, wali penyebar agama Islam di tanah Jawa.


Keraton Kasepuhan memiliki arsitektur yang unik. Meski sebagai kesultanan Islam, beberapa elemen bangunan di keraton ini dipengaruhi Hindu, misalnya pada bentuk gapura dan bangunan lainnya. Pengaruh Tiongkok juga tampak di keraton ini. Hal itu tampak pada ornamen di dinding keraton, yang menggunakan keramik dan beragam motif yang khas.


Salah satu koleksi penting di Keraton Kasepuhan adalah Kereta Singa Barong yang dahulu menjadi kendaraan kebanggaan kesultanan. Kini kereta tersebut memang tak lagi digunakan, tapi masih dianggap sakral. Kereta Singa Barong dimunculkan ke hadapan khalayak luas untuk disucikan, sekali setiap tahunnya, yakni pada 1 Syawal dalam kalender Islam.

                                                                  Keraton Kanoman

Keraton ini didirikan pada 1510 tahun Saka atau tahun 1588 oleh Sultan Kanoman I (Sultan Badridin alias Pangeran Kertawijaya), turunan ke-7 dari Sunan Gunung Jati (Syarief Hidayatullah). Letak keraton ini hanya beberapa puluh meter saja dari Keraton Kasepuhan. Keraton seluas 6 hektare ini terbagi menjadi 4 bagian, yaitu bagian depan keraton, halaman pertama, halaman kedua, dan halaman ketiga.


Di setiap bagian terdapat bangunan-bangunan yang memiliki fungsi tersendiri. Tercatat, ada 27 bangunan yang terdapat di kompleks keraton yang berlokasi di Kampung Kanoman ini.

                                                               Keraton Kacirebonan
 

Sedikit berbeda dengan keraton sebelumnya, Keraton Kacirebonan memiliki luas lebih kecil, hanya sekitar 46 ribu meter persegi saja. Arsitekturnya pun tergolong lebih modern, layaknya bangunan Eropa tempo dulu. Keraton ini didirikan pada 1808 oleh Pangeran Anom. Di Keraton Kacirebonan terdapat sejumlah bangunan yakni, rumah induk, paseban (bangunan semi terbuka), dan langgar. Di keraton ini juga masih menyimpan benda-benda bersejarah, seperti keris, wayang kulit, perlengkapan perang, gamelan, hingga topeng Cirebon. Hingga kini, keraton ini masih dihuni oleh keturunan Sultan.

Jaraknya juga tidak jauh-jauh kok, dan esok harinya kita bisa berkuliner ria di sekitar kota Cirebon dan Minggu sorenya bisa kembali pulang ke Jakarta. Selamat berakhir pekan di Kota Cirebon, atau liburan mudik sudah hampir tiba nih. Jika anda menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, kali ini Cirebon tidak hanya dilewati saja tapi juga harus disinggahi.

Desa Mandala, Perbatasan Cirebon dan Kuningan.

Desa ini terletak di Kabupaten Cirebon dan berada diantara perbatasan Cirebon dan Kuningan, yang menarik dari Desa ini adalah kanan kirinya adalah hamparan sawah yang sangat luas. kita bisa mengexplore keindahan sawah ini dari tepi kiri kanan jalan kecil yang ada dipinggir sawah, desa Mandala yang terletak di perbatasan Kuningan ini tidak banyak orang yang tahu. jaraknya hanya satu jam dari kota Cirebon, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi kalau ke Cirebon.


Kebetulan saat ini saya sedang road trip dari Jakarta menuju Cirebon. Saya pikir mumpung belum bulan puasa dan musim mudik. Jadinya destinasi yang selalu saya lewati saja ini saya niatkan untuk kunjungi. Perjalanan menuju Cirebon bisa dilakukan dengan menggunakan mobil maupun kereta dari Jakarta. Kebetulan saya menggunakan New Terios dan perjalanan dari Jakarta menuju Cirebon memakan waktu 4-5 jam perjalanan darat kalau santai. Sedangkan alternatif lain bisa menggunakan kereta api dari Gambir dan ketika sampai di Cirebon kita harus mencari penyewaan motor dan mobil.


Pelabuhan Cirebon.

Pelabuhan Kota Cirebon terletak tidak jauh dari Kota Cirebon, yang menarik pelabuhan ini adalah spot untuk menyaksikan Sunset. disini juga banyak terdapat kapal pinisi dan kapal tongkang modern. kalau sore pelabuhan ini cukup ramai dikunjungi, dan tempat untuk menikmati senja yang kadang kita jarang jumpai di pulau Jawa.


nah mumpung momennya pas masih mudik nih, yang biasanya Kota Cirebon hanya kita lewati aja. sekaranglah waktunya untuk mengexplore keindahan Kota Cirebon. apalagi sekarang sudah ada Tol Cipali yang menghubungkan langsung ke Kota Cirebon dengan jarak tempuh yang tidak beda jauh jamnya kalau kita ke Bandung.

Jika kita membawa mobil dari Jakarta, mengunjungi Cirebon sebenarnya cukup dikunjungi waktunya pada saat weekend. karena saya membawa kendaraan New Terios berangkat dari Jakarta hari Sabtu pagi dan sampai di Cirebon siang bisa sekaligus mengunjungi keraton-keraton tersebut yang berada di Kota Cirebon. Jaraknya juga tidak jauh-jauh kok, dan esok harinya kita bisa berkuliner ria di sekitar kota Cirebon dan Minggu sorenya bisa kembali pulang ke Jakarta. Selamat berakhir pekan di Kota Cirebon, atau liburan mudik sudah hampir tiba nih. Jika anda menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, kali ini Cirebon tidak hanya dilewati saja tapi juga harus disinggahi.
Video Perjalanan Roadtrip ke Cirebon, mengexplore destinasi yang berada di Kota Cirebon.

Text dan Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Tailana Aceh Singkil, Pulau Tropis Terindah di Indonesia.


Video Keindahan Kepulauan Banyak Aceh Singkil, Footage Video by Barry Kusuma.

Kepulauan Banyak di Aceh Singkil merupakan Kepulauan yang masih belum banyak orang tahu, Kepulauan Banyak ini tersebar 70 pulau. sebagian besar pulau yang tak berpenghuni dan sebagian adalah resort resort sederhana yang langsung menghadap ke pantai. ketika datang kesini memang saya tidak banyak mengexplore yang jumlahnya lebih dari 60 pulau tersebut, saya mengexplore ke beberapa pulau yang katanya dibilang bagus.
Saya mengunjungi Pulau Tailana, pulau ini sangat asyik untuk snorkling. ada beberapa gubuk ato resort sederhana disini yang dipunyai orang lokal, dan disekitar pulau kita bisa trekking dan menikmati hamparan pasir putih yang mempesona. ketika kesini saya membawa drone untuk kebutuhan foto udara, tampak jelas terlihat bukan disekitar pulau sangat banyak karangnya. hanya sayangnya karena dulu sempat tidak terurus karang disini sebagian banyak yang rusak karena ulah nelayan dan masyarakat setempat yang kurang menjaganya.


Kepulauan Banyak di Aceh Singkil merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Pulau Sumatera yang sangat indah dan belum banyak orang tahu. kepulauan yang tersebar dimana mana ini membuat Kepualauan Banyak punya banyak pantai yang panjang dan indah. Pasir putihnya lebih lembut, sering memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya. Lambaian daun-daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. apalagi kalau kesini dengan teman dekat dan sahabat, wah seru banget. karena lamanya perjalanan menuju kesini cukup membuat pegal dan bosan dijalan.
Untuk melakukan perjalanan ke Kepulauan Banyak dapat melalui Jakarta dengan menggunakan penerbangan ke Medan karena akses tercepat ke Kepulauan Banyak melalui Medan. Berikutnya dari medan menggunakan jalan darat dari Medan ke Aceh Singkil. lamanya perjalanan dari Medan ke Aceh Singkil bisa memakan waktu 8 sd 10 jam. sesampai pelabuhan Aceh Singkil yang letaknya tidak jauh dari pusat kota kabupaten disini ada beberapa alternatif pilihan penyebrangan dari Aceh Singkil ke Pulau Banyak.


Transportasi laut dari Aceh singkil – Kepulauan Banyak ada beberapa alternatif angkutan yaitu: yang pertama, ferry selama 4 jam dan jadwal keberangkatan 1 minggu sekali. Kedua, menggunakan kapal angkutan rakyat yang biasa untuk mengangkut sembako dari pelabuhan jembatan tinggi tarif 50 ribu dan lama perjalanan sekira 4 jam. Jadwal keberangkatan tiap hari jam 07.00 pagi menuju Pulau Balai. dan yang terakhir adalah menyewa kapal speedboat atau kapal kayu, besarnya penyewaan tergantung dari harinya dan besarnya kapal.

banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Kepulauan Banyak, diantaranya adalah :

1. bersantai santai di Pantai, ketika melakukan perjalanan jauh dari Medan ke Aceh Singkil lumayan melelahkan. setiba di Pulau kita bisa bersantai sambil menyantap cemilan dan minuman dingin sambil menikmati keindahan alam dan pulau.

2. Snorkling disekitar pulau memang menyenangkan, saran saya pilihlah kapal yang kecil agar bisa menepi ke pulau pulau yang kecil. karena banyak keindahan pantai yang masih bagus di pulau pulau yang kecil.

3. Surfing, bagi yang bisa surfing disinilah tempatnya. karena kepulauan Banyak punya 2 titik titik ombak dengan ketinggian mencapai 6 m tersebar di seluruh Kepulauan Banyak. Salah satunya adalah Pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Tempat yang paling sering di kunjungi peselancar adalah Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru
Saat yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Banyak adalah sekitar Januari hingga Mei dimana cuaca sedang tenang dan cuaca cerah. walaupun Kepulauan Banyak merupakan tempat eksotik tetapi sayang belum lengkapnya sarana dan prasarana apalagi transportasi antarpulau menyebabkan transportasi laut menjadi mahal. walaupun destinasi yang menjadi mahal ada sisi positifnya, yaitu bisa menjaga kepulauan ini dari sampah dan touris yang kurang bertanggung jawab membuang sampah sembarangan. Kepulauan Aceh Singkil, merupakan destinasi yang wajib didatangi di Indonesia Barat.


Transportasi Laut di Kepulauan Banyak di Aceh Singkil saat ini memang masih terkendala dengan kurangnya infrastrukturnya, sehingga biaya yang kita keluarkan paling banyak adalah menyewa kapal. tidak hanya kepulauan Banyak saja sih, tetapi banyak daerah di pelosok nusantara yang prasarana nya masih kurang sehingga biaya besar dikeluarkan untuk sewa kapal. oleh karena itu saya ketika Traveling mengunjungi pelosok nusantara lebih suka trip bareng teman banyak atau ikut trip yang diadakan operator trip yang terpercaya, dengan tujuan cost sharing dan biaya yang saya keluarkan jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan sendirian saya kesana. pada saat ke Kepulauan Banyak kebetulan saya ikut Trip bareng mas Dwi dari TukangJalan.com dan kesini bareng teman teman dekat juga, sehingga lamanya perjalanan tidak terasa. buat yang ingin ke Kepulauan Banyak dan menanyakan akomodoasi dllnya silahkan ya hubungi mas Dwi www.tukangjalan.com (tuk4ng.jalan@gmail.com) no hpnya 081315890191 / 087888002004 atau whatsappnya 08180689303 / 085810697553 kalau pas engga ada trip gabungan bisa juga tanya2 soal akomodasi dan sewa kapal berapa selama di Kepulauan Banyak. selamat mengexplore kawan dan jangan lupa abadikan indahnya Indonesia.
 
