Sosial Media yg banyak digunakan oleh Blogger & Fotografer.


Seseorang yang rajin memotret dan sering menshare maka hidupnya akan abadi, karena ia senantiasa hidup berkat karya karyanya.

Artikel oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).

Saya teringat pada saat SMA dulu seseorang jika ingin memamerkan hasil karya fotonya melalui buku, majalah atau pameran di gallery. namun sangat berbeda sekarang ketika seorang traveler atau fotografer ingin menshare karyanya melalui sosial media yang saat ini banyak digunakan, fenomena sosial media saat ini memang sangat menarik. karena dari sosial media inilah banyak lahir profesi profesi yang dahulu tidak pernah kita temukan saat ini ada, misalnya instagramer yang punya ratusan ribu follower sehingga banyak brand yang mensponsori fotografer tersebut. ada juga travel blogger yang kerjanya jalan jalan dan mereview destinasi yang menarik dan disponsori oleh banyak hotel maupun maskapai penerbangan.

Dengan maraknya internet dan teknologi yang berkembang saat ini membuat saya bersyukur, karena dengan mudahnya sekarang kita berkarya dan mendistribusikan karya kita tersebut ke banyak orang dalam hitungan menit atau bahkan detik. konon media cetak sekarang banyak yang gulung tikar karena faktor internet dan sosial media, berita mereka kalah cepat dengan berita yang beredar disosial media. walaupun saya percaya media cetak akan tetap bertahan, tetapi akan mengecil orang yang membaca koran. 

saat ini ada banyak aplikasi dan sosial media yang menjadi senjata utama para fotografer dan Travel blogger untuk menunjukkan foto mereka. beberapa aplikasi dan sosial media yang sering dipakai itu adalah :

1. Instagram

Instagram saat ini adalah sosial media paling ngehits, terutama untuk foto dan video. saya ingat dahulu orang sering update status yang panjang di facebook, akhirnya bosan bacanya kepanjangan akhirnya orang beralih ke twitter yang hanya 150 kata saja. dan saat ini ternyata orang juga sudah mulai malas membaca, sehingga beralih ke instagram yang menampilkan foto dan video. Instagram merupakan sosial media yang paling efektif untuk memperkenalkan karya foto agar lebih banyak dikenal orang, saat ini banyak profesi instagramer profesional yang mendapatkan penghasilannya menjadi instagramer. bagaimana engga enak, motret motret dapet duit ibarat hobi yang menghasilkan.


Favorite saya adalah Instagram, karena biasanya Fotografer atau blogger mengupload foto terbaiknya disini. ketika saya traveling karya foto dan video yang saya tampilkan disini adalah yang terbagus dan saat traveling saya suka #LIVE update post diinstagram pada saat di destinasi tersebut, banyak manfaatnya ternyata posting di Instagram secara live. karena dengan tiba tiba kita bisa mendapat teman dilokasi atau mendapat informasi yang update ditempat tersebut. buat yang ingin menengok instagram saya, silahkan diklik link dibawah ini.

Inspiring Photos & Video through the Lens 

2. Flickr
 
Flickr adalah sosial media yang sudah lebih dahulu dari Instagram, memang tidak sepopuler instagram. tetapi Flickr merupakan gallery foto yang juga sosial media. asiknya punya flickr adalah storage yang sangat banyak. sehingga kita bisa menampilkan karya kita sebanyak banyaknya, baik foto yang berukuran kecil maupun high ress. tapi saya tidak menyarankan ya untuk menaruh high ress foto di flickr, karena bisa mudah didownload orang. flickr yang punya yahoo ini juga tampilannya asik dan full gallery.
 

3. Google Plus



Siapa yang tidak kenal dengan google, bisa dikatakan google merambah semua bidang di digital. tidak terkecuali sosial media, Google Plus merupakan sosial media kepunyaan google. konsep dari googleplus ini ditengah tengah facebook dan instagram, tetapi kalo saya perhatikan googleplus sepertinya saingannya instagram, karena memudahkan untuk mensharing foto dan info info yang menarik. kenapa googleplus banyak digunakan oleh influence sosial media dan blogger, karena googleplus punya keunikan diantara sosial media lainnya. seperti kalau kita mempost blog atau foto di googleplus, maka jika kita googling ada kemungkinan besar foto dan artikel kita tersebut akan muncul dihalaman pertama google. apalagi kalau blog tersebut sering dibaca, jadi kalau mau cepat foto dan blog kita terindeks di google cobalah posting di googleplus.


4. Pinterest


 
sosial media pinterest ini bisa terbilang sosial baru, yang kalau saya perhatikan lebih cenderung ke foto. Pinterest adalah website sosial media yang mempunyai konsep unik dengan sharing media foto atau gambar berupa Pinboard. Keunikan Pinterest terletak dari visual dari pin gambar yang menarik perhatian orang untuk melihat pin tersebut. Kita harus membuat Pinboard terlebih dahulu tentang kategori/tema pin apa yang akan Pinning di Pinterest. Pin bisa di Upload atau bisa dari link blog atau website kita, tergantung mau gambar mana yang akan kita tambahkan, dan Pinterest akan membagikan dan menampilkan kepada pinnersyang lain sesuidengan kesamaan Pinboard.


Keempat Sosial Media yang khusus foto ini adalah sosial media yang banyak digunakan oleh, Fotografer, blogger dan traveler untuk meningkatkan traffic karya foto atau tulisannya. jadi seorang blogger ataupun fotografer itu tidak hanya mengandalkan blog atau gallerynya saja, tetapi juga memanfaatkan sosial media yang mereka punya untuk meningkatkan traffic. sehingga ada banyak penghasilan yang bisa didapatkan tidak hanya lewat foto ataupun tulisan.
 
karena sebuah karya foto akan lengkap jika foto itu bisa bermanfaat bagi banyak orang. 
 
Artikel oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

4 comments:

Evi said...

Aku follower mu, Mas Barry. Baik di Instagram, Twitter maupun blog ini. Banyak belajar darimu sekalipun aku masih saja dodol motret dan bikin video. Tapi dirimu tetap jadi inspirasiku saat ngambil foto dalam perjalanan. Aku akan mikir gini, "kalau Barry K yg akan ngembil objek ini, kita-kira sudut mana dan komposisis apa yg akan dia gunakan?" Tapi ya gitu deh, hasilnya tetap aja alai-alai...

Ndro Morrow said...

ah om barry memang penyemangat :)

maya nur farida said...

Om, mohon ijin buat share yaa. Makasih.

maya nur farida said...

Om, mohon ijin buat share yaa. Makasih.