Merauke Papua adalah destinasi Impian

Photography and Text by Barry Kusuma.

Bulan Juli adalah bulan spesial bagi saya, karena di bulan Juli saya akhirnya Traveling ke Destinasi impian yang sudah lama saya ingin kesana. yaitu Destinasi Merauke Papua, semenjak saya menginjakkan kaki di Sabang 8 tahun silam sejak itu saya berjanji suatu saat saya harus ke Merauke yang merupakan ujung timur Indonesia. banyak teman Travelers & Fotografer yang menanyakan kenapa saya harus pergi ke Merauke dan tidak destinasi lain, awalnya saya ingin ke Merauke tujuan utamanya adalah untuk membuat Buku kedua saya yang isinya keindahan alam dan budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke, sebelum saya pergi ke Merauke saya mempersiapkan perlengkapan kamera. selain DSLR yang selalu saya bawa, pada trip kali ini sebenarnya saya ingin membawa Samsung NX2000 yang baru saja saya dapatkan, kamera Mirrorless yang ingin saya uji baik kualitas dan ketahanan memotret selama di Merauke Papua. selain ringan sebenarnya saya ingin membawa Mirrorless dikarenakan banyak gosip di Papua jika kita memotret harus membayar, makanya saya agak takut membawa kamera DSLR yang besar dan mencolok perhatian banyak orang disana.
.
Sungai Maro di Merauke disaat Senja - Photo taken with Samsung NX2000 -
karena faktor keamanan itulah saya membawa Kamera Mirrorless Samsung NX2000 agar Traveling saya selama di Merauke merasa nyaman walaupun tetap saya membawa DSLR untuk berjaga jaga. perjalanan dari Jakarta menuju Merauke memakan waktu hampir 9 jam, karena berangkat dari Jakarta jam 1 malam transit Makassar terlebih dahulu dan dilanjutkan ke Merauke Papua. total perjalanan kurang lebih adalah 8 jam, setiba dibandara dan dijemput oleh teman saya Om Ius saya berkeliling kota Merauke. ternyata Merauke sangat berbeda dari kota kota di daerah Papua lainnya. disini banyak pendatang dan penduduk lokalnya pun sangat ramah, ketika saya mendatangi pasar pasar tradisional saya sangat nyaman memotret dengan kamera Mirrorless Samsung NX2000 karena bentuknya kecil dan membuat penduduk lokal tidak menyadari kehadiran saya untuk memotret.

video
Unboxing Samsung NX2000 Camera, Ready to Travel? lets Go!!!

dalam setiap Traveling yang saya lakukan adalah selalu live tweet di twitter saya @barrykusuma dan selalu menshare foto foto traveling secara cepat, untungnya dengan fitur autoshare di Samsung NX2000 membuat foto2 dengan mudahnya ditransfer melalui koneksi wifi ke smartphone Android saya. dan saat itu juga saya bisa langsung mengedit dengan instagram dan langsung dishare sekaligus ke Facebook dan twitter. walaupun gadget yang saya bawa cukup canggih, ternyata di Merauke signal HP sangat2 lelet hehe.. dan harus sabar agar data foto bisa terkirim ke sosial media. ketika waktu sudah sore ternyata di Merauke dikenal dengan sebutan Kota Rusa, ya karena disini sangat banyak rusa dan dagingnya pun jauh lebih murah daripada daging sapi. sehingga sore menjelang malam saya mencoba Sate Rusa yang banyak dijual di kota Merauke ini.

Foto Sate Rusa yang banyak dijual di Merauke - Photo Taken with Samsung NX2000 -
keesokan harinya saya memang sudah merencakanan untuk pergi ke Taman Nasional Wasur, Taman Nasional ini merupakan habitat dari Kangguru kecil, rusa dan perbatasan Sota yang merupakan perbatasan langsung Papua Nugini dengan Republik Indonesia. untuk mencapai Taman Nasional dan perbatasan ini memakan waktu 1.5 sd 2 jam dari Kota Merauke.

untuk objek wisata apa saja sih yang ada di Merauke Papua ini :

Perbatasan Sota di Taman Nasional Wasur :
Di Perbatasan Sota Papua Nugini - Republik Indonesia - Photo Taken with Samsung NX2000 -
Sota merupakan sebuah destinasi yang terletak sekitar 80 km dari Merauke. daerah ini walaupun rapih tetapi masih sangat sederhana dan tempat ini memiliki makna tersendiri bagi bangsa Indonesia karena menjadi daratan terakhir Indonesia di bagian timur, yang berbatasan langsung dengan Papua New Guinea. ketika saya menginjakkan kaki di Merauke Perbatasan Sota inilah tujuan utama saya datang kesini, karena memang bagian Indonesia paling ujung. Selain tugu perbatasan, di area ini juga terdapat taman yang dilengkapi dengan beberapa pondok bergaya Honai (rumah adat Papua yang berbentuk kubah dan beratap jerami). Di salah satu sudut taman, pengunjung juga bisa menemukan sebuah bangunan unik, yakni Musamus. Layaknya sebuah tugu, bangunan setinggi sekitar dua meter dan berwarna cokelat ini adalah sarang semut. Selain di area perbatasan tersebut, Musamus juga banyak dijumpai di beberapa spot di Taman Nasional Wasur dengan ukuran yang beragam, dari mulai beberapa centimeter hingga 3 meter.

Musamus Rumah Semut di TN Wasur Papua - Photo Taken with Samsung NX2000 -
sepanjang perjalanan melalui Taman Nasional Wasur dikanan kiri kita bisa melihat banyak padang savana dan danau yang ditumbuhi oleh teratai liar, dan setelah semakin mendekati taman nasional dikanan kiri kita bisa melihat Musamus yaitu Rumah Semut yang sangat banyak yang tingginya bisa mencapai 3 sd 4 meter. ketika melihat dari dekat kita akan berdecak kagum karena Semut yang membangun bangunan sebesar ini. ada ungkapan peribahasa daerah untuk Musamus atau rumah semut ini "jangan melihat badan saya yang kecil, tetapi lihatlah hasil karya kita yang begitu megah"

Pantai Payum :

Merauke Punya beberapa pantai yang sangat indah, diantara beberapa Pantai di kota Merauke salah satu pantai favorite saya adalah Pantai Payum. pantai ini mempunyai garis pantai yang sangat panjang dan selain itu memiliki pasir pantai yang berwarna kecokelatan, suasana di Pantai ini sangat alami dan tidak banyak aktivitas penduduk, dipinggir pantai kita bisa melihat banyak tanaman kelapa yang dijadikan minuman tradisional disini. disini kita juga bisa melihat samudra luas dan spot untuk melihat matahari terbenam menjelang matahari terbenam.

Foto Pantai Payum di Merauke Papua - Photo Taken with Samsung NX2000 -
Untuk mengunjungi pantai ini pun lokasinya yang dekat dari pusat kota Merauke. Bila sarana transportasi umum jadi pilihan, maka wisatawan dapat menggunakan jasa angkutan kota berwana hijau dengan waktu perjalanan yang singkat. walaupun masih kurangnya infrastruktur di Pantai Payum ini, tetapi pantai ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi travelers yang pergi ke Merauke. Namun demikian, dengan bermodal potensi yang dimilikinya serta penataan yang lebih baik, pantai ini dapat menjadi pilihan utama para wisatawan.

Pantai Lampu Satu di Merauke Papua - Photo Taken with Samsung NX2000 -
tidak terasa 4 hari kami sudah mengelilingi objek wisata di Merauke, satu pengalaman yang saya temukan disini yaitu keramah tamahan masyarakat lokal dan Merauke ternyata adalah destinasi di Papua yang biaya hidupnya termasuk paling rendah jika dibandingkan daerah lain di Papua. disini saya juga mencoba kamera baru Samsung NX2000 dan pengalaman yang berbeda ketika mencoba kamera mirrorless baru ini. karena saya dengan mudahnya masuk ke pasar dan tempat kerajinan tanpa orang takut dengan kamera kamera besar seperti DSLR. sehingga membuat orang yang saya foto juga tampak natural. 

Kerajinan Tradisional dari Kulit Buaya di Merauke Papua - Photo Taken with Samsung NX2000 -

sesudah saya menginjakkan di Merauke Papua apakah lantas saya selesai Traveling keliling Indonesia, jawabnya tidak.. karena begitu banyak tempat dan destinasi di Indonesia yang harus saya explore. saat ini banyak destinasi baru yang bermunculan dan tidak sabar saya ingin menshare keindahan Indonesia di http://www.shootwowsharenow.com/ agar setiap orang Indonesia tahu kalau alam dan budaya Indonesia itu begitu indahnya dan membuat kita bangga menjadi orang Indonesia.

Nasi Kuning yang terkenal di Jalan Mandala Merauke, Nasi kuning terenak di Indonesia - Photo Taken by NX2000 -

Photography and Text by Barry Kusuma.

9 comments:

Anonymous said...

wah...... senang skli sy mmbaca blog ini, krena dpt membantu sy dlm mngerjakan tgs kmpus... walaupun sy sndiri orang merauke, sulit skli untuk mnjlskan pariwisata yg ada di sana. tp sy sdh terbantu dgn informasi yg dipostingkan...
kira2 buku apa sja yang gan sdh trbitkan tntg tempat wisata di indonesia, terutama yang berisi tentang papua?

wakidry said...

keindahan Merauke Papua memang keren-keren, terima kaish sudah share foto-foto panorama alam indonesia :D

nokiaman said...

pemandangannya keren2...tpi yg pingin kesana karena tertarik dengan nasi kuningnya.. hehe

Bunga Kpr said...

wah...... senang skli sy mmbaca blog ini, krena dpt membantu sy dlm mngerjakan tgs kmpus... walaupun sy sndiri orang merauke, sulit skli untuk mnjlskan pariwisata yg ada di sana. tp sy sdh terbantu dgn informasi yg dipostingkan...
kira2 buku apa sja yang gan sdh trbitkan tntg tempat wisata di indonesia, terutama yang berisi tentang papua?

perkembangan janin said...

keindahan Merauke Papua memang keren-keren, terima kaish sudah share foto-foto panorama alam indonesia :D

Adu gadget said...

Merauke Papua adalah destinasi Impian

memang tidak bisa dipungkiri bahwa Merauke adalah salah satu wisata eksotis paling indah di Indonesia. paket honeymoon bali

lamtana florist said...

Mohon infonya Bang...
Di tahun 2016 bln april atau september saya akan membawa sahabat dari Perancis, rencana keliling Sabang sampe Merauke.
Apakah ada buku panduan yg lengkap, dan dimana bisa mendapatkannya.
Saya akan membuktikan bahwa Indonesia adalah surganya dunia.
Ramah tamah, indah, elok, asri dan sangat berkesan buat orang2 eropa
Terimakasih
arief sunarya

kevin tjipta said...

selamat malam :)
kalau boleh dapat berkunjung ke web kami, web kami memberi informasi seputar pariwisata Indonesia..

burungbeta.weebly.com

rendi rian said...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai wisata alam yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar wisata alam