Brastagi Wisata Puncak Sumatera Utara

Photo and Text by Barry Kusuma

Jakarta mempunyai wisata puncak begitupun bandung dengan lembangnya, Medan mempunyai wisata puncak juga yang tidak kalah menarik dan indah. Yaitu didaerah Brastagi, perjalanan dari kota medan menuju brastagi memakan waktu 1.5 sd 2 jam perjalanan memakai kendaraan pribadi. Dengan angkutan umum bisa ditempuh dalam waktu 3 jam, karena jarak perjalanan kota medan menuju brastagi kurang lebih berjarak 80km. disepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan yang sangat indah disamping kiri dan kanan jalan kita bisa melihat pemandangan kebun teh dan tembakau, dan aktifitas keseharian masyarakat sumatera utara.

Sebelum memasuki brastagi kita akan melewati kaban jahe, disini banyak sekali areal perkebunan kebun teh dan tembakau, banyak pasar tradisional disekitar kaban jahe ini. Aktifitas pedagang dan pembeli dipasar layak untuk difoto, dan masyarakatnya pun sangat ramah dengan kedatangan turis dan wisatawan yang melihat. Setelah itu kami pun melanjutkan perjalanan ke brastagi, disini terasa udara semakin sejuk dan dingin. Ingin rasanya mampir dikedai kopi untuk menikmati kopi dan pemandangan disekitar pegunungan ini.

Brastagi merupakan daerah yang sangat indah, daerah yang terletak di Sumatera Utara yang mempunyai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. Udara disini sangat bersih dan sejuk, ini

karena dikelilingi oleh pegunungan dan hutan – hutan yang sangat indah. Tidak terasa perjalanan selama 1.5jam menjadi sangat menyenangkan. Dari atas perbukitan kita dapat menikmati pemandangan yang hijau dan dapat melihat gunung berapi sinabung dan sibayak. Gunung berapi sibayak masih aktif sampai sekarang dan mempunyai ketinggian 2000 meter, letak gunung sibayak ini tidak jauh dari brastagi.

Tidak hanya itu, brastagi sangat terkenal akan sayur dan buah – buahnya, buah yang sangat terkenal disini adalah markisa. Markisa brastagi sangat terkenal sampai keseluruh Indonesia, dan banyak dibuat saripati sirup. Memang dibrastagi kalau kita tidak menikmati buah brastagi memang kurang lengkap rasanya, apalagi cuaca dingin dan sejuk sangat mendukung kita untuk memakan lebih banyak makanan.

Setelah itu kami melanjutkan ke tempat wisata Tongging, disana terdapat Air Terjun yang besar yaitu air terjun Sipiso Piso. Nama Piso mempunyai arti Pisau, memang air terjun ini tajam dan dalam dikelilingi oleh jurang yang sangat dalam di tana sumatera utara, jarak lokasi menuju air terjun ini kalau dari Kabanjahe berjarak 24 km. dan letaknya disekitar tepi

Danau Toba bagian utara. Disekiling air terjun ini mempunyai pemandangan dan jurang yang sangat indah, tinggi air terjun sipiso piso kira kira 130 meter. Saya sangat tertarik untuk menuju air terjun ini, karena jarak dari atas kebawah air terjun ini lumayan jauh jika berjalan kaki. Akhirnya saya memutuskan untuk berjalan menyusuri jalan setapak menuju Air Terjun Sipiso piso, untuk berjalan yang menikung dan curam ini harus sangat berhati hati. Banyak jalan setapak yang sudah rusak dan tidak jarang kita harus merangkak dan bergelayutan disisi jalan, sangat disarankan memakai sepatu dan air minum secukupnya. Untungnya disetiap perjalanan banyak rumah rumahan yang memang dibuat untuk istirahat para pejalan kakinya, jadi kalau tidak kuat atau tiba tiba hujan selama perjalanan kita bisa cukup istirahat.

Sesampai didasar Air Terjun Sipiso Piso, hilang rasa lelah kami karena pemandangan sungai dan air terjun dilihat secara langsung sangatlah indah. Hawa yang terpancar sangat sejuk karena serpihan bulir air dari air terjun membasahi muka kami yang membuat kami berlama lama tinggal dibawah, setelah mengambil beberapa foto kami akhirnya melanjutkan perjalanan kami ke atas. Pada saat jalan balik baru terasa capeknya, karena tidak terasa jalan menuju ke air terjun adalah kebawah. Dan saat ini kita harus mendaki sampai keatas.

Sesampai diatas dengan bersusah payah, kami berada di tempat Wisata Tongging, tongging terletak ditepi Danau Toba dibagian utara dekat air terjun sipiso piso. Ternyata dari sini pemandangan Danau toba sangatlah indah, danau toba diapit oleh 2 pegunungan dari tebing menyusuri kebawah. Kami melepas lelah disini, setelah dengan bersusah payah mendaki dari bawah air terjun sipiso piso. Rasa capek seperti lenyap seketika ketika kita menikmati keindahan Danau Toba, Brastagi meninggalkan kesan mendalam untuk saya. Suatu saat pasti saya akan kembali lagi.


Photo & Text by Barry Kusuma

Add FB : http://www.facebook.com/barrykusuma

Add Twitter : @barrykusuma


58 comments:

muchlis said...

bagus sih bagus tapi infrastrukturnya banyak yang error bos!!!!!!!!!!!!!!

nasrudin ansori said...

potensi yg hrs dikembangkan.termasuk infrastruktur nya.

Andarias said...

wahh...
bagus banget Om, saya bangga sebagai "Putra Daerahnya" ..

budi san said...

wuihhh..kuerennn...luarbiasa..euy
semoga suatu waktu saya bisa berkunjung kesana.amin

asep said...

Aduk keren banget pemandangan danaunya. Suatu saat aku pengen kesana berenang dan mancing ikan, foto2 dll.

moratmarit said...

Wuahh..keren banget..jadi pingin kesitu.
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Hakimtea said...

Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

Agus Amar Mizwar said...

Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Je said...

nice nice,..kesana aaaaaah :)

Anonymous said...

Asikk bgt tmpt x gua pst k sna..jg bwt yuu

Anonymous said...

Bg pst dtg k tmpt indah nee...spcial to you.
By: poetra

Dasril Iteza said...

photonya keren boss..... nth kapan bisa maen2 k brastagi....

salam kenal dr Belitong!

Boy Winner said...

Medan mempunyai wisata puncak juga yang tidak kalah menarik dan indah.Aku mau banget pergi ke Brastagi itu..kapan ya?? aduh jadi terobsesi nih..

Anonymous said...

blognya keren bos,... gambarnya juga menarik..sip!

Wisata Bromo said...

Wah pemandangan nya menakjubkan ingin rasanya pergi kesana,,,api masih kumpul duit dulu he,..he..
sala sukses deh ya..
http://bromoexoticadventure.blogspot.com

korep said...
This comment has been removed by the author.
korep said...

selalu tertarik sama foto2nya,..

korep said...
This comment has been removed by the author.
abdul karim said...

memang bagus potensi wisata disumut..ya.

wakidry said...

ternyata pemandangan di Wisata Puncak Sumatera Utara luar biasa indahnya :D

beli paket internet online said...

Panorama alam puncak sumatera utara memang keren dan indah.. pngn kesana..

Bunga Kpr said...

bagus sekali mas :D

perkembangan janin said...

potensi yg hrs dikembangkan.termasuk infrastruktur nya.

pernikahan di bali said...

Indah sekali,,,keren banget ya,,,Wisata Puncak Sumatera Utara memang luar biasa

Juning tyas said...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tempat-tempat wisata,ingin tahu lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai itu yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

Kamera Video Terlengkap said...

pemandangan Danau Toba bagian utara emang luar biasa indahnya..tak hanya masih alami otomatis udaranya bersih dan sejuk ..hehe

xperia z3 said...

hasil jepretan mas barry emang keren-keren..
tak hanya pemandangan danau tobanya..bahkan di bagian utara danau toba juga membentang bukit yang indah dan luas.. :D

Bunga Murah said...

wih kewn gan :D

Bunga murah

Katalog Ibu said...

wih bagus gan :D

Katalog Ibu

Pinjaman Modal said...

biaya kesana berapa gan ??

Spesifikasi dan harga samsung galaxy v terbaru said...

mahal ya gan , untuk kesana ??

kurs e-rate bca said...

wah mantap gan :D , kapan kapan kesana ah :D

tanda awal kehamilan muda said...

wah bagus bener gan pemandangan nya :o

bali luxury villas said...

Ya Tuhan bagus banget pemandangannya,,,insyaAllah kalau addaa uang aku mau berkunjung kesana

Tips Memilih Susu bayi said...

bagus sih bagus tapi infrastrukturnya banyak yang error bos!!!!!!!!!!!!!!

Gadget Anda said...

Keren banget tempat wisatanya gan,,,,mudah-mudahan bisa berkunjung kesana..
AYANA G+, RIMBA G+, Aplikasi hp Android, birthday cake

dani said...

bagus banget pemandangannya..
jadi pngn rekreasi atau refreshing ke sana..pasti seru :D

supri said...

pasti asyik tuh rekreasi sama temen2 disana :D

Pamela Safitri said...

keren sob, top banget fotonya

Laptop AMD | honda grace hybrid | Rainbow cake | harga laptop

deric santoso said...

wah keren ya gan :D

http://www.duniaberbicara.com/resep-2/cara-membuat-resep-pancake-spesial.html
http://breaktime.co.id/
ongisnade.net

Rumah Gadget said...

Kreatif banged ni photonya. Pemandangan disana memang tak bisa dipungkiri bro.. buat orang terpelongo saja..

Game Android Ringan | Persiapan Ramadhan

Wisata Bandung said...

Tempat Wisata yang keren sekali, pingin deh kesitu, apalagi sama pacar. melihat keindahan alam yang luar biasa.
Salam Sukses...

http://www.telekomers.com said...

aplikasi root android aplikasi edit foto di android

mesin reverse osmosis said...

mesin pngolah air payau menjadi air tawar KLIK DISINI mesin reverse osmosis surabaya

foto 2nya mas barry keren semua . salam sukses buat mas barry Kusuma :)

blogaptek said...

Kira Kira buat kesana harus nyediain budget berapa ya ??
saya dari jawa barat nihh ngebet pengen kesana heheh


Game Horror

Infoteronline said...

Jadi kepengen nih, mungkin bisa dicatet buat tujuan wisata saat liburan nih. makasih informasinya

Cara Cepat Hamil Katalogibu.com said...

wah kereen yaaa

Diet Mayo Gorrygourmet.com said...

jadi pinginnn nihhh

Toko Karpet Murah Jakarta Decorindoperkasa.com said...

iyaaa pingin nihh

Pabrik Vinyl Lantai Indonesia Rgvinyl.com said...

wah kereeen kali ya

tanda tanda kehamilan Palsu katalogibu.com said...

iyap keren nih jadi pingin liburan kesana :D

Aravind said...

wah kereeen kali yaar

Android Tips dan Trik said...

wow.. pemandangannya keren banget....

Artis Tamvan said...

Ini kalau di monopoli harganya mahal nih. :D

www.refilltonerjakarta.com said...

Your blog is indeed very inspirational

pinjaman said...

sungguh indahnya berastagi yu kita peilahara lagi keindahan dan juga keelokan wilayah beras tagi dan kita harus lebih meng eksplorenya agara lebih terkenal lagi keindahan dan keelokan beras tagi.

TotorQQ said...

provinsi dimana saya di lahirkan.. teri,a kasih kak sudah mau buat artikel tentang tanah kelahiran saya..
infototor

agen cream wajah liyoskin said...

indahnya