Madura "Madu & Dara" yuk kita keliling Pulau Madura (adv)

Sudah 7 tahun lalu terakhir saya ke Madura, ketika diajak oleh Dji Sam Soe ke Madura dalam rangka Lomba Blog saya dengan sangat senang menerimanya, karena Madura saat ini terutama setelah dibangunnya Jembatan Suramadu katanya sudah berkembang jauh waktu belum ada jembatan. saya penasaran Madura yang sekarang apakah lebih baik wisatanya dan siap untuk menerima arus yang cepat sejak dibangunnya Jembatan Suramadu.
Masjid Jamik Sumenep, merupakan Landmark dari Pulau Madura. Photo Taken with Smartfren Andromax Z
seperti biasa pada saat Traveling, saya sangat suka Sharing di Twitter #Livetweet ini agar bertujuan para teman dan follower di Twitter dan facebook bisa menikmati setiap jengkal perjalanan Traveling saya. pada saat sharing banyak manfaat yang bisa saya dapat, pertama bisa membuat orang yang mengikuti sosial media saya jadi ikut merasakan dan syukur2 mereka bisa tertarik ke destinasi tsb dan juga terkadang saya bisa dapat info secara cepat kuliner atau tempat wisata yang bagus dari teman teman saya. untuk bisa livetweet lancar kebetulan saya memakai Smartfren Andromax, ya CDMA yang kini cukup pesat pertumbuhannya di Indonesia. sayapun juga penasaran dengan koneksi internet mereka, karena katanya CDMA masih kurang bagus dibanding GSM. well kali ini ketika berkunjung ke Madura saya mencoba Smartphone Andromax Z terbaru mereka sekaligus koneksi internetnya. sepanjang perjalanan dan dikota kota besar di Madura ketika saya mencobanya ternyata koneksi internet Smartfren di Pulau Madura cukup kencang. terutama di kota kota besar di Madura, saya bisa dengan mudah livetweet dan update status foto difacebook tanpa fail. oke deh, yuk kita simak beberapa liputan saya di Madura sekaligus menikmati hasil hasil dari Smartphone Andromax Z dari smartfren.

Madura dikenal dengan karapan sapi dan kehebatan jamu tradisionalnya. Pulau ini menyimpan kekayaan alam dan budaya yang sangat menawan. Pariwisata yang ditawarkan ada beragam seperti pantainya yang indah, museum yang menyimpan pusaka, dan tradisi karapan sapi yang terkenal seantero negeri.

Aneka macam corak Batik Tulis Tanjung Bumi Madura, one of the best Batik. Photo Taken with Smartfren Andromax Z
Madura berasal dari kata madu dan dara (wanita). Kata Dara diambil karena konon wanita Madura dikenal kecakapan seksualitas dan jamu tradisionalnya yang melegenda. Suku Madura merupakan etnis dengan populasi besar di Indonesia, jumlahnya sekitar 20 juta jiwa. Mereka berasal dari Pulau Madura dan pulau-pulau sekitarnya. Suku Madura terkenal karena gaya bicaranya yang blak-blakan serta sifatnya yang temperamental dan mudah tersinggung. Namun, mereka juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja.

Selama berabad-abad Madura telah menjadi daerah kekuasaan yang berpusat di Jawa. Sekitar tahun 900–1500, pulau ini berada di bawah pengaruh kekuasaan kerajaan Hindu Jawa timur sehingga ada banyak peninggalan sisa kekuasaan kerajaan dan keraton di sini. Sebagian besar pulau ini bertanah kering. Pariwisatanya juga belum dioptimalkan. Orang hanya mengenal karapan sapi. Namun sebagai Pulau, Madura mempunyai banyak pantai indah yang masih alami.

Patung Peninggalan Kerajaan Majapahit di Kraton Sumenep Madura. Photo Taken with Smartfren Andromax Z

TRANSPORTASI

Menuju Madura

Transportasi menuju Madura dari Surabaya sangat mudah. Jarak Surabaya-Madura memang sangat dekat. Apalagi kini sudah ada Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Madura dengan Jawa Timur. Madura dapat dicapai dengan 2 cara, melalui jalan darat dari Surabaya atau dengan pesawat terbang melalui Bandara Juanda Surabaya. Jika ingin menggunakan jalur darat, independent traveler sebaiknya menyewa mobil dari Surabaya karena tarnsportasi di Madura masih sulit. Penyewaan mobil dengan mudah didapat di Bandara Surabaya. Tarifnya Rp550.000 per hari sudah termasuk sopir.

tetapi kita sekarang bisa menyewa penyewaan mobil dari Surabaya, kalau beberapa tahun lalu jika menyebrang ke Madura 

Motif yang begitu cantik dan menawan, khas Batik Tulis Tanjung Bumi Madura. Photo Taken with Smartfren Andromax Z
Di Madura

Untuk berkeliling Madura, sebaiknya kita menyewa mobil. Objek-objek wisata di Madura bisa kita kelilingi selama dua hingga tiga hari saja. Namun, menyewa mobil sebaiknya dilakukan di Surabaya. Untuk itu carilah sopir yang sudah mengenal Madura agar perjalanan kita lancar.
Di kota Sumenep, kita juga sulit menemukan taksi ataupun angkutan umum. Di sini angkutan umum hanya berupa mobil bak terbuka yang biasanya digunakan untuk mengangkut sapi, sembako, dan komoditas lainnya. Berkeliling dengan berjalan kaki pada pagi dan sore hari dapat menjadi pilihan terbaik.

Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

No comments: