Candi Boko


“Keindahan Yang Tersembunyi”
foto dan teks By Barry Kusuma
Jika anda sedang bertamasya ke Candi Prambanan, tidak ada salahnya anda mampir ke candi Boko. Candi Boko berada dikawasan wisata budaya, yang berjarak 3 km dari arah selatan kompleks candi prambanan. Situs candi boko ini masuk dalam kecamatan prambanan, kabupaten sleman Yogyakarta. Anda dapat kesana dengan sarana angkutan apa saja, jika anda mengendarai kendaraan bermotor dari arah pusat kota Yogyakarta akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit. Situs candi boko ini sangat indah, karena situs ini terletak diatas bukit. Dan kita dapat menikmati panorama alamnya yang cantik, situs ratu boko terletak diatas bukit pada ketinggian 195.97 meter, dengan luas sekitar 250.000 meter persegi, dipuncak bukit ini anda dapat melihat pemandangan yang indah. Karena kita dapat melihat dengan jelas Gunung Merapi yang selalu mengeluarkan asap yang terletak membelakangi Candi Prambanan dan Candi Sewu, tidak hanya itu diarah selatan anda dapat melihat panorama keindahan perbukitan dengan penuh dengan warna bangunan candi.
Yang tidak kalah menariknya adalah suasana Sore menjelang malam, atau yang biasa kita sebut dengan sunset. Matahari tenggelam di Candi boko ini sangatlah menarik, karena kita dapat melihat jelas saat matahari tenggelam. Pemugaran Candi boko pernah dilakukan sejak tahun 1938 sejak jaman penjajahan belanda, usaha itu kemudian dilanjutkan Pemerintah Indonesia sejak tahun 1952. dan sampai saat ini situs candi boko merupakan salah satu objek wisata yang menakjubkan, karena dikelola secara profesional oleh pemerintah daerah setempat. Selain anda dapat menikmati keindahan alamnya yang indah dan unik, disana juga dibangun banyak fasilitas seperti pusat informasi, ruang pamer, gardu pandang untuk menikmati keindahan alam dan candi prambanan, kamar mandi, fasilitas perkantoran. Selain itu dibangun juga fasilitas – fasilitas yang lain seperti tempat parkir, camping area, taman dan yang sangat penting adalah jalan utama untuk langsung ke Candi boko ini. Sehingga anda dapat dengan nyaman menikmati keindahan dan wisata candi boko ini.

Artikel & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

2 comments:

didik said...

photo yang pertama KEREN tuch..
jadi pengen pergi kesana,
jadi malu aq, dah seGEDE ini belum juga kesana...

dini said...

Halo mas Barry..
Saya mo ke Jogja lagi tgl 3-6 Juli nanti. Saya mampirin deh ke Candi Boko. Mohon saran jam berapa dan jalannya sebaiknya lewat mana. Apa benar katanya bisa langsung sampai ke atas gak perlu naik tangga yang banyak itu??