Mengenal lebih dekat Suku Dayak di Borneo.


Tari Hudoq salah satu tarian mistis Suku Dayak
Dayak adalah nama penduduk asli Pulau Borneo yang saat ini masih banyak tinggal di Pedalaman Kalimantan, Suku Dayak di Indonesia masih banyak tersebar di Kalimantan Timur, Barat, Tengah dan Selatan. Suku asli Dayak mempunyai budaya maritim atau bahari karena nama mereka banyak mempunyai arti dan berhubungan dengan sungai (karena banyaknya sungai yang terdapat di Pedalaman Kalimantan).
Tarian Beluluh salah satu Tari Sakral Suku Dayak.
Arti dari kata ‘Dayak’ itu sendiri masih bisa diperdebatkan. ‘Dayak’ berarti manusia, sementara banyak lainnya menyatakan bahwa kata itu berarti pedalaman. bahwa orang-orang Iban menggunakan istilah Dayak dengan arti manusia, sementara orang-orang Tunjung dan Benuaq mengartikannya sebagai hulu sungai.

Potret salah satu sesepuh Suku Dayak Kenyah.

Ada banyak suku Dayak di Kalimantan, Ada yang membagi orang Dayak dalam enam rumpun yakni rumpun Klemantan alias Kalimantan, rumpun Iban, rumpun Apokayan yaitu Dayak Kayan, Kenyah dan Bahau, rumpun Murut, rumpun Ot Danum-Ngaju dan rumpun Punan. Suku terbanyak adalah suku Dayak Kenyah yang memiliki aksesosris sebagai perhiasan tubuh mereka. Umumnya suku Dayak memiliki perhiasan berupa manik-manik yang terbuat dari batu alam.
Rakit salah satu alat Transportasi sungai Suku Dayak di Loksado Borneo.
Dahulu batu-batu ini dibentuk dengan tangan dan tanpa bantuan mesin, sehingga warnanya kusam jika dibandingkan denganmanik-manik modern buatan pabrik. Selain itu, ada juga perbedaan berat di bebatuan dan manik - manik tersebut, jika ingin membuktikan bahwa manik-manik tersebut asli dari Suku Dayak atau bukan, maka haruslah dilakukan tes dengan cara membakarnya.

Umumnya,masyarakat Dayak khususnya Pria Dayak tidak mengenal aksesories batu lain selain perhiasan manik-manik. Aksesoris yang umumnya digunakan adalah yang berasal dari hewan perburuan mereka, seperti taring dan gigi beruang, taring babi. Jika di Papua taring babi dijadikan perhiasan yang ditusukkan di hidung, pada Suku Dayak, taring tersebut dijadikan “buah” kalung mereka.

Pernak pernik dan manik yang dipakai Wanita Suku Dayak.
Selain itu ciri khas Suku Dayak lain yang unik adalah Tatto, tato bagi masyarakat dayak memiliki makna yang sangat mendalam. Tato bagi masyarakat etnis dayak merupakan bagian dari tradisi, religi, status sosial seorang dalam masyarakat, serta bisa pula sebagai bentuk penghargaan suku terhadap kemampuan seseorang. Karena itu, tato tidak bisa dibuat sembarangan.

Salah Satu Ritual bersih tanah yang dilakukan Suku Dayak Kenyah.

Karena itu, semakin banyak tato, "obor" akan semakin terang dan jalan menuju alam keabadian semakin lapang. Meski demikian, tetap saja pembuatan tato tidak bisa dibuat sebanyak - banyaknya secara sembarangan, karena harus mematuhi aturan - aturan adat. Baik tato pada lelaki atau perempuan, secara tradisional dibuat menggunakan duri buah jeruk yang panjang. Seiring dengan perkembangan jaman kemudian menggunakan beberapa buah jarum sekaligus. Yang tidak berubah adalah bahan pembuatan tato yang biasanya menggunakan jelaga dari periuk yang berwarna hitam.
Tatto dan asesoris Suku Dayak.
Untuk melihat Suku Dayak kita bisa melihat mudah di Desa Budaya Pampang di Samarinda dan Festival Budaya Capgomeh di Singkawang, jika anda ingin melihat langsung Suku Dayak bisa memakan waktu perjalanan 2-3 hari menyusuri Sungai Kalimantan. saat ini sudah banyak Suku Dayak yang berbaur dengan masyarakat, semoga tetap terjaga Budaya Asli mereka tanpa lekang dimakan jaman.

Tari Enggang salah satu Tarian populer Suku Dayak.

7 comments:

alat bantu seks pria said...

wah keren banget suku dayak nya :D

Anonymous said...

Fotonya bagus tapi sayangnya tulisannya kurang mendalam, ada beberapa yang kurang tepat, seperti Kenyah, Iban dll, biasa disebut sub suku atau sub etnik, bukan suku, atau kalau mau disebut namanya dari suku Dayak, biasanya di sebut Suku Dayak Kenyah. Keterangan pada foto juga kurang informatif, karena pakaian, asesoris atau motif sub suku dayak berbeda-beda. Seperti pakaian Dayak Kenyah lebih banyak memakai manik, sementara pada Dayak Ngaju, lebih banyak pakai kulit kayu, Dayak Iban percampuran manik dan batu, juga ada yang memakai tenun. Terima kasih.

Norma Yunita said...

Fotonya sangat menarik,tulisanx cukup informatif,mengingat kalo mau jelasin semua asal-usul Suku dayak beserta Sub suku-nya bakal ga cukup 1 halaman Blog,terbitin aja dalam buku.sip!lanjutkan...kalo bisa menampilkan jadwal festival budaya dan lokasinya

Liong_the_dare_dragon said...

Saran nih. Sebaiknya Anda dapat bekerjasama dengan Institut Dayakologi atau bisa menghubungi MADN ( Majalis Adat Dayak Nasional) untuk memperdalam tulisan Anda. Suku Dayak adalah suku yang sangat besar sehingga banyak terdapat sub-sukunya, dan tersebar bukan hanya di Indonesia saja. Tapi, malaysia dan Brunei Darussalam pun ada.

Yefta Trielia said...

Saya dayak maanyan dari kalimantan tengah :) dari masing2 propinsi kan banyak sukunya. Ayoo berkunjung ..

Berjelajah said...

Berikut komentar saya :
Tutorial hijab Terbaru
http://bagopa.com/berani-coba-tutorial-hijab-2-warna-ini
http://bagopa.com/ladies-ini-inovasi-terkini-tutorial-hijab-modern
http://bagopa.com/eksotisnya-tutorial-hijab-pashmina-ini
http://bagopa.com/kumpulan-gambar-tutorial-hijab-segi-empat-terbaru
http://bagopa.com/siap-cantik-dengan-tutorial-hijab-kantor
http://bagopa.com/tutorial-hijab-simpel
http://bagopa.com/tutorial-hijab-pesta
http://bagopa.com/tutorial-hijab-dian-pelangi
http://bagopa.com/tutorial-hijab-sederhana
http://bagopa.com/tampil-luar-biasa-dengan-tutorial-hijab-zaskia-mecca
http://bagopa.com/ini-dia-6-pilihan-fashion-untuk-si-tomboy
http://bagopa.com/5-tips-memilih-baju-wanita-gemuk-agar-terlihat-langsing
http://bagopa.com/tampil-maskulin-dengan-model-rambut-undercut
http://bagopa.com/model-rambut-dengan-pomade-bikin-kamu-makin-kece
http://bagopa.com/sssst-ini-cara-pilih-model-busana-muslim-ibu-hamil
http://bagopa.com/model-rambut-wanita-terbaru
http://bagopa.com/model-rambut-pria-terbaru-2015

ibu nabila said...

Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.