8 Film Hollywood yang terinspirasi oleh Pemandangan Peru yang indah.

Peru telah lama menjadi inspirasi bagi pemusik, penulis, dan siapapun yang mencari pengalaman yang indah, unik, dan tak terlupakan termasuk saya. Tidak heran jika keindahan Peru menginspirasi banyak produser film Hollywood untuk membuat filmnya di Peru. Ada beberapa film yang terinspirasi oleh keindahan Peru dan bisa menjadi referensi buat fotografer atau videografer yang ingin mendapatkan hasil foto video yang amazing.


Secret of the Inca

Film petualangan yang dibuat pada tahun 1954 ini terinspirasi oleh suku Inca dan pengalaman Hiram Bingham dalam penemuannya akan jejak Manchu Picchu. Film ini dibuat oleh Paramount Pictures di Peru, berlokasi di Cuzco dan Machu Piccu, menjadi film Hollywood pertama yang berlokasi di situs arkeologi terkenal ini. Akibat film ini, turisme di Peru meningkat. Bahkan, film ini menjadi sumber inspirasi dibuatnya film Raiders of the Lost Ark.

Fitzcarraldo

Film ini dibuat pada tahun 1982, yang ditulis dan disutradarai oleh Werner Herzog yang legendaris. Kisahnya mengenai perusahaan karet yang datang ke Peru untuk mencuri sumber daya alamnya di Dataran Amazon. Kisahnya sendiri terinspirasi dari tokoh penguasa karet dari Peru, Carlos Fermin Fitzcarrald, dan lokasinya hampir semuanya diambil di Amazon.
Peru Land OF The Incas
Video by Barry Kusuma

Raiders of the Lost Ark

Film ini merupakan salah satu film klasih Hollywood yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan ditulis oleh George Lucas. Terinspirasi oleh alam Peru yang indah, dan juga film Secret of the Incas (di mana cerita dan karakter utamanya hampir sama), film ini mampu mengangkat alam dan sejarah Peru yang menarik. Meskipun pengambilan gambarnya banyak dilakukan di Hawaii, ide dan inspirasi keseluruhannya berasal dari Peru.


The Emperor’s New Groove

Yang ini merupakan film animasi buatan Disney, yang awalnya dibuat dengan nama Kingdom of the Sun. Kingdom of the Sun ditulis berdasarkan pengalaman Roger Allers dan Matthew Jacobs yang bepergian ke Cusco dan Macchu Pichu. Film itu pada akhirnya disimpan tapi kemudian diputuskan untuk mengubahnya menjadi jenis komedi.


The Motorcycle Diaries

Berdasarkan memoir milik Ernesto ‘Che’ Guevara, film ini mengenai perjalanannya di sepanjang Amerika Selatan. Meskipun ceritanya mengenai perjalanannya di Amerika Selatan, pengalamannya di Peru lah yang mengubahnya. Setelah melihat Macchu Pichu dan menghabiskan waktu di koloni penderita lepra, hidupnya berubah untuk selamanya. 



The Dancer Upstairs

Film yang dibuat pada tahun 2002 ini merupakan thriller Spanyol Amerika yang disutradarai oleh John Malkovich, dibuat berdasarkan buku yang diterbitkan pada tahun 1995 oleh Nicholas Shakespeare dengan nama yang sama. Inspirasi penulisan buku ini adalah pengaruh Abimael Guzman dan kelompok terorisnya pada Peru, dan terutama pada Lima, pada tahun 1980 dan 1990-an. Setting film ini berada di Lima dan Amazon di Peru, tapi pengambilan gambarnya terjadi di Ekuador, Portugal, dan Spanyol.
Aguirre, the Wrath of God
Ini adalah film buatan Werner Herzog lain yang berlokasi di Peru. Tampaknya penulis dan sutradara asal Jerman ini sangat menyukai Peru dan sejarahnya. Setting filmnya sendiri berada di hutan hujan Peru, di Machu Picchu, dan Sungai Amazon di daerah Ucayali. Pengambilan gambar Aguirre dilaksanakan dalam 5 minggu, bersamaan dengan sang sutradara dan krunya menjelajahi sungai Huallaga dan Nanay dengan menggunakan rakit, meniru perjalanan yang terjadi di dalam film.
Anaconda

Film yang bergenre dokumenter ini berkisah mengenai sekelompok orang yang mencari suku yang tinggal jauh di dalam rimba Amazon. Dalam perjalanan, mereka disandera oleh seorang pemburu ular yang mencari anakonda raksasa. Meskipun mendapatkan kritikan tajam, film ini sukses di pasaran dan menjadi salah satu ikon legendaris.


Peru Land OF The Incas
Video by Barry Kusuma

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)

2 comments:

Ella fitria said...

Wa ini masuk wishlist, donlot ah film2nya.. Hhh

penghilang flek hitam said...

secret of the inca memang bagus buat di tonton