Udon Thani destinasi yang anti mainstream di Thailand.

 
Kota Udon Thani merupakan salah satu dari 4 kota terbesar di utara Thailand yang terkenal dengan nama '4 Isar Terbesar'. Kota ini merupakan ibukota dari provinsi Udon Thani di Thailand dan terletak sekitar 560 km dari Bangkok. Destinasi ini bisa dibilang tempat yang masih anti mainstream di Thailand, karena masih sangat jarang turis asing yang datang ke provinsi ini. Saya melihat bule yang banyak di kota ini ternyata sebagian besar adalah veteran masa perang Vietnam yang sudah menikah dengan wanita Udon Thani dan sudah berkeluarga disini, karena dahulu pada saat perang Vietnam berlangsung Udon Thani merupakan base militer tentara amerika.

Kota ini berfungsi sebagai gerbang masuk menuju Laos, Vietnam bagian utara dan China bagian selatan dan sebagai rumah bagi 399,535 penduduknya. Banyak fakta unik dan menarik Udon Thani yang sangat bisa menjadi referensi kamu.
 
Red Lotus Sea di Udon Thani, Video by Barry Kusuma.

1. Tidak banyak tahu tempat wisata di Udon Thani, padahal tempat ini punya banyak destinasi wisata yang meliputi Taman Nong Prajak, Pasar Malam UD, Kuil Chao Pu-Ya, Kuil Tiongkok Sanjao Phuya, Taman Bersejarah Phu Prabhat, Taman Chaloem Phra Kiat, Udon Saeng Tawan dan masih banyak lagi.

2. Situs Penggalian Zaman Perunggu di Ban Chiang, situs arkeologi ini semakin populer sebagai salah satu situs penggalian tertua di dunia. Situs terkenal lain di Udon Thani selain di Ban Chiang adalah Wat Pa Baan That yang pada zaman dahulu merupakan rumah bagi Luangta Maha Bua yang merupakan seorang biarawan yang selalu bermeditasi di tengah hutan.

3. Udon Thani menawarkan beberapa pusat perbelanjaan paling lengkap di Thailand. Di antara yang paling terkenal meliputi Central Plaza Udon Thani , dua Mal Big C, Makro center dan tiga Tesco-Lotus. Mall disini salah satu yang terbesar di Thailand, setiap weekend banyak orang Laos yang datang kesini dari perbatasan untuk mengunjungi mall ini.
 

4. Pada tahun 1950an, sekitar 46.700 pengungsi perang Vietnam mengungsi ke Udon Thani. Hingga saat ini, masih ada beberapa keturunan pengungsi yang tinggal di kota ini dan kamu pastilah terpesona pada bagaimana mereka mempengaruhi budaya perkotaan yang ada melalui kuliner dan festival.

5. Bisa dibilang Udon Thani merupakan tempat anti mainstream di Thailand, selama saya mengunjungi kota ini sebagian besar penduduknya memang kurang bisa bahasa inggris. Sangat kontras dengan Bangkok atau tempat wisata wisata lainnya di Thailand, tetapi disini kita bisa belajar sedikit demi sedikit bahasa Thailand.

6. Thai food di Udon Thani sangat kental dan lebih bercitarasa dibandingkan kota kota besar yang banyak turisnya seperti Bangkok, jika kamu ingin mencicip kuliner yang benar benar asli Thailand datanglah ke Udon Thani, dijamin kamu ga akan mau mencicip kuliner di Jakarta lagi kalau sudah mencicip kuliner asli sini.
 

7. Udon Thani sangat dekat dengan Viantiene yaitu ibukota Negara Laos, kalau sudah sampai disini. Sangat disarankan untuk menyebrang ke Laos, sekali minum satu dua pulau terlampaui hehe.

Buat kamu yang sudah banyak mengexplore Thailand, pasti belum banyak yang datang ketempat ini. Dan Udon Thani adalah salah satu tempat yang saya rekomendasikan untuk datang karena belum banyak turis asing yang datang, dan tempat ini sangat enak kulinernya
 
Red Lotus Sea, Video by Barry Kusuma.
 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma 

10 comments:

cream pemutih wajah aman said...

lumayan buat foto foto

Via said...

Kalau ke Thailand mah saya selalu wisata belanja wkwkwk, namanya juga perempuan sih yang penting belanja kalau jalan2 ke situs2 wisata apa kata nanti kwkkwkwwk.. jadi malu

Tim Otis said...

This is very educational content and written well for a change. It's nice to see that some people still understand how to write a quality post. Tour Guide

Andik Top said...

Wih patungnya ada yag horor gitu ya

Grand said...

Boleh dicoba nih kebetulan tahun depan ada rencana mau ke thailand, thanks mas infonya sangat bermanfaat.

Lombok Wander said...

Asik banget kerjanya, bisa jalan2 sambil photo photo !

mydaypack said...

wah ternyata ada kanguru juga yah

cream pemutih wajah paling aman said...

indah juga

Bumbu Padang said...

jOS

Liyoskin Cream said...

wahh thailand, tempat yang ingin aku kunjungi.. :)