Video Keindahan Kepulauan Banyak Aceh Singkil, Video Footage by Barry Kusuma.

 Text dan Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com  (www.alambudaya.com) (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com  (www.barrykusuma.com) (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Tips & Trik Mendapatkan Foto Terbaik Saat Liburan.

 
Seringkali kita merasa kesal dengan hasil jepretan foto saat liburan, ibaratnya kita ingin pergi liburan ke suatu tempat karena sebuah foto yang bagus. Dan ketika pergi kesana hasil foto yang kita buat tidak memuaskan dan bahkan tidak bagus. Lalu, dimana letak kesalahannya?

hasil jepretan foto yang kurang bagus memang ada beberapa faktor kesalahan. Hal ini, bisa membuat traveler menjadi ilfil saat berlibur. Ada beberapa kesalahan Travelers atau turis yang kadang karena hal sepele, apa saja sih perbedaan professional fotografer memotret dengan kita sebagai orang awam. Nih saya kasih komparasi perbandingan bagaimana professional fotografer memotret agar hasilnya maksimal, dan buat fotografer nubie supaya bisa memotret sama bagusnya dengan fotografer professional.
 
1. Waktu, Komposisi dan momen.
 
 
ketika sampai disuatu tempat banyak orang merasa hasil fotonya jelek, padahal view maupun tempat yang dipilih sudah bagus. Sebenarnya, kesalahan yang kerap terjadi adalah soal waktu, komposisi, momen serta pemakaian kamera," ada banyak sekali faktor yang membuat hasil foto itu bagus, memang bagus bagi setiap orang berbeda. Tetapi saya bisa bilang bagus dari 10 orang yang melihat 8 atau 9 orang yang melihat akan bilang foto itu sedap dipandang. Saya akan coba jelaskan satu persatu soal waktu, komposisi, momen serta pemakaian kamera secara baik dan benar.

2. Waktu.

Faktor pertama adalah soal waktu. Yang saya maksudkan disini soal waktu yang menentukan seorang fotografer bisa mendapatkan hasil foto yang bagus adalah lamanya fotografer tersebut disuatu tempat. mendapatkan hasil foto yang terbaik adalah persoalan lamanya waktu, Bila memiliki waktu sedikit maka Anda jangan berharap mendapatkan foto yang bagus.
 
 
Kadang kita suka heran dengan Fotografer National Geographic atau bidang jurnalistik Word Press mereka bisa menghasilkan foto “Mahakarya” yang sangat menyentuh dan kita bisa memandang lama foto tersebut karena saking bagusnya. Kunci dalam membuat foto bagus adalah waktu, lamanya kita disuatu tempat mempengaruhi hasil yang kita buat. Perbedaan Travel Fotografer dengan Photographer seperti Natgeo adalah mereka bisa ditempat tersebut berbulan bulan lamannya. Semakin lama anda berada disuatu tempat, akan semakin banyak yang kita bisa dapat. Anda lihat foto-foto yang mendunia, dimana photographer membutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan satu objek yang diinginkan. Lebih lama Anda memiliki spend waktu, maka hasil foto pun akan semakin bagus pula.
 
3. Komposisi foto.

Disini, jika tak memperhatikan ketepatan komposisi foto maka hasil foto bisa membuat Anda kurang puas. Bagaimana sih melatih agar komposisi didalam foto kita bisa bagus, jawabnya memang harus sering berlatih, banyak melihat foto yang bagus, dan “practice makes perfect” ketika sering berlatih dan hunting, feel sense kita juga akan terlatih, bisa memberikan sentuhan karakter kita kedalam komposisi didalam foto tersebut.
 
