Pantai - Pantai Terindah di Sumbawa Barat

Pemandangan Bukit di Batu Hijau Sumbawa Barat

orang berpikir Sumba itu adalah Sumbawa, padahal kan beda. Tulisannya saja sudah beda apalagi tempatnya? Sumbawa berada di NTB (Nusa Tenggara Barat). Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat (memisahkan dengan Pulau Lombok).

Sumbawa dikenal akan keindahan Pantai pantainya, apa saja Pantai yang wajib dikunjungi di Sumbawa Barat ini.

Pantai Maluk

Pantai Maluk ini berada di sebuah teluk, yang berada di Desa Maluk Jereweh Sumbawa Barat. yang membuat indah karena Pantai Maluk ini diapit oleh dua bukit, yaitu Bukit Mantun di sebelah utara dan Bukit Balas di sebelah selatan. Panorama pantai ini sangat indah, dengan pasir putih yang berkilauan. Pantai Maluk bisa dibilang cukup ramai dikunjungi Turis karena letaknya berdekatan dengan kota Maluk, Selain penduduk setempat. banyak peselancar yang ingin belajar surfing datang ke pantai ini.


di Pantai Maluk selain surfing disini kita juga bisa jumpai banyak kapal nelayan
Dendeng pedas banyak dijumpai di warung pinggir pantai Maluk
Selain berselancar, masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Maluk. Anda bisa berenang, berjemur, bermain kano, atau sekedar bermalas-malasan sambil bermain pasir di pinggir pantai. Pasir pantai yang putih bersih dan laut yang dangkal sangat cocok dan untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut. Di sekitar Pantai Maluk terdapat beberapa restoran dan warung makan yang akan memuaskan kuliner anda.


Pantai Rantung

Pantai Rantung salah satu tempat berselancar terbaik di Indonesia, bahkan di dunia. Ombak di pantai ini termasuk dalam daftar ombak terbaik di dunia. Nggak heran kalau Pantai Maluk terkenal ke berbagai penjuru dunia dan banyak kejuaraan selancar tingkat internasional (International Surfing Championship) digelar di sana. pantai ini dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Pantai Yoyo dikarenakan Pecahan ombak ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter dan mirip seperti yoyo Ombak tersebut terus bergulung-gulung hingga seolah-olah menyedot para peselancar yang mencoba menaklukkannya.

Sunset di Pantai Rantung

masih banyak ditemui penggembala sapi di pantai ini

disini terdapat penginapan dan banyak turis asing yang menempati penginapan ini, umumnya yang menginap disini adalah para peselancar dunia. mereka khusus datang ke pantai ini hanya untuk menaklukan ganasnya ombak yang terdapat di pantai ini.

Pantai Tropical

keunggulan Pantai tropical memiliki pasir pantai yang mempunyai pasir berbentu merica dan berwarna putih, Bentuk pantainya pun melengkung seperti danau. Apalagi warna biru pantainya benar-benar eksotis, Pantai ini bisa dibilang pantai yang masih perawan, hanya sayang didekat resort Tropical banyak terdapat sampah dan Sepanjang kawasan Pantai Tropical lain tampak bersih, baik area pasir pantai ataupun pada air pantai.



 
Bukit di Pantai Tropical ini konon tempat asal mula legenda Nyale
Sunset di Pantai Tropical ini sangat JUARA

Pemandangan Pantai Tropical memang indah. Kita bisa menyaksikan bukit batu Waktu berjalan-jalan di pasir pantai kita juga bisa menemukan kerang-kerang yang berwarna-warni dengan variasi bentuk yang beraneka ragam. Sesekali kita juga bisa menjumpai hewan hewan kecil di sekitar pantai seperti kepiting dan keong.

Pantai Lawar

Batu batu besar yang sangat indah di Pantai Lawar
Pantai Lawar merupakan pantai di pesisir barat Pulau Sumbawa. Jaraknya sekitar 3 sampai dengan 5 km dari Pantai Rantung. Pantai Lawar sangat eksotis, dengan bukit-bukit yang menjulang tinggi di ujung kanan pantai. Seperti pantai-pantai lainnya di pesisir barat Sumbawa, Pantai Lawar juga berpasir putih. Uniknya, pasir di pantai ini benar-benar putih bersih dan lembut seperti susu bubuk. disebelah kiri pantai banyak terdapat batu batu besar yang sangat indah kalau anda foto. Butiran pasirnya terasa sangat lembut di kaki. Untuk merasakan kelembutan pasir pantai ini sebaiknya Anda berjalan tanpa alas kaki.


Teluk Benete
bukit dan pantai teluk benete diambil fotonya dari tengah laut
Teluk Benete ini dekat dengan pelabuhan PT Newmont Nusa Tenggara, yang menarik dari teluk ini adalah diapitnya pantai ini oleh 2 bukit. disini salah satu spot yang bagus untuk memotret, karena banyaknya kegiatan disini dan adanya pelabuhan. kita bisa memotret aktivitas dan kapal kapal yang ada disini. disaat sunset kita bisa membuat siluet siluet kapal yang besar2 disini.

Pemandangan pantai Rantung dari atas Bukit

Pelabuhan di Teluk Benete di Sumbawa Barat

(Advertorial)
 
terima kasih kepada PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang sudah terbuka dan juga sudah mengundang saya untuk berkeliling Sumbawa Barat, selama saya disana banyak saya jumpai pantai pantai yang sangat indah dan tidak rusak lingkungannya. semoga kedepannya Sumbawa Barat bisa menjadi Destinasi Wajib para Travelers yg harus dikunjungi.

(Advertorial)

Buku 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia adalah Buku yg merangkum Keindahan alam dan budaya Indonesia. membaca buku 15 Destinasi ini membuat Travelers & Fotografer terinspirasi untuk keliling Indonesia, di Buku ini detail menjelaskan tentang destinasi dan event budaya yang jarang orang tahu dan kunjungi di Indonesia. Bagi Fotografer yang ingin keliling Indonesia Buku ini wajib dimiliki karena merupakan panduan yang lengkap destinasi mana saja yang harus Fotografer harus kunjungi di Indonesia untuk membuat stok foto.

Book Review di Majalah The Journey

banyak Travelers merasa bepergian dan liburan hanya menghabiskan uang saja, padahal banyak aktifitas yang bisa dilakukan pada saat Traveling salah satunya adalah memotret. Traveling dan memotret adalah bagian yang tidak terpisahkan, sebagian besar kita pada saat liburan pasti membawa kamera. di buku ini saya berikan tips travel foto disetiap destinasi Wisata termasuk tips memotret event budaya yang bisa menjadi panduan Travelers, dengan adanya Tips Travel foto dibuku ini bertujuan untuk membuat foto yang baik sehingga foto foto traveling ini bisa digunakan untuk kebutuhan Blog atau majalah.

kelebihan lain buku 15 Destinasi Wisata Terbaik ini adanya
1. menerangkan cara "How To Get There" secara lengkap dan Detail
(bulan yg bagus utk berkunjung, acara budaya dll)
2. Foto foto didalam Buku ini semuanya "Full Colors" dengan harga terjangkau Rp 48.000.
3. informasi destinasi wisata di Indonesia yang masih jarang dikunjungi
4. Tips Travel Foto disetiap Destinasi Wisata & tips yg diberikan tidak terbatas kamera DSLR saja tetapi kamera Pocket & Smartphone.
5. Kalau Buku Referensi Travel umumnya 1 destinasi,tetapi di Buku ini 15 destinasi yg memudahkan untuk merencakan liburan.

Testimonial para pembaca yang sudah membaca dan beli Buku ini
http://chirpstory.com/li/37471

Travelers & Fotografer yang ingin hunting keliling Indonesia, bisa memakai buku ini untuk referensi.

anda bisa memesan Buku ini di Gramedia Online dan Toko Buku Terdekat.
pesan buku ini di Gramedia Online klik
http://bit.ly/PJ2iSg


7 comments:

galih s putro said...

bagus fotonya om barry...pulau Sumbawa emang keren...dulu pernah ke pantai2nya Dompu...masih alami dan bersih....sayangnya begitu balik jkt..memory card-nya error...

Tekno Bolang said...

bagus sekali om. saya selalu suka dengan sumbawa barat. Cetar banget pantai-pantainya

tailing said...

Tailing Newmont ga difoto sekalian?

capture said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Barry Kusuma said...

Galih@ walah engga langsung dibackup mas? sayang banget sih sudah jauh2 memory card error..di recovery aja pakai smart recovery..mungkin masih bisa tertolong..

cumi@ hehe..jangan merusak blog nanti wkwkw..

tekno bolang@ betul banget bro..baru balik sana?

tailing@ ada fotonya tapi engga saya masukan diblog ini karena bukan destinasi wisata hehe..

Anonymous said...

Ayo dong upload foto tailingnya! Kan programnya transparent dan direct? Lagian itu kan buat tujuan wisata juga? Kasian kan wisatawannya kalau trnyata di bawah lautnya rusak dan tercemar. bisa keracunan nanti makan ikannya!

Anonymous said...

Bagus kang, trs kapan bandara sekongkiang di bangun spy lbh banyak wisata masuk ke KSB..