4 Hari Mengexplore Baluran.


Biasanya orang mengunjungi Baluran cuma sehari, padahal untuk bisa menikmati satwa & keindahan Baluran tidak cukup 1 hari. Kita mengexplore TN Baluran selama 4 hari, ada banyak satwa dan tempat indah yg kita temukan.

Taman Nasional Baluran merupakan sebuah tempat wisata sekaligus sebagai taman nasional karena memiliki banyak sekali keaneragaman hayati maupun faunanya. Di tempat ini Anda bisa melihat pemAndangan yang sangat luas dengan hamparan seperti safari. Memang benar jika Baluran mirip sekali dengan Afrikan karena dari tanaman sampai binatangnya banyak yang mirip. Ada sekitar 444 spesies tumbuhan asli Indonesia, 23 jenis mamalia, dan 155 jenis dari burung. Layaknya tour ke Afrika, Anda bisa diantar oleh guide mengelilingi tempat ini dengan mobil SUV. Salah satu taman nasional terbesar di Indonesia ini memang dijaga ketat oleh pemerintah karena banyak hewan dan tanaman dilindungi tumbuh disini sehingga tidak jarang melihat ada patroli yang akan berkeliling menjaga daerah ini.

(VLOG) 4 Days Exploring Baluran. Video by Barry Kusuma


Untuk menuju ke Baluran bisa diakses dari kota lain seperti Surabaya atau lewat jalur selatan. Jika Anda memulai perjalanan dari Surabaya bisa mengambil rute melewati Probolinggo, Situbondo, lalu kemudia ke Banyuputih. Dari desa ini Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju desa Wongsorejo yang kemudian akan mengarah ke pintu masuk dari taman nasional ini. Ada juga rute yang bisa Anda tempuh jika Anda berawal dari Banyuwangi. Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju desa Batangan kemudian ke daerah Begol yang jarak tempuhnya bisa mencapai 47 KM. Untuk jalan yang menuju taman nasional ini memang sudah diperbaiki bahkan hampir sebagian besar sudah diaspal. Jalan ini yang akan memudahkan pengunjung untuk datang langsung mengunjungi satwa liar.
 

Dari jarak tempuh tersebut memang membutuhkan waktu yang lama namun itu tidak berarti karena perjalanannya yang ditempuh memiliki pemAndangan yang sangat bagus sekali. Kanan dan kiri jalan masih terbentang hutan yang luas dan beberapa kali Anda akan melihat rumah penduduk yang masih asli. Memang ketika liburan seperti ini akan lebih menyenangkan jika bisa menikmati perjalanannya. Sesampainya di tempat Anda akan diarahkan tentang tata cara masuk dan administrasinya kemudian bisa melanjutkan perjalanan yang tidak terlupakan.
 

Pemandangan memang boleh hamparan sabana yang luas namun binatang dan beberapa tanaman khas akan membuat suasana miripseperti Afrika. Anda tidak akan menemukan tempat wisata seperti ini di tempat lain karena hanya di Baluran Anda bisa menikmati liburan sepuasnya. Guide akan membimbing Anda menuju beberapa tempat yang menjadi persinggahan dari hewan tersebut sehingga bisa Anda gunakan sebagai spot foto yang tepat. Jika Anda menganggap Baluran sebagai tempat safari saja akan salah karena masih ada pantainya yang sangat menawan, bahkan masih sepi pengunjung. Anda bisa berkemah dan mendirikan tenda di sekitar daerah ini tentunya dengan pengawasan dari penjaga Taman Nasional Baluran tersebut.
 

Anda kini dapat menemukan tempat wisata yang sangat menyenangkan di ujung timur pulau Jawa. Masih banyak spot lain dari taman nasional ini yang memiliki spot tersembunyi yang belum diekspos. Anda wajib datang bersama dengan teman Anda atau mengikuti program tour guide yang diberikan oleh jasa travel. Memang seru sekali ketika datang dengan suasana safari yang indah ditambah bisa mengunjungi pantai yang masih alami. Jika Anda ingin menginap sebaiknya menelpon dahulu pada pihak pengelola Baluran perihal perijinannya karena memerlukan beberapa dokumen yang harus disiapkan.
 
 (VLOG) 4 Days Exploring Baluran. Video by Barry Kusuma
 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)

3 comments:

penghilang flek hitam membandel paling ampuha said...

serasa di afrika

Giant alif said...

I love your blog why don't you come to our blog!!!!

obat jerawat ampuh untuk pria said...

sangat indah diluar sensasi indonesia