 
Di kamera itu terdapat gambar berbentuk kotak, perhatikan bagian atas, bawah, kanan dan kiri dengan bagian atau ukuran yang sama ketika sedang foto obyek yang diinginkan. Perhatikan pula soal warna yang didapat pada kamera yang digunakan," intinya adalah banyaklah berlatih karena didalam fotografi itu guru terbaik adalah “Practice makes perfect”
 
4. Momen

Lalu, ada pula persoalan momen. Faktor ini sangat penting untuk mendapatkan hasil foto terbaik. "Hasil foto yang bagus adalah pada saat musim kemarau atau saat high season. Tapi, kebanyakan pada umumnya traveller lebih mencari musim yang murah dan itu ada di low season. Hasil yang didapatkan tidak maksimal.Seringsekali saya dikomplen sama teman ataupun travellers lainnya, mereka merasa tertipu ketika melihat foto saya bagus dan ketika mereka kesana ternyata tidak sesuai dengan harapan alias ternyata pas difoto engga bagus bagus amat hehe.
 

Sebenarnya ini ada sedikit salah pemahaman tentang bagaimana seorang travellers dan fotografer dating ke suatu tempat berbeda. Maksudnya begini, seorang fotografer itu biasanya datang ke suatu destinasi pada saat cuaca cerah, atau musim kemarau. Nah musim cerah dan kemarau itu biasanya datang ketika high season, pada saat semua tiket dll jadi mahal. Tetapi saat inilah saat yang terbaik untuk memotret karena cuaca cerah, sedangkan banyak travellers yang saya temui mereka traveling itu biasanya pada saat musim promo. Bener gak? Dan biasanya saat tiket promo itu berada di low season, cuaca kurang mendukung dll. Nah perbedaan inilah yang membuat perbedaan besar hasil memotret. Jadi, kalau mau memotret bagus datanglah pada saat musim kemarau dan kering, dimana langit biru dan cuaca juga mendukung. Dijamin memotret pakai kamera smartphone pun juga hasilnya bakal bagus.
 
5. Bacalah buku manual kamera yang anda punya.

Dan yang terakhir adalah soal pemakaian kamera. Faktor ini sangat menentukan hasil foto yang baik saat Anda melakukan travelling. Sekarang saya tanya, seberapa banyak sih buat anda yang membeli kamera terus membaca detail buku manualnya? Hayo jujur berapa banyak? Hehe
 
 
Anda jangan berharap mendapatkan foto yang baik ketika memakai kamera dengan tidak memahami fungsinya dengan baik dan benar, kelemahan sebagian besar orang Indonesia tuh menurut saya kurang membaca. Banyak bertanya tanpa membaca terlebih dahulu, nah ini kalau tidak memahami kamera yang kita punya. bagaimana kita bisa memotret maksimal kalau tidak membaca manual book. Banyak2lah membaca dan berlatih, dijamin engga lama bakal bisa motret foto liburan yang bagus dan gak kalah sama yang professional fotografer. Selamat liburan dan berkarya.
 
Text dan Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com  (www.alambudaya.com) (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com  (www.barrykusuma.com) (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma 

Blogger Writing Competition Mahakarya Indonesia 2015.

-->
MAHAKARYA INDONESIA – JIWA INDONESIA
Blogger Writing Competition

Bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang tertanam sejak lama dan terangkum menjadi jiwa Indonesia sebagai pedoman dalam melangkah mantap. Dji Sam Soe Kretek kembali mempersembahkan Mahakarya Indonesia dengan tema Jiwa Indonesia.
Daftarkan karya tulis Anda melalui e-mail: mahakaryaindonesia@imogenpr.com


HADIAH 2 MINGGUAN : 1 BEST BLOGGER
(Periode 29 April – 3 Juli 2015)
Berupa gadget menarik
Pemenang akan diumumkan setiap hari Jumat
* Submit terakhir setiap hari Kamis pukul 14.00 di minggu kedua.

