Tips & Trik Mendapatkan Foto Terbaik Saat Liburan.

Seringkali kita merasa kesal dengan hasil jepretan foto saat liburan, ibaratnya kita ingin pergi liburan ke suatu tempat karena sebuah foto yang bagus. Dan ketika pergi kesana hasil foto yang kita buat tidak memuaskan dan bahkan tidak bagus. Lalu, dimana letak kesalahannya?

hasil jepretan foto yang kurang bagus memang ada beberapa faktor kesalahan. Hal ini, bisa membuat traveler menjadi ilfil saat berlibur. Ada beberapa kesalahan Travelers atau turis yang kadang karena hal sepele, apa saja sih perbedaan professional fotografer memotret dengan kita sebagai orang awam. Nih saya kasih komparasi perbandingan bagaimana professional fotografer memotret agar hasilnya maksimal, dan buat fotografer nubie supaya bisa memotret sama bagusnya dengan fotografer professional.
1. Komposisi dan Momen terbaik.
ketika sampai disuatu tempat wisata banyak orang merasa hasil fotonya jelek, padahal view maupun tempat yang dipilih sudah bagus. Sebenarnya, kesalahan yang sering terjadi adalah soal waktu, komposisi, momen serta pemakaian kamera," ada banyak sekali faktor yang membuat hasil foto itu bagus, memang bagus bagi setiap orang berbeda. Tetapi saya bisa bilang bagus dari 10 orang yang melihat 8 atau 9 orang yang melihat akan bilang foto itu sedap dipandang. Saya akan coba jelaskan satu persatu soal waktu, komposisi, momen serta pemakaian kamera secara baik dan benar.

2. Waktu dan tempat yang tepat.

Lamanya waktu dan tempat yang tepat menentukan seorang fotografer bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, maksudnya lamanya fotografer tersebut disuatu tempat ketika fotografer tersebut datang dimusim yang bagus dan kemarau maka sudah dipastikan akan mendapatkan foto yang bagus. mendapatkan hasil foto yang terbaik adalah persoalan lamanya waktu, Bila memiliki waktu sedikit maka Anda jangan berharap mendapatkan foto yang bagus. itulah yang membedakan fotografer seperti National Geographic bisa dapat banyak momen yang tak terduga.
Kadang kita suka heran dengan Fotografer National Geographic atau bidang jurnalistik Word Press mereka bisa menghasilkan foto “Mahakarya” yang sangat menyentuh dan kita bisa memandang lama foto tersebut karena saking bagusnya. Kunci dalam membuat foto bagus adalah waktu, lamanya kita disuatu tempat mempengaruhi hasil yang kita buat. Perbedaan Travel Fotografer dengan Photographer seperti Natgeo adalah mereka bisa ditempat tersebut berbulan bulan lamannya. Semakin lama anda berada disuatu tempat, akan semakin banyak yang kita bisa dapat. Anda lihat foto-foto yang mendunia, dimana photographer membutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan satu objek yang diinginkan. Lebih lama Anda memiliki spend waktu, maka hasil foto pun akan semakin bagus pula.
3. Komposisi foto setiap orang itu berbeda.

Komposisi foto yang enak dan sedap dipandang itu harus sering dilatih, semakin sering berlatih akan terbiasa mata kita untuk mengambil komposisi yang juga pas. Bagaimana sih melatih agar komposisi didalam foto kita bisa bagus, jawabnya memang harus sering berlatih, banyak melihat foto yang bagus, dan “practice makes perfect” ketika sering berlatih dan hunting, feeling dan insting kita juga akan terlatih, sehingga bisa memberikan sentuhan karakter kita kedalam komposisi foto tersebut.
dengan melihat foto foto karya fotografer lain akan membuat kita bisa melatih komposisi, dan membuat konsep yang baik. intinya adalah banyaklah berlatih karena didalam fotografi itu guru terbaik adalah “Practice makes perfect”
4. Momen adalah segalanya.

Faktor lain dan juga sangat penting untuk mendapatkan hasil foto terbaik. adalah pada saat musim kemarau atau saat high season. Tapi, kebanyakan pada umumnya traveller lebih mencari musim yang murah dan itu ada di low season. Hasil yang didapatkan tidak maksimal.Seringsekali saya dikomplen sama teman ataupun travellers lainnya, mereka merasa tertipu ketika melihat foto saya bagus dan ketika mereka kesana ternyata tidak sesuai dengan harapan alias ternyata pas difoto engga bagus bagus amat hehe.

Sebenarnya ini ada sedikit salah pemahaman tentang bagaimana seorang travellers dan fotografer dating ke suatu tempat berbeda. Maksudnya begini, seorang fotografer itu biasanya datang ke suatu destinasi pada saat cuaca cerah, atau musim kemarau. Nah musim cerah dan kemarau itu biasanya datang ketika high season, pada saat semua tiket dll jadi mahal. Tetapi saat inilah saat yang terbaik untuk memotret karena cuaca cerah, sedangkan banyak travellers yang saya temui mereka traveling itu biasanya pada saat musim promo. Bener gak? Dan biasanya saat tiket promo itu berada di low season, cuaca kurang mendukung dll. Nah perbedaan inilah yang membuat perbedaan besar hasil memotret. Jadi, kalau mau memotret bagus datanglah pada saat musim kemarau dan kering, dimana langit biru dan cuaca juga mendukung. Dijamin memotret pakai kamera smartphone pun juga hasilnya bakal bagus.
5. Bacalah buku manual kamera yang anda punya.

Dan yang terakhir adalah soal pemakaian kamera. Faktor ini sangat menentukan hasil foto yang baik saat Anda melakukan travelling. Sekarang saya tanya, seberapa banyak sih buat anda yang membeli kamera terus membaca detail buku manualnya? Hayo jujur berapa banyak? Hehe
Anda jangan berharap mendapatkan foto yang baik ketika memakai kamera dengan tidak memahami fungsinya dengan baik dan benar, kelemahan sebagian besar orang Indonesia tuh menurut saya kurang membaca. Banyak bertanya tanpa membaca terlebih dahulu, nah ini kalau tidak memahami kamera yang kita punya. bagaimana kita bisa memotret maksimal kalau tidak membaca manual book. Banyak2lah membaca dan berlatih, dijamin engga lama bakal bisa motret foto liburan yang bagus dan gak kalah sama yang professional fotografer. Selamat liburan dan berkarya.
Text dan Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com  (www.alambudaya.com) (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com  (www.barrykusuma.com) (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma 

11 comments:

Idah Ceris said...

Asyik nih tipnyaa!
Dikira bohong ya, Om. Padahal emg krn beda moment. :D

Kalau di lokasi hny 1 jam, ya ngga brrharap banyak bisa dpt foto bagus, ya.

TripID said...

Terkadang foto sama kenyataan berbeda hee, kalo Fotografernya om berry mah memadang hasil fotonya gak bosen.

tipsnya keren jadi lebih mengerti bagaimana mendpatkan foto yang berkwalitas dan bagus.

kalya aziz said...

Kalo gak sekalian hunting bareng masih kurang maksimal kayanya brow hehe

palariani garjito said...

udah waktunya sedikit...asyiek nikmati view....blank semua deh...thanks ilmunya

Agung shortcut said...

kadang moment itu terlewatkan karna saking menikmatinya, akhirnya lupa mengabadikan.. )

Baktiar Sontani said...

Penyakit traveller itu memang kadang cuma pengen datang gak ngeliat waktu terbaiknya.. akhirnya memang berharap untung2an hasil fotonya... Tulisan yang sangat bermanfaat

wsc bioloasli said...

zaman kini saat liburan pasti ingin dijadikan moment foto2an

Lia said...

subhanallah .. betapa indahnya alam ini .. mari jaga dan lestarikan .. keren mas pict nya (y)

getssomething said...

terima kasih atas tipsnya

melatiCindy said...

subhanallah betapa indah nya alam yang telah allah buat ini .. keren banget gambar nya..

ibu nabila said...

Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.