Taman Alam Lumbini, Pagoda tertinggi & terindah di Indonesia.


Indonesia punya banyak arsitektur Mahakarya yang menakjubkan, tetapi pasti banyak dari kita yang hanya mengenal Borobudur, Candi Prambanan atau Garuda Wisnu Kencana di Bali dan Mesjid Istiqlal yang merupakan salah satu mesjid terbesar di Asia Tenggara. 

diantara semua bangunan Mahakarya diatas pasti banyak yang belum tahu tentang Taman Alam Lumbini, Taman ini merupakan Pagoda Tertinggi dan Terindah di Indonesia. kenapa saya bilang terindah, karena letaknya di atas bukit didaerah Brastagi Sumatera Utara. kemegahan Pagoda di Taman Alam Lumbini ini terlihat karena megahnya bangunan yang diselimuti cat berwarna emas yang sangat cerah, luas bangunannya juga sangat besar sehingga kita bisa mengitari setiap sudut Pagoda ini dengan terkagum kagum.


Hampir keseluruhan warna di Pagoda Taman Alam Lumbini mempunyai warna keemasan dan inilah yang membuat jadi terlihat megah dan mewah. Di bawahnya ada gelang ornamen ema dan Pagoda tersebut terdapat empat rupang Buddha berukuran sedang pada bagian tengah yang menghadap ke empat sisi ruangan, dan pada bagian tengahnya dijadikan sebagai lokasi bagi pengunjung yang hendak bersembahyang. didalam Taman Alam Lumbini ini berdiri kuil Buddha yang sangat megah dan merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang ada di Burma (Myanmar). Selain bangunan pagoda yang mengah, komplek seluas 3 hetar ini juga terhampar taman yang indah dengan mengikuti kontur alam. Replika Pagoda Shwedagon di Taman Alam Lumbini, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini merupakan replika tertinggi kedua setelah Burma dan merupakan Pagoda yang tertinggi di Indonesia sehingga meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan kategori Pagoda Tertinggi di Indonesia.


Buat anda yang sedang di Medan atau berkunjung ke Medan, selain Toba sempatkanlah untuk berkunjung ke Destinasi Pagoda Taman Alam Lumbini ini. Arsitektur Pagoda ini layak untuk dikunjungi dan pantas disebut salah satu bangunan yang bisa menjadi kebanggan Indonesia.

Pagoda Taman Alam Lumbini dapat dicapai dengan mengendarai mobil, lama perjalanan sekitar 2-3 jam dari Medan tergantung kondisi lalu lintas. Pagoda Taman Alam Lumbini berlokasi di Desa Tongkoh, Berastagi, Sumatera Utara. Buat yg bacpackeran bisa naik angkot Sutra ke Berastagi dengan ongkos Rp.10.000 kurang lebih. agn bisa bilang turun di Tahura atau Simpang Tongkoh. Simpang Tongkoh dapat dikenali dengan tugu buah jeruk di tengah pertigaan. Ikuti saja tanda panahnya dan boleh berjalan kaki sekitar 20 menit. Sepanjang perjalanan singkat ini, di kiri-kanan jalan banyak terdapat kebun strowberry. nah buat agan yang hobi motret, bisa datang pagian jam 7 deh kesini. karena yang saya foto2 diatas itu ngambilnya pas pagi, pas bener cahaya matahari mengenai bangunan dan langit biru karena masih pagi.. dijamin bagus fotonya..


Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips https://twitter.com/barrykusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”