HADIAH UTAMA : 2 BEST BLOGGER
(Periode 29 April – 3 Juli 2015)
Berupa Mahakarya Indonesia Cultural Trip ke Destinasi Ekslusif Indonesia

Mekanisme:

-   “Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia” menceritakan tentang nilai-nilai luhur yang membentuk Mahakarya Indonesia, diantaranya: Gotong Royong, Kegigihan, Kerendahan Hati, dan Kesabaran.
-       Menyebutkan Mahakarya Indonesia dalam karya tulis sebagai kata kunci.
-       Peserta kompetisi harus mendaftarkan karya tulisnya dengan mengisi formulir registrasi dan menyertakan link karya tulis di dalam blog-nya ke email: mahakaryaindonesia@imogenpr.com. Subject: “Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia”
-    Formulir registrasi lomba bisa diminta ke email mahakaryaindonesia@imogenpr.com 
-       Periode Writing Competition dimulai 29 April 2015 hingga 3 Juli 2015.
-       Setiap peserta diperbolehkan untuk mendaftarkan lebih dari satu karya tulis.
-      Pengumuman Writing Competition akan diumumkan pada 10 Juli 2015 melalui email resmi mahakaryaindonesia@imogenpr.com.
-      Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai Writing Competition dapat menghubungi Uthie (0818 0513 1835/ uthie@imogenpr.com) atau Theo (0813 1397 9706/ theo@imogenpr.com



MAHAKARYA INDONESIA – JIWA INDONESIA
Journalist Writing Competition

Bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang tertanam sejak lama dan terangkum menjadi jiwa Indonesia sebagai pedoman dalam melangkah mantap. Dji Sam Soe Kretek kembali mempersembahkan Mahakarya Indonesia dengan tema Jiwa Indonesia.
Daftarkan karya tulis Anda melalui e-mail: mahakaryaindonesia@imogenpr.com


HADIAH
Para pemenang Jurnalis terbaik akan mendapatkan hadiah berupa:
Juara 1: Voucher Belanja Rp. 8.000.000,- + Cultural Trip ke Destinasi Eksklusif Indonesia
Juara 2: Voucher Belanja Rp. 6.000.000,- + Cultural Trip ke Destinasi Eksklusif Indonesia
Juara 3: Voucher Belanja Rp. 4.000.000,- + Cultural Trip ke Destinasi Eksklusif Indonesia

Mekanisme:

-   “Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia” menceritakan tentang nilai-nilai luhur yang membentuk Mahakarya Indonesia, diantaranya: Gotong Royong, Kegigihan, Kerendahan Hati, dan Kesabaran.
-       Menyebutkan Mahakarya Indonesia dalam karya tulis sebagai kata kunci.
-     Peserta kompetisi harus mendaftarkan artikelnya dengan mengisi formulir registrasi dan menyertakan hasil scan artikel ke email: mahakaryaindonesia@imogenpr.com. Subject: “Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia”
-    Formulir registrasi lomba bisa diminta ke email mahakaryaindonesia@imogenpr.com 
-       Bukti artikel juga dapat dikirimkan ke alamat Imogen PR, Jl. Kemang Timur Raya No. 56 Jakarta Selatan.
-       Artikel yang diikutsertakan harus sudah pernah dipublikasikan di media masing-masing  pada periode 29 April 2015 hingga 30 Juni 2015.
-       Setiap peserta diperbolehkan untuk mendaftarkan lebih dari satu artikel.
-       Pengumuman Writing Competition akan diumumkan pada 10 Juli 2015 melalui email resmi mahakaryaindonesia@imogenpr.com.
-      Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai Writing Competition dapat menghubungi Uthie (0818 0513 1835/ uthie@imogenpr.com) atau Theo (0813 1397 9706/ theo@imogenpr.com )