Bangka island The Beach Heart of Sumatera.

Harus dicatat! Bangka tak hanya timah. Salah satu propinsi muda di gugus Sumatera ini juga disesaki dengan pesona wisata yang sanggup membuat mata tak berkedip. Pantai dengan karang dan pasir nan putih, Pantai yang sangat indah adalah pemandangan biasa di Pulau Bangka

Salah satu yang terkenal adalah Pantai Berdaun - beberapa orang melafalkannya dengan Pantai Bedaun. Pantai ini memiliki ciri khas butiran pasir putih dengan Pohon Cemara Angin di sekitarnya. Pantai ini disebut Pantai Berdaun karena di tengah pantai, ada seonggok batu besar yang ditumbuhi beberapa pohon berdaun. Pantai Berdaun terletak 135 km arah selatan Pangkalpinang.

Terlalu jauh dari Pangkalpinang? Yang lebih dekat, ada Pantai Penyusuk. Jaraknya sekitar 30 km ke utara dari Pangkalpinang. Pantai Penyusuk memiliki garis pantai yang panjang, sampai 3 km. Pasirnya putih dan luas dengan diselingi nyiur. Begitu indahnya, hingga penduduk setempat kerap menyebutnya sebagai pantai Surga.

Pantai memang objek wisata yang mendominasi di Bangka dan Belitung. Sedikitnya ada dua lusin pantai yang kerap dikunjungi publik setempat. Meski demikian, jika Anda peminat sejarah, Bangka juga menyajikan sejumlah tempat menarik. Sebagai daerah yang sejak jaman Belanda, sohor akan Timah, di Pangkalpinang ada Museum Timah. Ada juga komplek pemakaman Belanda.


Sedikit ke luar kota, 50 km dari Pangkalinang, di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat,ada Lingga dan Batu Yoni yang kerap disebut sebagai Situs Kota Kapur. Ke utara Bangka, yang cukup menantang dan eksotik adalah Mercusuar Tanjung Kelian. Mercusuar ini dibangun tahun 1862. Dari puncaknya terlihat seluruh kawasan Pantai Muntok.

Masih di seputaran Muntok, jangan lupakan, bapak proklamator Indonesia pun pernah menetap dalam pengasingannya di Muntok. Saat agresi Belanda II 1948, beliau diasingkan di Wisma Menumbing, Muntok. Mobil yang pernah dipakai oleh Soekarno pun sampai saat ini masih bisa disaksikan disana.


Untuk menuju Ke Pulau Bangka tidaklah sulit dan Pulau Bangka termasuk mudah bagi Travelers pemula atau Turis yang ingin menikmati keindahan pulau Bangka, disini banyak penerbangan dari Jakarta yang menuju ke Pangkal Pinang. Harga tiketnya pun low season Rp 400.000 dan high season bisa mencapai Rp 1.000.000 lebih. Hindari berpergian pada saat tahun baru china. Karena memang sebagian besar penduduk Pulau Bangka adalah etnis China, dan mereka biasanya pulang kampung pada perayaan perayaan besar China.

Untuk pilihan akomodasi hotelnya pun juga beragam, ada Parai Resort untuk pasangan yang ingin menikmati bulan madu. Atau dengan budget terbatas banyak penginapan dan hotel murah yang letaknya dipusat kota PangkalPinang. Untuk transportasi umum disini masih terbilang susah, sangat disarankan untuk menyewa motor atau mobil jika belum pernah kesini. Karena Pulau Bangka cuacanya sangat panas dan jarak perjalanannya juga cukup jauh, sehingga disarankan untuk menyewa mobil disini.

Photography and Text by Barry Kusuma

No comments: