Travel Photography Equipment, What to pack?

Fotografer yang mengabadikan Sunset di Tanah Lot Bali.

10 tahun lalu Travel Photography merupakan kegiatan dan hobi yang cukup mewah, karena yang bisa hunting dan memotret Travel mungkin hanya milik segelintir orang. biaya akomodasi untuk Traveling yang cukup mahal, akses yang terbatas dan peralatan Fotografi yang cukup mahal membuat Travel Photography tidak bisa dinikmati banyak orang.

saya teringat dahulu begitu repotnya untuk mempersiapkan peralatan untuk hunting Foto, satu tas kamera besar penuh dengan kamera, lensa dan perlengkapan foto lainnya. sebenarnya Perlengkapan apa saja sih yang harus disiapkan untuk Travel Photography? berikut saya jabarkan perlengkapan yang harus dibawa untuk menghasilkan foto travel terbaik :

1. dua Camera body, 1 kamera dipasang untuk lensa lebar dan 1 body kamera lainnya untuk dipasang lensa tele. dua kamera dibutuhkan agar kita tidak perlu berganti ganti lensa pada saat di lokasi agar sensor tidak kotor, selain itu 2 kamera juga berfungsi untuk backup kalau terjadi sesuatu. (misal kamera rusak masih ada backup).
2. satu buah lensa range 24-70mm untuk Full-frame Camera.
3. satu buah Lensa range 17-50mm for non full-frame camera.
4. satu buah lensa lebar range 11-16mm untuk foto Landscape.
5. satu buah lensa Tele Photo Range 70-200mm / 80-400mm.
6. membawa Tripod agar tidak noise dan memotret senja.
7. membawa External flash untuk fill in object.
8. 3 spare Battery untuk cadangan Kamera.
9. 4 Spare Memory card 8GB – 16GB.
10. membawa Macbook atau laptop untuk mengirim data / sharing foto foto di sosial media.
selain untuk mengirim data, macbook dan laptop dibutuhkan untuk membackup foto di kamera.
 
Perlengkapan kamera standar untuk Travel Foto, udah kebayang ribet dan beratnya hehe..
 
persiapan diatas adalah perlengkapan standar untuk Travel Fotografi, memang untuk mendapatkan kualitas terbaik untuk sebuah Travel Foto adalah kamera yang bagus dan tentu barang bawaan yang kita harus bawa sangat berat, belum lensanya yang juga lumayan berat, aksesoris seperti Tripod untuk memotret senja dan meminimalkan noise. dan yang terakhir adalah Macbook yang harus kita bawa kemana mana untuk transfer data dari kamera ke macbook. ritual ini harus kita lakukan karena seringkali Fotografer Travel dan Travel Blogger harus cepat mengirimkan Foto2nya untuk kebutuhan majalah, blog dan sosial media.

oleh karena ribetnya perlengkapan dan peralatan foto yang harus disiapkan membuat Travel Fotografi tidak semua orang bisa menikmatinya, Turis atau Travelers yang memang ingin menikmati liburan tentunya tidak ingin direpotkan dengan membawa bawa perlengkapan foto yang berat dan mahal. terutama saat ini dengan pesatnya perkembangan media sosial dan blog kita membutuhkan transfer data dari foto foto dengan kamera kualitas terbaik pada saat liburan bisa cepat dikirim dan dishare di media sosial.

karena cepatnya perkembangan media sosial dan blog, sudah saatnya kita membutuhkan transfer data foto yang cepat. dari kamera yang bagus akan didapatkan hasil terbaik. dengan cepatnya kita mengirimkan foto di media sosial akan membantu pembaca dan teman mendapatkan informasi yang bermanfaat.

No comments: