Fakta Unik & Menarik tentang Singapore.

Singapura adalah destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia, saking populernya Singapura dahulu pernah dinobatkan sebagai negeri shopping bagi orang Indonesia. Ternyata banyak fakta unik dan menarik tentang Singapura, apa saja? Silahkan dibaca dibawah.

1. Singapura adalah salah satu negara di ASEAN yang punya system ekonomi yang kuat, saking kuatnya ekonomi negara ini. Kurs dollarnya hampir sama dengan dollar Australia, sehingga wisatawan terutama Indonesia dan Malaysia jadi jauh berkurang. Karena sekarang di Singapura semuanya menjadi mahal karena dollar yang sudah hampir Rp 10.000

2. Menurut data yang saya dapatkan dari Elexmedia, penerbit buku Gramedia Group. Buku panduan Singapura adalah buku yang paling laku di Indonesia, tidak heran orang Indonesia yang kesini jumlahnya salah satu yang terbanyak.
 

3. Banyak yang membandingkan destinasi Indonesia lebih mahal daripada keluar negeri, dalam hal ini membandingkan ke Singapura. Padahal jarak dari Jakarta ke Singapura itu sama seperti terbang ke Medan, sedangkan dari Jakarta ke Papua bisa memakan waktu 5 jam. Itu sama seperti dari Jakarta ke Australia.

4. Singapura termasuk ke dalam 20 negara terkecil di dunia yang hanya mempunyai luas tanah 682.7 km persegi.

5. Bendera kebangsaan Singapura adalah bendera merah putih dengan bulan sabit 5 buah yang berjejer di sampingnya. Bulan sabit adalah sebuah lambang negara muda yang terus memiliki peningkatan sedangkan 5 buah bintang menggambarkan cita-cita demokrasi, keadilan, perdamaian, kemajuan, serta kesetaraan.

Video Travel Singapore, by Barry Kusuma.
 
6. Selain Monaco, ternyata Singapura adalah negara dengan populasi penduduk terpadat di dunia yaitu 6340 jiwa per kilometer persegi.

7. Bahasa Inggris Singapore juga cukup unik ketika didengar dan diucapkan, Singlish (Singapura English) adalah sebuah logat Singapura yang memadukan antara bahasa Inggris dengan istilah- dari bahasa Cina, India Tamil, dan juga Melayu.

8. Singapura menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka, namun lagu kebangsaan dari negara ini adalah “Majulah Singapura” dan dinyanyikan dalam bahasa Melayu.

9. Merlion adalah landmark yang terkenal di dunia, orang melihat patung merlion pasti teringat Singapura. Merlion punya bentuk setengah ikan dan setengah singa adalah simbol yang sangat tepat untuk Singapura. Hal ini disebabkan karena Singa menggambarkan hewan yang menyerupai macan dan ikan yang merupakan penghargaan untuk Singapura sebagai kota laut kuno bernama Temasek. Tidak mengherankan, simbol Singapura ini diletakkan di dekat laut yang terhubung ke Marina Bay Sands.


10. Singapura ternyata tidak hanya menjadi tempat transit dan persinggahan bagi turis-turis manca negara tetapi juga menjadi tempat persinggahan bagi ribuan burung yang terbang di Asia.

11. Jika anda mencari air mancur terbesar di dunia, anda bisa menemukannya di Suntec City, Singapura. Dibuat pada tahun 1997 yang menghabiskan sekitar 6 juta US$ ini terbuat dari perunggu yang dicor. Masih di tempat yang sama, bangunan-bangunan yang ada di Suntec City dibuat dalam bentuk telapak tangan yang konon katanya melambangkan keberuntungan.

12. Singapura punya peraturan bahwa tidak ada bangunan yang tingginya melebihi 280 meter. Saat ini hanya ada 3 bangunan dengan ketinggian tersebut. Ketiga bagunan itu adalah Republic Plaza, UOB Plaza, dan juga OUB Center.
 

13. Pada tahun 2003, Changi Airport memenangkan penghargaan sebagai ‘Bandara Terbaik di Dunia’ selama 16 kali berturut-turut menurut majalan Business Traveler edisi Inggris atau Eropa.

14. Tempat tinggal yang paling banyak dipilih oleh orang Singapura adalah apartemen, disini tidak banyak orang yang mempunyai rumah dengan halaman yang luas. Yang punya rumah di Singapore biasanya orang yang sangat kaya atau pengusaha sukses.

15. Banyak orang-orang Singapura yang dilahirkan di bulan Oktober dibandingkan di bulan-bulan lainnya. Entahlah, mungkin ini adalah mitos? Atau sengaja diset supaya hokinya banyak? hehe
 

16. Di Jurong Bird Park terdapat air terjun buatan manusia yang tertinggi di dunia yang berdiri setinggi 30 meter.

17. Dan yang terakhir adalah : Singaporean People Says, how lucky you Indonesia. All your destination is GOD made and all Singapore destination is man made.
 
Video Singapore by Barry Kusuma
 
Photography & Video oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma 

6 comments:

Cumilebay MazToro said...

Singapore ini selalu jadi weeekend gateaway ini orang indonesia, karna tiket yg juga murah

jamkho said...

untuk shopping cocok ke sana

obat pelangsing ampuh cepat said...

untuk tinggal sepertinya ga seru apalagi tidak berduit

wsc biolo asli said...

terlalu ketat peraturan sehingga kurang bebas ga kaya di indonesia

Anthony said...

secara kepadatan, kalo Jakarta itu negara juga, kayaknya bakal menang deh dibanding Singapur :P

tapi sebagai orang yg di Singapur ampir 9 taon, ada enak dan ga enaknya sih tinggal di SG. Walopun teratur banget (iya lah, kereta ama bus aja bisa keliatan jem berapa nyampenya), tapi bisa bikin hidup monoton. Kalo di Jakarta kan macetnya itu bikin hidup tambah berwarna :P

Emma Joy said...

Singapore is my all time favorite place to spend my holidays. BMG Heathrows