Fakta unik dan menarik dari China yang jarang diketahui.


China atau kita sebut saat ini Tiongkok merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, budaya mereka yang sangat lama. Membuat Tiongkok menjadi salah satu negara adidaya dunia yang kekuatannya harus diperhitungkan, ada banyak fakta unik dan menarik tentang Tiongkok. Apa saja fakta tersebut :

1. China dianggap sebagai negara yang punya peradaban tertua dan terlama, mereka bisa dibilang negara maju karena diperkirakan sejak 6.000 tahun SM sebagai awal kebangkitan peradaban China. China juga dianggap sebagai bangsa terlama di dunia yang menggunakan bahasa tulis.

2. China adalah negara terbesar keempat di dunia (setelah Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat). Cina memiliki wilayah seluas 3.719.275 mil persegi (sedikit lebih sempit daripada Amerika Serikat) dan panjang batas wilayahnya dengan negara lain lebih dari 117.445 mil. Kurang lebih 5.000 pulau terdapat di pesisir China.
 

3. Satu dari lima orang penduduk dunia adalah orang China. Jumlah penduduk China diperkirakan mencapai jumlah 1.338.612.968 (milyar) sampai dengan Juli 2009. Jumlah in empat kali lipat jumlah penduduk Amerika Serikat.

4. Kue Keberuntungan yang kita kenal saat ini bukanlah budaya tradisional khas China. Kue ini diciptakan pada tahun 1920 oleh seorang pekerja pabrik mie Key Heong di San Francisco.

5. Kertas tisu diciptakan di China pada akhir 1300an. Pada awalnya hanya diperuntukkan untuk para kaisar.

6. Bangsa Cina-lah yang menciptakan kertas, kompas, bubuk mesiu dan mesin cetak. Pantas saja bangsa China dahulu disebut sebagai negara paling maju di dunia. 

Where China Begin - Video by Barry Kusuma
 
7. Bangsa China menciptakan layang-layang sekitar 3.000 tahun yang lalu. Mereka menggunakan layang-layang untuk menakut-nakuti musuh ketika berperang, dan Marco Polo (hidup pada masa 1254-1324) menulis bahwa layang-layang juga digunakan untuk memprediksi keberhasilan sebuah perjalanan.

8. Walaupun wilayahnya sangat luas, China hanya terdiri dari satu zona waktu. Bandingin dengan Indonesia yang punya 3 zona waktu.

9. Panda raksasa sudah ada sejak dua atau tiga juta tahun yang lalu. Pada awal kekuasaan Kaisar China memelihara panda untuk mengusir roh jahat dan bencana alam. Panda juga dianggap sebagai simbol semangat dan keberanian.
 

10. Bagi bangsa China, warna putih lebih dianggap sebagai simbol berkabung dan kematian daripada warna hitam.

11. Dahulu kebiasaan membebat kaki dimulai oleh para wanita di dunia hiburan and anggota pengadilan China selama pemerintahan dinasti Song. Perban yang diikat sangat erat secara bertahap mematahkan tulang pada lengkungang kaki sehingga jari kaki dan tumit para wanita tersebut tumbuh ke dalam ke arah satu sama lain. Otot kaki mereka juga sangat tertekan dan menjadi sangat tipis. Kaki yang mungil dianggap memiliki tingkat sensualitas yang tinggi.

12. Ternyata kenapa masyarakat China suka memakai sumpit, karena para sejarawan memperkirakan bahwa dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk, manusia harus menghemat bahan bakar untuk memasak dengan memotong-motong bahan masakan menjadi potongan kecil agar cepat matang. Makanan dengan ukuran sekali lahap ini menghilangkan penggunaan pisau makan dan mendorong terciptanya sumpit. 
 

13. Pada tahun 130 M, Zhang Heng, seorang ahli astronomi dan ahli sastra, menciptakan alat pertama yang dapat mendeteksi gempa bumi. Mesin tersebut mampu mendeteksi dan menentukan arah gempa.

14. Sebuah adat kebiasaan bagi pria dan wanita kaya pada era kekaisaran terakhir untuk membiarkan kuku jari kelingking hingga sangat panjang sebagai tanda kederajatan. Mereka bahkan mengenakan pelindung kuku berhiaskan emas dan perak untuk melindungi kuku mereka.

