Colca Canyon Peru, salah satu tempat terindah di Peru.


Colca Canyon atau yang biasa disebut sebagai Jurang Colca adalah salah satu object wisata di negara Peru tepatnya bagian selatan. Colca Canyon merupakan salah satu tempat terindah di Peru dan wajar kalau tempat ini termasuk yang paling banyak dikunjungi travelers setiap tahunnya. Colca Canyon memiliki kedalaman 3.270 meter atau 10.725 kaki dan termasuk dalam deretan jurang kedua terdalam di dunia setelah Cotahusi Canyon. Di dasar lembah Colca juga terdapat kota - kota yang didirikan pada masa penjajahan Spanyol yang sampai sekarang masih dihuni oleh orang - orang dari budaya Colagua dan Cabana.
 

Ada banyak hal - hal menarik yang pengunjung bisa nikmati ketika mengunjungi Colca Canyon. Colca Canyon menjadi habitat asli dari beberapa spesies burung langka, salah satunya adalah Burung Condor Andean. Burung Condor Andean bisa hidup selama 60 - 70 tahun. Burung ini memiliki sayap yang lebarnya mencapai 7 sampai 9 kaki, Burung Condor Andean dijuluki oleh para penduduk sekitar dengan sebutan Burung Abadi. Burung ini telah lama menjadi simbol keabadian, umur panjang dan kekekalan. Di jurang Colca terdapat salah satu tempat pemberhentian populer namanya Cruz del Condor, tempat ini digunakan para wisatawan untuk melihat burung Condor Andean secara lebih dekat.

Sejujurnya saya belum pernah melihat burung condor dari dekat sebelumnya, karena burung Condor ini biasanya terbang sangat tinggi sampai ribuan meter dari darat. Yang istimewa di Colca Canyon ini, sarang burung condor terdapat ditengah lembah. Sehingga mereka tidak bisa diusik oleh masyarakat setempat dan juga jauh dari tepi jurang. Sebelum mereka mencari makan biasanya burung condor berputar putar terlebih dahulu dari sarangnya sampai terbang tinggi, sehingga kita bisa melihat di pagi hari mereka terbang sebelum terbang tinggi mencari makan.
 

(aerial video) Exploring Peru's epic Colca Canyon. Video by Barry Kusuma
 
Spesies burung langka yang terkenal lainnya adalah burung Kolibri raksasa, angsa Andes, Flaminggo Chili, burung Caraca. Ada juga habitat hewan lain yang hidup disana seperti Chincilia, Zorrino, Rusa, Rubah dan masih banyak lagi. Di Colca Canyon ada juga beberapa situs arkeologi seperti gua - gua dan benteng batu yang sudah berusia ribuan tahun, yang merupakan peninggalan suku terdahulu yang mendiami Colca Canyon. Selain terkenal sebagai tempat tujuan wisata, Colca Canyon juga menjadi tempat favorit untuk olah raga seperti hiking, climbing, arung jeram maupun bersepeda gunung.
 
 
Selain pemandangan alam yang luar biasa indah, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan sumber mata air panas alami di Chivay. Chivay adalah kota terbesar di Colca Canyon. Chivay adalah kota yang umumnya menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang sedang berkunjung ke Colca Canyon. Di kota tersebut penduduknya sangat ramah dan tidak segan untuk menyapa para wisatwan. Disana juga terdapat banyak hotel, restoran, dan toko-toko yang menjual aneka kerajinan penduduk setempat. Penduduk di kota Chivay mempunya festival budaya yang rutin dilaksanankan salah satunya adalah festival Wititi. Daerah Colca Canyon juga terkenal dengan barang kerajinan tekstilnya seperti baju, rok, rompi, topi yang dibuat dengan rajutan bergaya unik khas penduduk setempat.
 

Colca Canyon adalah salah satu tempat terindah di Peru, kalau versi saya malah salah satu tempat terindah di dunia. Salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi kalau sedang berkunjung ke Peru.
 
 Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

No comments: