Fakta Unik Koala, Binatang imut yang hobi tidur.


New South Wales Australia
Video by Barry Kusuma

Selain Kangguru, Koala adalah binatang wajib yang harus anda lihat ketika berkunjung ke Australia. Matanya yang bundar, kuping lebar serta warna bulunya yang abu-abu membuat siapa saja yang melihatnya merasa gemas. Padahal hewan Koala ini termasuk hewan liar yang gampang marah kalau ita usil lho, Ingin tahu lebih banyak mengenai fakta unik tentang Koala yang menarik dan unik? Silakan dibaca lengkap fakta unik tentang koala di benua Australia ini.

Bayi Koala

Kebanyakan orang melihat Koala yang sudah dewasa dengan ukuran tubuh yang standar, namun tahukah anda jika saat baru lahir, bayi Koala hanya berukuran 1 inci? Dengan ukuran yang demikian, bayi Koala kurang lebih hanya seukuran lebah.

Hewan Yang Memiliki Sidik Jari

Selain manusia, ternyata Koala juga memiliki sidik jari. Bahkan jika dibandingkan dengan sidik jari manusia, sidik jari Koala hampir sama sehingga sangat sulit membedakannya meski telah dilihat dengan mikroskop.


Berkantung Seperti Kangguru

Hewan berkantung tidak hanya untuk Kangguru saja, tetapi Koala juga. Kantung pada Koala menjadi tempat tinggal untuk anak-anaknya selama kurang lebih 6 bulan setelah lahir atau pada saat masih menyusu.

Larangan Membunuh dan Memelihara Koala

Sama seperti jenis hewan lain yang dilindungi, jika seseorang membunuh dan memelihara Koala maka dapat dikenakan tindak pidana. Hal ini dilakukan untuk mencegah berkurang serta punahnya hewan Koala.
Suka Tidur

Apakah anda suka tidur? Jika ya, maka tidak jauh berbeda dengan binatang yang satu ini. Koala merupakan hewan Noctural sehingga banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Jadi, jangan heran jika anda melihat langsung Koala saat siang hari, ia sedang terlelap. Saat ia bangun tidur, maka hal tersebut tidak jauh dari aktivitas makan dan berpindah tempat. Meski ada gangguan ketika tidur, misalnya goncangan atau suara, Koala tidak mudah terbangun. Fakta unik tentang Koala mengenai kebiasaannya ini adalah jam tidurnya yang bisa mencapai 18-20 jam/hari.
Pemilih Dalam Hal Makanan

Ternyata Koala ternyata cukup manja dalam hal makanan. Ia sangat pemilih, walaupun ada banyak pohon Eucaliptus yang menjadi sumber makanannya, Koala hanya mau memakan beberapa saja dari sekian banyak pohon yang ada. Sebelum memakan, Koala akan mencium-cium daun Eucaliptus berulangan kali terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk memakannya. Selain itu, fakta unik tentang Koala terkait makanan adalah ia hanya mau memakan daun yang masih muda. Wah… ternyata Koala sangat pemilih ya…?!


Melompat

Untuk bisa berpindah dari dahan pohon satu ke dahan lainnya, Koala dapat berpindah dengan cara melompat. Lompatannya mampu mencapai sekitar 45 meter.
Jarang Minum

Hewan ini paling jarang minum, namun bukan berarti ia tidak membutuhkan air, hanya saja karena faktor makanannya berasal dari daun Eucaliptus yang banyak mengandung air, maka hal tersebut membuat kebutuhan air bagi tubuh Koala sudah terpenuhi.
Penyendiri

Jika sebagian hewan banyak yang hidup berkelompok maka berbeda dengan Koala, ia merupakan tipe hewan penyendiri. Tak heran jika seringkali, kita melihat ia menempel di dahan pohon seorang diri.

New South Wales Australia
Video by Barry Kusuma

Aroma Tubuh

Fakta unik tentang Koala lainnya yang mungkin tidak anda ketahui yaitu Koala memiliki aroma tubuh yang khas. Aroma tubuh ini seringkali ia gunakan untuk menandai area tempat tinggalnya di pohon dengan cara mengosokkan bagian dadanya.
Perilaku

Dalam keadaan biasa, Koala cenderung tenang dan tidak terlalu aktif. Masa aktif hewan Koala hanya sekitar 2 jam/hari. Namun, pada keadaan bahaya atau sedang merasa terancam, ia bisa berubah menjadi sangat agresif. Koala dapat berlari dengan cepat layaknya seekor kelinci.

Fungsi Ekor

Fungsi ekor pada Koala ternyata sebagai tempat duduk saat ia menempel pada dahan pohon, karena ia sangat jarang turun dari pohon maka Koala dapat duduk berjam-jam. Hal ini juga merupakan salah satu cara melindungi diri dari predator seperti anjing yang bisa memangsa Koala jika ia turun dari dahan pohon.

Setelah membaca 12 fakta unik tentang Koala di atas semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai binatang lucu yang satu ini. Jika anda ingin melihat langsung, silahkan berkunjung ke Australia karena disana terdapat kebun binatang yang ada Koala khusus dipelihara untuk para pengunjung yang datang.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)

1 comment: