Koh Samui salah satu pulau terindah di Thailand.


Thailand merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh turis di dunia, destinasi pantai yang popular di Thailand salah satunya Phuket. Tetapi Phuket sudah terlalu ramai, jika kamu penyuka pantai cobalah datang ke pulau Koh Samui.
 

Koh Samui merupakan lokasi liburan tropis yang terletak di teluk Thailand yang menawarkan berbagai karakteristik dan kelebihan dibandingkan pantai pantai lain di Thailand. Di antara banyaknya pulau di Thailand, pulau ini adalah salah satu tujuan wisata yang belum terlalu terkenal diantara pulau pulau lainnya. Ada banyak fakta unik dan menarik tentang Koh Samui Thailand. 

1. Koh Samui adalah Pulau Terbesar Kedua di Thailand.
 

Setelah Phuket, ternyata Koh Samui menduduki posisi kedua terbesar dalam hal ukuran. sedangkan posisi ketiga diduduki oleh Koh Chang di provinsi Trat.

2. Dikelilingi oleh Taman Laut Nasional

Dengan lokasinya yang strategis dan menguntungkan, Pulau Samui dikelilingi oleh Taman Laut Nasional Angthong dan pulau-pulau disekitarnya masih terjaga alamnya. Para pengunjung dapat memilih 1 hari kunjungan pulang pergi mengunjungi dan menikmati keindahan pemandangan dari pulau.

3. Penghasil Kelapa.
 

Sebelum industri pariwisata masuk, Koh Samui sangat bergantung pada perikanan dan perkebunan kelapa. Pulau ini dulunya mendapat julukan Pulau Kelapa Dan Monyet. Walaupun sekarang pengunjung masih bisa melihat pohon kelapa di bukit, tidak banyak wilayah budidaya kelapa yang tersisa di pulau ini.

4. Bandara yang dimiliki oleh Swasta.

Kalau di Indonesia Bandara itu dimiliki oleh negara atau perusahaan BUMN, tetapi di Pulau Samui bandara dimiliki oleh swasta. Bandara ini terletak strategis di pulau dengan akses jalan memadai dan daerah terminal gaya boutique. Bandara ini dimiliki oleh perusahaan swasta yaitu Bangkok Airways yang melayani penerbangan langsung menuju dan dari Pulau Samui. Ada penerbangan internasional setiap hari tujuan kota-kota besar di Asia seperti Hong Kong, Singapura, dan Kuala Lumpur. 

5. Chaweng Adalah Pusat Pulau.
 

Ada banyak pantai indah di Samui, namun Chaweng merupakan pantai yang paling terkenal dan ramai di pulau ini. Kebanyakan fasilitas wisata seperti berbagai macam akomodasi, rumah makan, tempat perbelanjaan, kegiatan, klub malam, bar, dan kehidupan malam di Pulau Samui semuanya ada di sini, menjadikan Chaweng sebagai jantung dari pulau Samui.

6. Nathon Merupakan Ibukota Koh Samui.

Jika Chaweng adalah jantung Koh Samui, Nathon adalah ibukota pulau ini. Wilayahnya adalah pelabuhan utama dimana pengunjung dapat terhubung dengan pulau utama dan pulau lain di dekatnya seperti Koh Tao dan Koh Phan Ngan. Kantor pemerintahan, bank, pasar setempat dan pertokoan dapat dijumpai di daerah ini menjadikan Nathon ibukota pulau Pulau Samui.
 

7. Koh Samui Bukan Provinsi.

Pulau ini sangat besar namun tidak cukup untuk menjadikannya status provinsi sepertihalnya Phuket. Pulau Samui adalah bagian dari provinsi Surat Thani, namun letaknya juga dekat dengan Bandara Nakhon Si Thammarat. Pengunjung dapat bepergian melalui kedua bandara di Surat Thani dan Nakhon Si Thammarat. Kemudian melanjutkan menumpang kapal ferry ke pulau selama 1,5 jam.
 

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)