Batanta pulau yang masih alami di Raja Ampat Papua.


Pulau Batanta Raja Ampat punya banyak destinasi alam yang sangat indah dan masih alami. Pulau Batanta ini merupakan salah satu yang paling terkenal dari banyak pulau didaerah Raja Ampat. Di pulau ini, anda akan menemukan banyak sekali keseruan yang berbeda.

Pulau ini sendiri adalah salah satu pulau di Kepulauan Raja Ampat yang paling besar, bersanding di antara Pulau Salawati, Pulau Misool, Waigeo. Kecantikan alam di sini pun juga mempunya keunikan serta keistimewaan yang berbeda-beda.


Disini anda bisa menikmati keindahan alam yang sifatnya unik di Raja Ampat ini dengan mengunjungi wisata air terjun Batanta. Selain wisata bahari, di pulau tersebut juga terdapat wisata alam lain yang tidak kalah eksotis untuk refreshing. Air terjun dengan ketinggian 10 meter itu berada di pedalaman hutan bakau di Pulau Batanta dan bisa ditempuh menggunakan speedboat.

Hal unik lain yang ada di air terjun ini adalah bahwa ada goa kecil yang berada di belakang air terjun ini. Goa tersebut bisa dimasuki oleh maksimal 5 orang. Anda bisa merasakan kesegaran dengan berenang disana. Bahkan anda bisa menikmati keseruan sejak dalam perjalanannya.


(VLOG) Raja Ampat: The Nature Paradise in Papua
Video by Barry Kusuma


Pulau Batanta juga menjadi salah satu saksi bisu dari terjadinya Perang Dunia II yang mana Indonesia turut terlibat di dalamnya, selain Pulau Salawati. Di bawah laut, anda bisa menemukan bangkai pesawat bekas Perang Dunia II yang masih berada di sana.

Lokasi tersebut menjadi favorit bagi para penyelam. Karena selain disebabkan oleh bangkai pesawat yang bersejarah, banyak juga ikan yang berkeliaran dan berwarna warni. Pantas saja jika sebuah studi mengungkapkan bahwa 75% dari biota laut.





Ketika mengunjungi Pulau Batanta Raja Ampat ini, anda tidak perlu khawatir jika anda kemalaman. Karena, di pulau ini terdapat desa wisata yang mana penduduknya juga turut menyewakan homestay untuk para pengunjung.

Masyarakat Marandanweser serta Waiweser sudah sangat terbiasa dengan kedatangan para pelancong dan juga mereka pun selalu menyewakan rumah mereka untuk para pengunjung. Selain itu juga penduduk desa tersebut juga menawarkan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang, dimana seringnya mereka menawarkan kain tenun sebagai cinderamata.



Papua merupakan rumah asli untuk burung cendrawasih, yang menjadi ikon dari Indonesia Timur. Dan anda bisa menyaksikan burung endemic tersebut secara liar dan langsung di pulau ini. Jika anda datang kesini, sebaiknya anda didampingi oleh tour guide supaya anda bisa tahu dimana dan bagaimana cara memanggil burung yang memiliki bulu yang indah tersebut.

Namun, harus diingat bahwa jangan pernah merusak tanaman satu pun di pulau ini. Kerusakan tanaman di pulau ini sedikit banyak akan mempengaruhi ekosistem dari burung cendrawasih. Sehingga, anda perlu benar-benar menjaga kelestarian burung serta tanaman di Pulau Batanta ini.

A post shared by Barry Kusuma (@barrykusuma) on


Itu dia beberapa alasan mengapa anda benar-benar tidak boleh melewatkan Pulau Batanta Raja Ampat jika sedang berkunjung ke kepulauan Raja Ampat, yang menjadi salah satu pulau terbaik di kawasan tersebut. Perlu diingat bahwa selain menikmatinya, anda juga perlu menjaga kelangsungan hidup ekosistem disana supaya kondisi lingkungannya tetap terjaga.

 

(VLOG) Raja Ampat: The Nature Paradise in Papua
Video by Barry Kusuma 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)

5 comments:

liyoskin said...

mantaps indonesia perlu di explore keindahan alamnya melalui photo seperti inilah akan nampak bahwa kita punya set berharga..

krim penghilang flek said...

sangat indah dan pantas sebagai surga dunia

krim pencerah wajah terpopuler said...

its really good article :)

Elgga said...

Nanya dong kak kalau mau jalan-jalan ke Raja Ampat minimal harus siapkan budget berapa ya?

Terimakasih.

krim penghilang flek hitam tebal said...

subhanalloh sangat indah sekalih gan