Fakta Unik & Menarik Istanbul, Kota Dua Benua Bersejarah di Eropa.


Turkey merupakan destinasi list wisata saya, memang Turkey sudah terkenal akan keindahan dan warisan budaya yang masih terjaga sampai sekarang. Salah satu kota favorite saya di Turkey adalah Istanbul, kota metropolitan yang luas dengan warisan budaya dan arsitektur yang luar biasa. Disini kita bisa menjumpai pencampuran sejarah Timur dan Barat yang telah berlangsung selama 2.000 tahun dalam sebuah kota yang kuno namun juga modern. Kota terbesar di Turki ini tidak hanya merupakan salah satu yang paling populer tetapi juga kota yang sangat terkenal diseluruh dunia.
 

1. Istanbul adalah satu-satunya kota antarbenua yang terletak di dua benua yaitu Eropa dan Asia. Orang Turkey pun juga perpaduan ras antara Eropa dan Asia, sehingga perpaduan ras inilah yang membuat orang Turkey mempunyai karakter muka yang unik.

2. Ketika saya belum mengunjungi Turkey, banyak saya mendengar kabar kalau wanita dan pria di Turkey cakep2 dan ganteng2. Ketika saya datang ke Istanbul, ternyata kabar itu benar adanya. Disepanjang mata memandang kita bisa jumpai banyak sekali wanita cantik dan prianya tampan, karena perpaduan ras Eropa dan Asia inilah yang membuat banyak wanita cantik di Turkey.
 

3. Dengan jumlah penduduk sebesar 13,9 juta jiwa, Istanbul adalah salah satu kota terbesar di Eropa dan kota terbesar di Turkey.

4. Istanbul memilliki jumlah masjid terbanyak di Turki. Terdapat 3.113 masjid, termasuk masjid bersejarah Sultanahmet dan masjid Süleymaniye.

5. Dalam ribuan tahun sejarahnya, Istanbul telah menjadi ibukota tiga kekaisaran besar yaitu Romawi, Byzantine dan Ottoman. Namun, ibukota Turki saat ini adalah Ankara.
 

6. Istanbul adalah tujuan wisata yang sangat terkenal di dunia. Menurut penelitian oleh MasterCard Worldwide, Istanbul melampaui New York dan Amsterdam dalam hal jumlah pengunjung pada tahun 2011. 9,5 juta orang berkunjung pada tahun 2012 dan Direktorat Budaya Dan Wisata Istanbul mencatat 10.474.867 pengunjung pada tahun 2013.

7. Hagia Sophia dibangun sebagai katedral Kristen Ortodoks pada tahun 537 M kemudian dijadikan masjid pada masa pemerintahan Ottoman setelah tahun 1453. Bangunan ini lalu dijadikan museum setelah berdirinya Turki modern pada tahun 1935, Sebelum selesai pembangunan Katedral Seville pada tahun 1520, Hagia Sophia adalah gereja terbesar di dunia selama sekitar 900 tahun. Bangunan ini menarik pengunjung lebih dari 3 juta wisatawan setiap tahunnya.
 


8. Istanbul mempunyai Subway tertua ketiga di dunia dengan panjang 573 meter berada di Istanbul. Subway ini dibangun pada tahun 1875 setelah pembangunan subway di London pada tahun 1863 dan di New York pada tahun 1868.

9. Grand Bazaar adalah pasar tertua di dunia dan telah beroperasi sejak tahun 1461 dan merupakan salah satu pasar tertutup tertua dan terbesar di dunia dengan 60 jalan dan 5.000 toko. Bangunan ini menarik pengunjung antara 250.000 dan 400.000 setiap hari.

10. Istanbul terkenal karena hidangan laut yang bersejarah, Wilayah Kumkapı disepanjang Laut Marmara saja memiliki sekitar 50 rumah makan dengan hidangan ikan, dan banyak rumah makan di kota yang berderet di pesisir Selat Bosphorus.
 

11. Istanbul adalah tujuan wisata terbaik dunia pada tahun 2014 menurut Travellers' Choice Destinations awards yang dipilih oleh jutaan wisatawan yang menuju Paris, Roma, New York, dan London. Ketika saya datang kesini, yess Istanbul merupakan destinasi favorite saya karena disini semuanya indah.

12. Ada 237 hamam di Istanbul namun hanya 60 diantaranya yang masih digunakan. Walaupun tidak digunakan, hamam terbesar dan tertua di Istanbul Tahtakale Hamami, yang sudah ada sejak akhir abad ke-15. Buat yang belum tahu apa itu hamam, adalah tempat pemandian umum yang biasanya dipakai masyarakat Turkey untuk mandi.

13. Buat kamu pencinta novel pasti tahu novel terkenal berjudul Murder on the Orient Express karya Agatha Christie ini ternyata ditulis di hotel Pera Palas Istanbul.

14. Istanbul punya Kereta api Orient Express telah menghubungkan Paris dan Constantinople (Istanbul) sejak tahun 1883 hingga 1977.
 

15. Tidak banyak yang tahu kalau ternyata Istanbul adalah salah satu kota tersibuk di Eropa dalam hal transportasi udara, bandara Ataturk di Istanbul ini adalah tempat transit terbesar dan tersibuk di Eropa. Kalau perumpamaannya di Asia adalah Singapore tempat banyak airlines transit keseluruh penjuru dunia.

16. Turkish Airlines maskapai nasional negara Turkey ini ternyata mendapatkan predikat “Best Airlines in Europe” 5 tahun berturut turut sampai tahun 2016 sekarang.

17. Selain Airlines terbaik di Eropa, ternyata di Bandara Ataturk Istanbul terdapat CIP VIP Lounge, yang merupakan salah satu lounge terbaik di dunia. Ketika saya masuk kesini Lounge ini sangat mewah dan luas, kalau diumpamakan sama lounge termewah di Indonesia CIP VIP Lounge Turkish Airlines ini mungkin 10x lebih luas daripada lounge2 VIP yang ada di Indonesia. Tidak heran Lounge ini mendapat penghargaan “World Best Business Class Airlines Lounge” dan “ World Best Business Class Lounge Dining”.
 

18. Turkey adalah negara maju baik dahulu maupun sekarang, salah satu contoh kecilnya Istanbul memiliki 1400 toilet umum di penjuru kota selama masa kekaisaran Ottoman ketika di Negara-negara Eropa lainnya belum ada satupun.

19. Turkey punya jejak sejarah yang dilestarikan dengan baik memungkinkan pengunjung untuk kembali ke masa lalu dan menghidupkan kembali Istanbul sebagai pusat dan cerminan 2 kekaisaran dunia dan 2 agama dunia selama lebih dari 16 abad.

20. Golden Horn atau tanduk emas adalah sebuah muara yang memisahkan sisi Eropa Istanbul dalam wilayah-wilayah yang berbeda merupakan Fakta Menarik Tentang Istanbul lainnya.
 

21. Saat terbaik mengunjungi Istanbul sebaiknya dikunjungi pada akhir musim semi atau autum diawal musim gugur ketika cuaca terasa nyaman ketika berjalan kaki berkeliling. Lebih sedikit keramaian artinya lebih sedikit waktu untuk menunggu.

22. Istanbul dikelilingi oleh laut dan selat Bosphorus tepat membelah ditengahnya. Tepian benua Eropa di Bosphorus dipenuhi dengan istana dan taman sedangkan tepian Asia diisi dengan daerah pemukiman yang indah.

23. Istanbul memiliki berbagai nama di masa lalu yaitu Byzantium, Stamboul, Constantinople, dan Tsarigrad. Pengunjung Istanbul terbanyak berasal dari Jerman, Rusia, Perancis, Britania Raya, Belanda, Italia dan Iran.

24. Mahmutpasha Bazaar telah lama menjadi pasar utama yang menjual rempah-rempah di Istanbul sejak tahun 1660.
 

25. Fakta Menarik Tentang Istanbul yang terakhir adalah Istanbul pernah menjadi ibukota kebudayaan Eropa pada tahun 2010 namun belum pernah menjadi tuan rumah Olimpiade.

Banyak sekali fakta unik dan menarik tentang Istanbul Turkey yang sebenarnya saya tidak bisa sebutkan satu persatu, cukup menikmati foto foto diatas dan budaya yang sangat kental. Saya jamin kamu bakalan jatuh cinta dengan Istanbul Turkey, selamat menikmati keindahan Istanbul.
 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Youtube Channel Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

1 comment:

Farras shop said...

Makasih atas infonya ,, semoga sukses.