Keindahan Pulau Samosir


Keindahan Pulau Samosir

Photo & Text by Barry Kusuma

www.barrykusuma.com


Pulau Samosir adalah Pulau yang sangat unik, karena pulau ini adalah pulau vulkanik yang berada ditengah danau toba Sumatera Utara. Pulau ini mempunyai ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut hal inilah yang membuat banyak perhatian turis domestik maupun asing.


Potensi pariwisata danau toba adalah keindahan alamnya yang sangat menawan, hembusan angin sejuk pegunungan membuat keindahan Pulau Samosir semakin lengkap. Untuk menuju Pulau samosir bisa melewati dua rute, yang pertama dapat dicapai melalui jalan darat melalui pengururan atau kita bisa melalu parapat yang dihubungkan melalui feri penyebrangan.


Saya menggunakan jalan darat menuju samosir, kebetulan kita mencarter mobil karena penumpang lebih dari 5. Selain menyewa mobil ada banyak bis yang menuju Danau Toba, biaya yang dikeluarkan memakai bis memang bisa lebih murah. Tetapi waktu tempuh lebih lama dan kita tidak bisa jalan – jalan didanau toba tersebut. Sesampai diToba banyak sekali penginapan dari hotel melati sampai bintang 3, fasilitas yang disediakan penginapan disana juga cukup lengkap. Terutama untuk backpacker yang ingin irit biaya bisa mencari losmen yang bersih dan murah, saya sempat menikmati keindahan danau toba dengan berjalan jalan dipinggir danau. Karena kita sampai sore dan tidak sempat menyebrang ke Pulau samosir, baru keesokan harinya kita berencana untuk menyebrang.


Pagi harinya saya dan keluarga sudah bersiap siap untuk menyebrang, dengan membeli tiket feri penyebrangan. Sambil menunggu keberangkatan kapal saya menyempatkan untuk hunting foto disekitar danau, memang alam dan keindahan Danau toba sangatlah bagus. Yang disayangkan penduduk sekitar masih kurang dalam menjaga potensi wisatanya, dikarenakan sebagian besar penduduk masih menggunakan danau toba sebagai mata air utama kehidupan mereka. Dan banyaknya sampah sampah disekitar danau, memang kalau saya perhatikan tingkat okupansi hotel tidak seperti dahulu, sekarang bisa dibilang tidak terlalu ramai akan turis. Jika pemerintah daerah dan masyarakat sekitar mempunyai perhatian besar akan potensi pariwisata danau toba yang mereka miliki. Saya yakin suatu saat danau toba menjadi salah satu andalan pariwisata Indonesia.

Feri telah tiba, kami bersiap untuk menaiki feri tersebut. Untuk aksses ke Pulau Samosir ada dua tipe feri, tipe pertama untuk mengangkut penumpang saja dan yang kedua bisa mengangkut kendaraan roda empat. Kendaraan bermobil sangat berguna bagi keluarga yang ingin berkeliling pulau samosir, bagi backpacker sesampai di P samosir bisa menyewa ojek atau bermalam disana. Selama penyebrangan melalui feri kita disuguhi pemandangan alam danau toba yang sejuk, langit biru dan alam yang indah. Cuaca disini yang membuat saya betah berkeliling, kebetulan cuaca saat itu sangat cerah.

Pulau samosir mempunyai objek wisata danau diatas danau, yang merupakan salah satu keunikan Pulau Samosir. Disana terdapat dua danau di pulau yang ada di tengah Danau Toba. yaitu Danau Sidihoni dan Aek Natonang.

Selain itu masih banyak keunikan budaya dan sejarah lainnya obyek wisata di Pulau Samosir, disini terdapat Pusuk Buhit dipercaya sebagai tempat asal suku Batak, yang menarik disini adalah adanya panggung batu dan penduduk sekitar yang menjadi guide pemandu yang menjelaskan tentang asal mulanya suku Batak, mereka menjelaskan dengan sangat menarik dan jelas. Setelah selesai mendengarkan cerita asal usul suku batak, disamping kiri kanan banyak menjual cindera mata yang kebanyakan ukiran kayu dan kain khas, sambil berwisata bisa sekalian berbelanja untuk cindera mata. Selain itu terdapat pula pemandian air panas, museum adat budaya Batak, untuk melepas penat dan lelah ada Tuktuk Siadong sebagai tempat penginapan dan pemandian, dan Tano Ponggol daratan yang menghubungkan antara Pulau Samosir dan daratan Sumatera. Pulau Samosir ini merupakan unggulan Pariwisata Sumatera Utara, dengan potensi keindahan alam dan keanekaragaman budaya. Saya yakin jika pemerintah dan penduduk lokal menyadari dan membenahi suatu saat Keindahan Pulau Samosir dan Danau Toba akan banyak dikunjungi wisatawan. Dan berkembang menjadi daerah wisata unggulan.


Photo & Text by Barry Kusuma

Add FB : http://www.facebook.com/barrykusuma

Add Twitter : @barrykusuma

15 comments:

Jiewa said...

Saya dengar permukaan air di dabau Toba semakin rendah, apa benar ya ?
Nice pic anyway :)

Barry Kusuma said...

untuk keadaan permukaan air saya kurang tau, karena saya kesana 1tahun yang lalu. mungkin ada teman lain yang mengetahui informasi ini?

agus said...

aku suka banget boleh ya aku ambil foto kamu dan dimasukkan ke dalam friend network ku

Barry kusuma said...

Silahkan diambil fotonya jika hanya untuk keperluan pribadi dan bukan komersil,terima kasih sudah di add di friend network.

Travel insight said...

Foto-foto indah dan artikelnya bagus. Jarang saya liat blog yg seperti ini, antara foto dan artikel seimbang. Biasanya foto bagus, artikel lemah atau sebaliknya. Keep a good work.

cheers,
Bunda

Super said...

eummm itu ngambilnya dari sisi mananya ya ? kalo dari parapat kayanya gak sebagus itu deh... kalo dari sisi pulau samosirnya... gak keliatan apa2 juga... :D
dari tongging ya ?

Anonymous said...

Danau Toba memang cantik sekali, apalagi dilihat dari beberapa tempat tertentu di kabupaten yang berbeda. Masing2 tempat itu menunjukkan keindahan Danau Toba yang tidak saya temukan waktu berwisata ke nagara-negara lain (bebrapa tempat tsb, a.l: memasuki Parapat dari Siantar, (Kab. Simalungun), HUTA GINJANG (KAb. Tapanuli Utara), TELE , TONGGING (Kab. Karo Dulu, waktu ada proyek tertentu yang mengganggu ecosystem (sorry, I prefer not to mention the name)permukaan danau Toba sempat turun, namun saat ini telah dan sedang naik secara perlahan-lahan/tapi pasti. Hopefully it will get bact to normal as it used to be. (dari Mariani Situmorang)

Barry kusuma said...

Saya mengambilnya pada saat jalan darat dari siantar, sebelum memasuki area danau toba saya sempat berhenti dipinggir jalan untuk mengabadikan sunset danau toba. Memang danau toba sangat indah,banyak sekali view yg bagus.

Untuk mbak mariani, terima kasih informasi terkininya. sangat informatif dan berguna untuk traveler. Semoga surut airnya semakin normal dan semakin indah seperti dahulu.

Anonymous said...

Samosir .. secuil paradise yg jatuh ke bumi Nusantara ..

http://nixonglenn.wordpress.com/category/sumatera-utara/

Anonymous said...

membaca dan melihat foto tentang danau toba yang anda tulis membuka mata saya bahwa danau toba memang indah dan menarik.selama ini saya tidak melihat itu, buat saya danau toba biasa-biasa aja karena terlalu sering kesana, membuat saya bosn. tapi melhat hasil jepretan anda, semua jadi menarik.

amrooms said...

salam kenal...posting mengenai keindahan pulau samosir betul2 indah ditunjang dengan exotic foto, apakah foto yang anda posting hasil jepretan camera anda sendiri? Maaf, sebelumnya saya minta ijin untuk mengambil posting blog anda untuk tugas sekolah SD kelas 4 anak saya di Surabaya, jangan kawatir saya tetap mencantumkan sumber informasi dari blog anda....terimakasih

Lawren Gurning said...

danau toba dan pulau samosir memang luar biasa. masyarakat baru tau sedikit saja informasi mengenai hal ini. Parapat yang sangat indah baru merupan bagian yg kecil dari keindahan danau toba. Masih ada Balige, Tigaras, Haranggaol, silalahi, Porsea, Muara. Disamosir sendiri ada hot spring di pangururan, Nainggolan, Tuktuk, Tomok, Simanindo dll. Pulau pulau lain seperti Pulau Sibandang di Muara. Kalau jalan dan akomodasi diperbaiki tdk akan cukup waktu seminggu untuk menjalaninya. Enjoy Samosir and Toba lake....

jalan-jalan said...

indah sekali pemandangan nya... foto pemandangan nya benar2 menarik.. :)

objek wisata said...

artikel yang sangat menarik.. foto2 nya sangat mendukung sekali...
thank's ya buat info ojek wisata nya.. :)

Wisata Indonesia said...

indah.. sih indah.... cuman sayang jauh banget dari tempat saya.... merauke...