West Sumatera Weekend Getaway


Jam Gadang sebagai Landmark Kota BukitTinggi

Sumatra Barat layak masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Di negeri yang banyak menelurkan pahlawan intelektual ini, berjejer panoraman alam yang indah, lekuk liku kontur bumi yang menakjubkan dan juga danau nan permai. Pariwisata Sumatra Barat memang sangat luas karena memiliki wisata bukit, kuliner, dan budaya. Jika ingin berliburan selama weekend pun juga bisa dilakukan.

Air Terjun di Lembah Arau Payakumbuh

Sumatra Barat banyak dikunjungi turis domestik dan Melayu. Wisatawan ramai memenuhi daerah ini saat menjelang Idul Fitri sebab mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Masakan dari daerah ini populer di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Meski di daerah lainnya di Indonesia ada banyak warung atau restoran Padang, tetapi rasa masakan di daerah asalnya ini lebih berbumbu. Harganya juga sedikit lebih mahal dari daerah-daerah lain, misalnya Jakarta.

Kuliner Khas Minang Bukittinggi

Sate Padang yang tersohor
Menu Padang yang terkenal adalah gulai, rendang, ayam pop, terung balado, gulai itik cabai hijau, nasi kapau, sate Padang, dan karupuak sanjai. (apakah ada warung makan yang harus dicicip di sini?) Pusat Kuliner di Kota Padang adalah Simpang Kinol, yang berarti perempatan jalan ditengah kota. Disini sebagian besar Kuliner Padang yang enak ada disini, dari sate padang, soto Padang, dan masakan khas lainnya. Untuk makan di Lapau Nasi atau warung nasi di Kota Padang dan Bukit Tinggi, sebelum makan ada baiknya kita menanyakan harga terlebih dahulu. Beberapa dijumpai kalau kita tidak bisa berbahasa Padang harganya yang diberikan berbeda dan lebih mahal dari biasanya.

Pemandangan yg indah di SawahLunto

Padang. Kota Padang terkenal akan legenda Siti Nurbaya dan Malin Kundang, wisata legenda yang unik yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Di dekat Kota Padang terdapat kawasan Pelabuhan Muara dan di sini banyak dijumpai beberapa bangunan peninggalan zaman Belanda. Beberapa bangunan di kawasan tersebut ditetapkan pemerintah setempat sebagai cagar budaya, seperti Masjid Muhammadan yang bertarikh 1843. Di masjid ini terdapat sebuah jembatan yang bernama Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan itu menghubungkan sebuah kawasan bukit yang dikenal dengan nama Gunung Padang. Konon, di bukit ini terdapat kuburan Siti Nurbaya.

Seni Beladiri Silat wajib untuk para pemuda Minang

Pemandangan indah di Lembah Arau Sumatera Barat

Jika sudah tiba di Padang, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi tiga danau utama di Sumatra Barat, yaitu Danau Singkarak, Danau Singkarak terletak 75 km dari kota Padang. Danau ini menawarkan keindahan alam sambil menikmati makanan di rumah makan yang banyak berjejer di pinggir danau. Lelah mengarungi danau, kita bisa beristirahat di Bukittinggi. Jika ada waktu senggang, kita juga bisa bercengkrama menikmati hari di bawah Jam Gadang yang terkenal. Tidak jauh dari Bukit Tinggi juga ada benteng pertahanan tentara Jepang yang sering disebut penduduk setempat sebagai Lubang Jepang.


(Advertorial)

Mandala Air terbang Perdana dari Jakarta - Padang pada tgl 1 Desember 2012

Mandala Air pada tanggal 1 Desember 2012 melakukan terbang Perdana dari Jakarta - Padang - Singapore, dengan dibukanya rute baru ini diharapkan bisa membuat Pariwisata Sumatera Barat semakin maju. Mandala dahulu dan sampai sekarang adalah salah satu maskapai favorite saya, kesan naik Mandala Air landing dan takeoff selalu smooth, pesawatnya bersih dan awak crewnya profesional.  semoga kedepannya Mandala Air bisa terus menjaga kualitasnya, dan saya ucapkan terima kasih kepada Mandala Air (Tiger Airways) yang telah mengundang saya untuk berkeliling dan mengenalkan wisata Sumatera Barat.


(Advertorial)

Buku 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia adalah Buku yg merangkum Keindahan alam dan budaya Indonesia. membaca buku 15 Destinasi ini membuat Travelers & Fotografer terinspirasi untuk keliling Indonesia, di Buku ini detail menjelaskan tentang destinasi dan event budaya yang jarang orang tahu dan kunjungi di Indonesia. Bagi Fotografer yang ingin keliling Indonesia Buku ini wajib dimiliki karena merupakan panduan yang lengkap destinasi mana saja yang harus Fotografer harus kunjungi di Indonesia untuk membuat stok foto.

Book Review di Majalah The Journey

banyak Travelers merasa bepergian dan liburan hanya menghabiskan uang saja, padahal banyak aktifitas yang bisa dilakukan pada saat Traveling salah satunya adalah memotret. Traveling dan memotret adalah bagian yang tidak terpisahkan, sebagian besar kita pada saat liburan pasti membawa kamera. di buku ini saya berikan tips travel foto disetiap destinasi Wisata termasuk tips memotret event budaya yang bisa menjadi panduan Travelers, dengan adanya Tips Travel foto dibuku ini bertujuan untuk membuat foto yang baik sehingga foto foto traveling ini bisa digunakan untuk kebutuhan Blog atau majalah.

kelebihan lain buku 15 Destinasi Wisata Terbaik ini adanya
1. menerangkan cara "How To Get There" secara lengkap dan Detail
(bulan yg bagus utk berkunjung, acara budaya dll)
2. Foto foto didalam Buku ini semuanya "Full Colors" dengan harga terjangkau Rp 48.000.
3. informasi destinasi wisata di Indonesia yang masih jarang dikunjungi
4. Tips Travel Foto disetiap Destinasi Wisata & tips yg diberikan tidak terbatas kamera DSLR saja tetapi kamera Pocket & Smartphone.
5. Kalau Buku Referensi Travel umumnya 1 destinasi,tetapi di Buku ini 15 destinasi yg memudahkan untuk merencakan liburan.

Testimonial para pembaca yang sudah membaca dan beli Buku ini
http://chirpstory.com/li/37471

Travelers & Fotografer yang ingin hunting keliling Indonesia, bisa memakai buku ini untuk referensi.

anda bisa memesan Buku ini di Gramedia Online dan Toko Buku Terdekat.
pesan buku ini di Gramedia Online klik
http://bit.ly/PJ2iSg

3 comments:

Agus Pagergunung said...

greats . . .good interesting . . .

Rinaldi Daswito said...

wisata West sumatera bukan hanya bukit tinggi dan sekitarnya, coba jajaki uniknya Jembatan Akar, Pulau cubadak, kawasan mandeh, pantai carocok dan langkisau hill di selatan sumatera barat :D

dwiacil said...

Hi Mas Barry,

suka sekali sama foto2 mas barry, kalo ada waktu silahkan main k blog ku ya dwires.blogspot.com

ditunggu komennya
makasih