Samalona dan Kodingareng Keke, Pulau indah di kota Makassar.

Kodingareng Keke Sulawesi.

Makassar dikenal sebagai destinasi yang sangat terkenal akan kulinernya, Makassar merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Karena sebagai pusat bisnis di gerbang Indonesia timur, membuat Makassar selalu ramai dikunjungi oleh lebih banyak orang yang urusannya dengan bisnis.


Bagi anda yang berkesempatan mengunjungi Makassar, dan ingin rehat sejenak dalam satu hari. Saya sangat menyarankan untuk traveling menyebrang pulau Samalona dan Kodingareng Keke yang jaraknya tidak jauh dari kota Makassar. Pulau Kodingareng Keke Sulawesi ini merupakan pulau yang masuk ke dalam wilayah Sulawesi, Apabila dihitung dengan jarak kilometer, Anda bisa menempuh perjalanan 13.6 km dari Pantai Losari, Sulawesi Selatan.

Keindahan Kodingareng Keke dan Samalona, Video by Barry Kusuma.
 
Untuk mengunjungi Pulau Kodingareng Keke Sulawesi bisa menggunakan kapal dari pantai Losari dan juga dari Pulau Samalona. Untuk hitungan jarak tempuhnya, Anda bisa mencapai pulau ini dalam waktu sekitar 30-an menit dari Pantai Losari, dengan rincian waktu, waktu tempuh Pantai Losari ke Pulau Samalona adalah 15 menit, sedangkan jarak tempuh dari pulau Samalona ke Kodingareng Keke ini adalah 15 menit, sehingga apabila ditotal adalah selama 30 menit saja menggunakan kapal. Tetapi tergantung cuaca juga, dengan kapal yang lebih besar jarak tempuh menjadi semakin lama.



Di Kodingareng keke ini kita hanya akan melihat hamparan pasir putih saja di pulau ini, pemandangan indah yang ditawarkan oleh Pulau Kodingareng Keke ini luar biasa. Air lautnya yang biru, dan pasir putihnya amat memanjakan mata Anda yang berkunjung ke Pulau Kodingareng Keke ini. Ibaratnya, pulau ini adalah sebuah pulau kecil yang dikelilingi lautan berwarna biru yang luas dan juga indah.



Kodingareng Keke ini dikenal juga sebagai spot untuk snorkeling, namun ketika saya snorkeling disekitar area pantai ini banyak sekali coral yang sudah mati. Mungkin karena banyak dipijak atau sudah banyak orang yang datang kesini. Kalau anda kesini saya sarankan untuk membawa bekal dan membawa makana, karena di pulau ini tidak ada warung sama sekali. Tetapi yang harus diingat, bawalah kembali sampah sampah sisa hasil makan tersebut agar tidak mengotori pulau ini.

Pulau Samalona

Pulau lainnya yang jaraknya sangat dekat dengan kota Makassar ini adalah Samalona, jadi jika anda punya waktu seharian. Ada baiknya anda ke Pulau Kodingareng Keke terlebih dahulu, pulangnya baru mampir ke Pulau Samalona.



Dari Makassar sendiri cukup mudah karena anda bisa naik perahu motor yang sudah disediakan untuk sampai di pulau ini karena memiliki jarak tempuh sekitar 2 KM dari dermaga Makassar. Beberapa alternatif yang biasa ditawarkan dari perahu motor tersebut ada dua pilihan yaitu untuk tujuan pribadi atau tujuan penyewaan. Pada tujuan pribadi akan memungkinkan Anda berlibur ke Pulau Samalona secara penuh tanpa adanya penumpang lain yang ikut serta namun dipatok harga sekitar 500 ribu rupiah. Pada perahu penyewaan ada kemungkinan lebih murah lagi apalagi berlibur bersama rombongan yang banyak, pastinya akan semakin murah dan menyenangkan.

 Keindahan Kodingareng Keke dan Samalona, Video by Barry Kusuma.

Untuk menuju pulau ini dari dermaga Makassar memang membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dari atas perahu motor sendiri Anda sudah bisa melihat laut yang jernih dari atas perahu terlihat terumbu karang dan untuk menyewa alat snorkling ini hanya membutuhkan uang sewa sekitar 50 ribu saja dan dapat disewa sepuasnya. Pulau Samalona yang penuh daya tarik terhadap pantainya ini memang cocok untuk Anda datangi bersama dengan pasangan atau teman Anda.

Menurut saya saat ini pulau Samalona ini sudah menjadi tempat wisata yang popular, tetapi lumayanlah buat kamu yang kangen sama laut bisa mampir sejenak disini. Karena hanya sekedar untuk snorkeling dan berenang sudah bisa memuaskan rasa kangen terhadap laut, kalau di Jakarta mungkin bisa dibilang cukup mirip dengan destinasi yang ada di kepulauan Seribu.



Pulau Samalona dan Kodingareng Keke ini sangat cocok buat kamu yang kangen sama laut, karena jaraknya yang tidak jauh. Cukuplah seharian untuk bisa menikmati kedua pulau ini.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma