Tips Menghemat Baterai Kamera.


Ketika sedang traveling, jangan terpaku pada tujuan, tapi nikmati perjalanannya. Seringkali foto terbaik justru diperoleh saat kita sedang dalam perjalanan. Teruslah memotret, momen terbaik kadang tidak datang dua kali.

namun kendala pada saat traveling masalah yang sering timbul adalah seringnnya baterai habis, Jika kamu sedang melakukan pemotretan saat traveling dan ternyata lupa membawa baterai cadangan, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat daya baterai, seperti:

1. Jangan menggunakan flash internal. kebanyakan travelers ketika memotret dokumentasi dalam ruangan lebih sering menggunakan flash internal kamera, padahal flash internal kamera itu efektif memotret dalam jarak 1 meter saja, lebih dari 2 meter akan gelap. naikkan iso untuk foto dokumentasi, agar lebih menghemat baterei.

2. Jangan terlalu sering preview hasil foto yang kamu ambil. penyakit kebanyakan orang dalam memotret sedikit dikit langsung lihat preview kamera, entah karena tidak pede atau pingin berlama lama lihat foto narsis kita hehe. namum terlalu sering melihat preview hasil foto di kamera kita ternyata ini membuat baterei kita menjadi terkuras, selain ON dan OFF kamera ternyata pemakaian layar di kamera salah satu yang membuat boros baterei.

3. Jangan sering - sering menggunaan Live View mode, karena saat kita menggunakan mode ini, kamera akan mengalokasikan daya yang cukup besar untuk menampilkan gambar yang ditangkap sensor secara langsung di layar LCD. memang cara ini tidak cepat capek, tetapi kalau seharian ada event yang harus kita potret. lebih baik kamu OFF kan live view mode di kamera kamu.

4. Turunkan kecerahan layar kamera. terlalu terang layar membuat batere boros, turunkan kecerahan dan brightness kamu di kamera agar baterei tidak cepat habis.

5. Matikan fitur yang tidak terlalu penting, seperti wifi, image stabilizer, atau fitur lain. menurut pengalaman saya fitur image stabilizer di kamera itu sangat menguras baterei, image stabilzer ini berguna ketika memotret low light atau pada saat kamu mengambil footage video agar tidak shake. diluar fungsi ini kamu bisa mematikan fungsi image stabilizer.

6. Memotret momen yang menurut kamu penting saja. untuk memotret alam atau budaya mungkin harus memakai kamera mirrorless yang bagus, supaya gambarnya pun juga bagus. tetapi ketika memotret dokumentasi atau selfie cukup memakai smartphone kamu.

7. Membeli kamera yang punya fitur usb charging, memang terlihat sepele. namun jika kamu kehabisan baterei kamu bisa memanfaatkan powerbank untuk mencharge kamera.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://www.barrykusuma.com (Inspiring Photos & Video through the Lens)

1 comment:

Media Maya said...

Thanks sob infonya bisa berguna banget kalo dibawa perjlanan jauhh.