15. Bendungan pembangkit listrik Tiga Lembah terbentang sepanjang Sungai Yangtze and merupakan bendungan terbesar di dunia. Bendungan ini juga paling kontroversial di dunia karena sarat dengan korupsi, pelanggaran hak asasi manusia, masalah teknologi, dan menyebabkan perubahan lingkungan yang drastis.

16. The juga diciptakan oleh Kaisar China Shennong pada tahun 2737 SM ketika selembar daun teh jatuh ke dalam air panas miliknya. Bangsa Cina mengganggap teh sebagai kebutuhan hidup yang menjadi minuman wajib. 
 

17. Bangsa China telah memproduksi kain sutra sejak 3.000 SM. Bangsa Romawi menyebut negara Cina sebagai “Serica,” yang artinya “Daerah Penghasil Sutra.” Bangsa Cina secara ketat menjaga rahasia pembuatan sutra dan siapapun yang tertangkap tangan menyelundupkan telur atau kepompong ulat sutra ke luar wilayah Cina akan dijatuhi hukuman mati.

18. Menurut sebuah legenda di China, sutra ditemukan pada tahun 3.000 SM oleh permaisuri Xi Ling Sui, istri kaisar Huang Di. Ketika kepompong ulat sutra secara tidak sengaja jatuh ke dalam cangkir teh panasnya, benang tipis dari kepompong terurai di dalam air panas dan melahirkan kain sutra.

19. Kertas tertua di dunia berasal dari China pada abad ke-2 atau 1 SM. Kertas sangat kuat, kadang-kadang digunakan untuk membuat pakaian dan bahkan pakaian pelindung ringan.

20. Bangsa China adalah yang pertama menggunakan alat kontrasepsi pada abad ke-3, hmm mungkin karena jaman itu penduduknya juga sudah banyak kali ya.

21. Kebijakan “hanya memiliki satu anak” di China berdampak pada meningkatnya kematian bayi wanita dan munculnya ketidakseimbangan gender. Terdapat sekitar 32 juta penduduk pria lebih banyak daripada wanita di Cina. Di masa depan, puluhan dari jutaan penduduk pria tidak bisa mendapatkan istri. Beberapa ahli mengatakan bahwa ketidakseimbangan ini berujung pada risiko keselamatan dunia.
 
China Nature Masterpiece - Video by Barry Kusuma
 
22. Pada tahun 1974, beberapa orang petani yang sedang menggali sumur di provinsi Shaanxi menemukan beberapa pecahan gerabah yang berusia sangat tua. Mereka menemukan makam Qin (yang hidup pada tahun 259-210 SM) seorang kaisar yang pertama kali menyatukan wilayah Cina. Makam tersebut berisi ribuan tentara, kuda dan kereta kuda berukuran yang sesungguhnya.

23. Di beberapa daerah di China, kuncir rambut erat kaitannya dengan status pernikahan seorang wanita. Seorang gadis muda harus memiliki 2 kuncir, dan setelah menikah ia harus mengenakan satu saja.

24. Sungai terpanjang di Cina adalah Sungai Yangtze (Changjian) dengan panjang 3.494 mil and Sungai Kuning (Huanghe) dengan panjang 2.903 mil.

25. Bangsa China meyakini adanya teori tiga tingkatan surga yaitu Surga, Bumi dan Manusia yang berpengaruh dalam lukisan pemandangan dan susunan bunga.

26. Kuda kemungkinan besar berasal dari Asia Tengah dan menjadi sangat penting di Cina. Kuda dianggap berkaitan erat dengan simbol kejantanan, Yang, dan dengan elemen api. Seseorang yang lahir pada Tahun Kuda bersifat bahagia, mandiri, cerdas, banyak bicara, mudah marah dan mampu mengatur uang. 
 


27. Phoenix adalah burung yang paling penting dalam legenda bangsa China dan merupakan simbol kekuasaan feminin kaisar wanita. Bangau yang anggun dan merupakan simbol umur panjang adalah burung kedua terpenting dalam sejarah bangsa Cina. Bebek juga merupakan simbol penting dan simbol kebahagiaan dan kesetiaan perkawinan.

28. Saat ini makin banyak jumlah bayi yang lahir cacat di China. Aktivis lingkungan menyalahkan polusi yang parah di Cina adalah penyebab banyaknya bayi yang lahir cacat di negara mereka.
 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma