Inilah Tujuh Pantai Terindah di Bali

Bali merupakan destinasi wisata yang sudah diakui dunia karena keindahan alam dan kekayaan budayanya yang sangat kental. Pantai di Bali pun merupakan salah satu dari 10 pantai terbaik di dunia. Memang membicarakan pantai di Bali tidak akan pernah habis.

Di bawah ini akan dibeberkan tujuh pantai terindah di Bali menurut versi saya. O iya indah menurut saya adalah pantai ini bersih, alami dan juga lumayan lengkap infrastrukturnya.

1. Pantai Padangbai

Pantai Padangbai terletak Kabupaten Karangasem. Padang Bai dikenal sebagai pelabuhan penyeberangan feri Bali-Lombok. Kebersihan dan keindahan pantai Padangbai ini cukup terjaga.



Bagi pemancing dan para penyelam (diver) sangat suka di pantai ini. Karena biar pun letaknya bersebelahan dengan pelabuhan tetapi biota lautnya masih sangat terjaga dengan baik. Namun hati-hati kalau mau menyelam di sini, terkadang arusnya sangat kencang.

2. Pantai Amed dan Tulamben

Masih di Kabupaten Karangasem, Pantai Amed dan Tulamben adalah pantai yang letaknya bersebelahan. Karakter kedua pantai ini hampir mirip. Tetapi pantai Amed masih sangat perawan dan tidak banyak turis domestik yang dating ke sini.




Pantai Tulamben sangat disenangi oleh para diver yang ingin menyelam di sini karena terdapat kapal perang AS yang karam dan tidak terlalu dalam. Pantai Tulamben adalah salah satu pantai yang eksotis di Bali. Untuk menuju Pantai Amed dan Tulamben bisa menempuh jalan darat dari Denpasar selama 1,5-2 jam.

3. Pantai Lovina

Pantai Lovina terletak di utara Pulau Bali, tepatnya di Kabupaten Buleleng. Karakter pasir di sini sedikit berbeda dengan pantai-pantai di Bali lainnnya karena pasir hitamnya. Selain itu yang sangat terkenal di Pantai Lovina ini adalah setiap pagi kita bisa menyaksikan atraksi lumba–lumba yang bermain di pantai ini.


Untuk melihat lumba-lumba ini kita bisa menyewa perahu nelayan yang bisa dipesan di hotel atau langsung ke nelayannya. Jangan lupa membawa lensa tele dan wide, karena bisa saja tiba-tiba lumba-lumba tersebut muncul di samping Anda.

 4. Pantai Dreamland dan sekitarnya

Pantai ini sangat disukai turis mancanegara. Pasir putihnya membentang sangat luas. Dan karang karang besar memperindah pantai ini. Pantai Dreamland merupakan salah satu pantai pasir putih di Bali yang sangat indah dan eksotis.


Hanya sayang akses ke tempat ini agak susah karena harus memasuki komplek perumahan mewah dan jalan yang sangat curam ke bawah. Harap berhati-hati saat musim hujan. Yang menarik di pantai Dreamland adalah kita bisa melihat banyak wisatawan asyik surfing, dan di sekitarnya banyak sekolah surfing, baik lokal maupun internasional.

5. Pantai Candi Dasa



Perjalanan dari Denpasar menuju pantai Candi Dasa ditempuh sekitar 2 jam. Pantai di Kabupaten Karangasem ini dikenal memukau wisatawan dalam dan luar negeri. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini yakni menikmati kuliner khas Bali di tepi pantai dan juga bisa menikmati aktivitas nelayan di sekitar pantai.

6. Nusa Lembongan

Berani bertaruh, kalau ditanyakan kepada turis lokal, pasti belum banyak yang pernah ke Nusa Lembongan. Meski masuk Kabupaten Klungkung, Nusa Lembongan sangat dekat dari Denpasar, ibu kota Provinsi Bali.



Anda hanya perlu naik speed boat atau kapal dari Sanur. Di Pulau ini sekelilingnya adalah pantai. Nusa Lembongan terkenal akan budidaya rumput lautnya. Pantai-pantainya tidak kalah indah dengan pantai-pantai lain di Pulau Dewata. Disarankan untuk menyewa motor di sini karena jaraknya lumayan jauh dari satu pantai ke pantai lainnya.

7. Pantai di Pulau Menjangan Bali Barat

Pantai di Pulau Menjangan sangat jernih dan cocok untuk diving dan snorkeling. Pulau Menjangan yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Bali Barat dan termasuk dalam Kabupaten Buleleng merupakan lokasi wisata terindah di Bali. Selain panorama alam yang indah, kawasan ini juga memiliki spot diving terindah di Bali.


Mengunjungi Pulau Menjangan tidaklah sulit. Kita cukup menyewa mobil dari Denpasar menuju Gilimanuk selama 3-4 jam. Dari Gilimanuk, perjalanan dilanjutkan ke Taman Nasional Bali Barat. Menyeberang ke Pulau Menjangan sekitar 15 menit sampai 20 menit. Di pelabuhan ini ada banyak kapal turis yang bisa kita sewa, tarifnya Rp 400.000 sampai Rp 600.000 per hari.

Photography and Text by Barry Kusuma

3 comments:

Mas Gaptek said...

Bagus-bagus ya pantainya, uniknya ini semua bukan di pantai 'sejuta umat' seperti Kuta, Sanur atau semacamnya.

alambudaya said...

ya karena memang banyak sekali pantai2 di Bali yang belum terekspose...

ibu nabila said...

Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.