Fakta Unik Cappadocia Turkey, Salah Satu Tempat Terindah di Dunia.



Cappadocia Turkey adalah destinasi impian saya untuk hunting motret, melihat foto foto dari Cappadocia seperti di alam mimpi. Dan ketika saya sampai kesini, ternyata keindahan Cappadocia Turkey bukan isapan jempol. Siapapun yang datang kesini memotret pakai kamera apapun pasti akan bagus hasilnya termasuk memakai smartphone, karena memang tempat ini keterlaluan indahnya.

Banyak fakta unik dan menarik tentang Cappadocia Turkey, sebelum kamu datang kesini mungkin bisa dibaca terlebih dahulu fakta unik Cappadocia ini.

1. Dataran unik Cappadocia terbentuk oleh erosi bebatuan vulkanik. Letusan gunung api purba menutupi wilayah ini dengan abu tebal, yang kemudian mengeras menjadi batuan lembut yang disebut tuff. Setelah beberapa lama, angin dan air mengikis batuan tuff ini dan mengubahnya menjadi pilar berbentuk jamur yang disebut fairy chimneys.


2. Sifat batuan tuff di Cappadocia yang lembut memungkinkan penduduk yang pertama tinggal di sini untuk memahat gua sebagai tempat tinggal, gereja, dan tempat persembunyian baik di atas dan di bawah tanah yang menjadikan tempat ini sebagai kompleks pahatan batu terbesar di dunia.

3. Cappadocia meliputi area sekitar 5.000 kilometer persegi dan terbentang antara tiga provinsi di Anatolia Tengah yaitu Keyseri, Nevşehir, and Niğde, tepat di jantung negara Turki.

4. Pada zaman dahulu, wilayah Cappadocia terkenal akan kudanya. Diyakini bahwa nama Cappadocia berasal dari kata Persian kuno Katpaktukya yang berarti Wilayah Dengan Kuda Yang Indah.


5. Dahulu jaman Romawi Kuno konon kuda kuda indah berasal dari Cappadocia ini, namun sekarang jarang sekali saya melihat ada kuda disini.

6. Yang unik di Cappadocia kita bisa menemukan kota bawah tanah, ya kota ini adalah tempat pengungsian jaman dahulu jika terjadi perang. Salah satunya adalah pemukiman bawah tanah Özkonak berbeda dengan kota bawah tanah lain di daerah ini oleh karena adanya fitur pertahanannya. 

7. Lahan yang tandus dan pasir membuat susah untuk bertani di Cappadocia, uniknya para petani disini menggunakan kotoran merpati untuk memupuk lahan pertanian karena dataran Cappadocia yang panas dan kering. Setiap pria yang mampu secara jasmani diharapkan untuk menggali sendiri lubang sebagai rumah burung merpati di atas susunan batu agar terhindar dari pemangsa dan pencuri.


8. Buat kamu yang ingin mengunjungi Cappadocia Turkey, bisa naik Turkish Airlines maskapai nasional negara Turkey. Jadwal pesawat setiap hari mereka ada yang kesini, bahkan jika musim libur tiba bisa 3x penerbangan setiap hari dari Istanbul menuju Cappadocia.

9. Umat Kristiani yang melarikan diri dari serangan bangsa Arab memberi nama kota Goreme yang artinya Anda Tidak Bisa Melihat Di Sini. Kehidupan biara di Cappadocia yang dijalankan oleh Santo Basil Yang Agung atau Basil dari Caesarea yang mendorong para biarawan Kristen untuk berkumpul dan berdoa bersama di dalam biara.


10. Gereja Tokali Kilise juga dikenal dengan nama Gereja Buckle dianggap sebagai tempat perlindungan utama kehidupan biara di Byzantine Cappadocia. Gambar mural di gereja Tokali Kilise menunjukkan lukisan yang masih dalam kondisi bagus yang masih ada sejak zaman pertengahan awal.

11. Jangan heran kalau disini kamu bisa menemukan banyak kucing cantik, padahal mereka kucing liar lho. Ya Turkey dan terutama di Cappadocia masyarakatnya sangat dikenal sebagai penyayang binatang kucing, disini kucingnnya gemuk dan berbulu tebal kebanyakan.


Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma