Tips Memotret di Mekkah.

The Holy Ka'aba Video by Barry Kusuma


Photography & Text by Barry Kusuma  

Ketika umroh tujuan utama kita adalah ibadah, namun kemegahan dan keindahan Kabah membuat saya ingin memotret dan membuat video yang bagus. Saya share beberapa tips memotret dan membuat video pada saat ibadah umroh.

1. Ada baiknya kalau ingin mengambil gambar sehabis thawaf dan Sai, sehingga kewajiban umroh sudah selesai dan pada saat sholat 5 waktu di mesjid kita bisa gunakan untuk mengambil gambar

2. Memotret di Masjidil Haram sebenarnya boleh, asal kita memotretnya diluar area mesjid. saran saya jangan menggunakan tripod.

3. ketika masuk kedalam mesjid, jangan membawa tas kamera yang besar apalagi backpack. sudah pasti diperiksa oleh askar (polisi) bawa tas selempang biasa yang tidak mencolok dan kamera bisa kita bungkus dengan kain.

4. Sangat disarankan untuk tidak membawa DSLR, Mirrorless masih oke dan Smartphone boleh. Untuk mengambil video seting ke 4K video dengan resolusi yang paling tinggi.

5. jangan memotret dikawasan Kabah tempat orang tawaf, pasti diseret askar. spot untuk bisa dapat gambar bagus adalah di lantai paling atas. tetapi hati2 karena disini kamera CCTV ada dimana mana.

6. Momen terbaik memotret Kabah adalah di pagi hari dengan background Makkah Royal Clock Tower, siang hari dan sore backlight.

7. Backup memory card kamu setiap hari, jaga jaga kalau ditangkap askar biasanya foto2 diminta hapus. Setidaknya ada backup foto kemarin tidak hilang.

8. Drone dilarang di kawasan Masjidil Haram, jangan pernah coba bawa drone biasanya kalau ketahuan bisa disita dibandara apalagi sampai menerbangkan drone.

9. Kamera yang saya bawa untuk mengambil foto dan video adalah Lumix GX85 lensa 8-18mm F2.8 Leica (wide) dan LX10 lensa 24-72mm F2.8 (pocket mirrorless), kedua kamera ini berukuran kecil. Dan perlu diingat, bawalah kamera sesimpel mungkin dan ambilah gambar secepat mungkin.

10. Jangan memotret hanya di satu tempat saja, berpindah pindah lebih baik. Mungkin perlu dicoba memotret pada saat sunrise maupun sunset.

Perlu diingat ketika umroh tujuan utama kita adalah beribadah, dapat foto dan video bagus itu bonus.
The Holy Ka'aba Video by Barry Kusuma

Photography & Text by Barry Kusuma 
www.barrykusuma.com
www.instagram.com/barrykusuma


2 comments:

liyoskin said...

subhanalloh, begitu megahnya dan indahnya suasana mekah, semoga saya bisa cepat menyusul kesana

obat pelangsing paling ampuh said...

mekah tempat yang sangat suci untuk beribadah, manusia dari berbagai penjuru dunia berangkat kesana untuk satu tujuan mengharap ridho alloh