Kelimutu Flores, Danau Terindah di Indonesia.


Sudah sering saya ke Flores tetapi selau tidak sempat mengunjungi Danau Kelimutu, mengunjungi danau ini memang impian saya sejak lama. karena pertama kali melihat gambar danau ini ada di uang Rp 5000 jaman saya SD dulu, saya sangat mengingat uang Rp 5000 ini dulu karena waktu SD uang jajan saya selama 2 minggu dan rasanya sayang banget untuk dipecah.


dan tahun kemarin akhirnya kesampaian untuk mengunjungi danau ini, apakah lebih bagus di gambar dibanding aslinya? ternyata aslinya jauh lebih indah daripada gambarnya, Danau yang ada digambar uang Rp 5000 itu merupakan danau Kelimutu yang terletak di Flores. Kini danau tersebut makin dikenal dan jadi tujuan wisata oleh banyak orang. Danau Kelimutu merupakan tempat wisata wajib yang harus dikunjungi saat ke Flores selain pulau Komodo. Bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke sana, berikut ini kami berikan beberapa informasi mengenai danau Kelimutu.

Menikmati keindahan Danau Kelimutu tidak lengkap kalau belum melihat videonya, silahkan klik link video ini Video Keindahan Danau Kelimutu.

yang membuat danau ini begitu unik karena warnanya yang berubah ubah tergantung musim, makanya tak heran kalau di uang gambarnya berwarna warni. danau ini terletak di desa Pemo, kecamatan Kelimutu kabupaten Ende, propinsi Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu adalah sebuah kawah yang berada dipuncak gunung Kelimutu. Gunung ini termasuk dalam gunung berapi. Berada pada ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut.


Pertama kali, daerah sekitar gunung Kelimutu ditemukan oleh orang kebangsaan Belanda bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Ia mengabarkan kepada warga sekitar bahwa ada sebuah danau yang memiliki tiga warna air yang berbeda-beda, namun masyarakat tidak langsung percaya, terlebih karena daerah gunung Kelimutu terkenal sebagai tempat angker. Warga akhirnya mempercayai setelah membuktikan secara langsung tentang keberadaan danau kelimutu.

Keindahan danau Kelimutu makin dikenal dan tersebar luas berkat sebuah karya Y. Bouman, pada tahun 1929 ia menggambarkan keindahan dan keunikan yang terdapat pada danau Kelimutu sehingga hal tersebut mengundang orang lain tertarik datang untuk melihat dan meneliti tentang fenomena alam yang terjadi.


Danau Kelimutu dikenal juga dengan danau tiga warna, Warna pada danau yaitu merah, biru dan putih namun pada saat tertentu dapat berubah menjadi warna lain seperti hijau, coklat, hitam, dll. Meski dari jauh terlihat berwarna, ketika para peneliti mengambil air danau selalu tampak bening dan keunikan Danau Kelimutu karena merupakan satu-satunya danau didunia yang memiliki warna berbeda-beda dan juga Danau Kelimutu tmasuk dalam kawasan konservasi alam nasional.


Setiap bagian warna pada danau Kelimutu memiliki sebutan dan kepercayaan masing-masing oleh warga setempat. Pada danau bagian air yang berwarna biru disebut juga Tiwu Nuwa Muri, dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa pemuda-pemudi yang telah meninggal dunia. Bagian danau dengan warna air merah atau Tiwu Ata Polo dipercaya sebagai tempat roh orang yang semasa hidupnya berlaku jahat, sedangkan pada bagian warna air putih yang juga disebut Tiwu Ata Mbupu adalah tempat berkumpulnya jiwa/roh orang tua yang telah meninggal. dan juga Pemisah antara bagian danau yang berbeda warna hanya dibatasi oleh batu sempit yang mudah hancur.


Menurut penduduk lokal perubahan warna danau ini bisa disebabkan bermacam macam, konon berubah kalau suasana politik tidak menentu di negeri ini. tetapi jika dilihat faktanya perubahan warna pada danau dapat disebabkan oleh adanya aktivitas gunung berapi yang masih aktif, pembiasaan cahaya matahari, adanya zat kimia dan mikroorganisme dalam air serta pantulan warna pada dasar atau dinding danau. Dari kota Kupang, untuk menuju kota Ende dapat melalui jalur udara menggunakan pesawat, jarak tempuh sekitar 40 menit.

Menikmati keindahan Danau Kelimutu tidak lengkap kalau belum melihat videonya, silahkan klik link video ini Video Keindahan Danau Kelimutu.

Diatas saja sudah jelas, melihat foto fotonya aja sudah bikin ngiler untuk datang kesini. apalagi liat videonya makin makin deh hehe.. ya tempat ini memang rekomendasi banget untuk didatangi, apalagi cuaca sejuk didaerah ini membuat saya ingin datang dan datang lagi kesini.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

5 comments:

Nasirullah Sitam said...

Heeee, jadi ingat uang jaman dulu, mas :-D

Mukti Ali said...

Wow keren.... ijin share admin sekedar promo kebetulan danau kelimutu ini sudah sering saya datangi...kebetulan juga saya asli orang sana..terimakasih sudah memposting...iya jd ingat uang pecahan uang RP.5000 waktu itu kalau tidak salah Gubernur BI atau mungkin Mentri Keuangannya agak lupa.... Bapak Adrianus Moi.

virtha said...

waaawww bener2 indah..
ga bisa berkata apa2 lagi nih saya

aerlangga said...

keren banget bang .
dulu waktu sd liat ni danau dari uang 5000 jaman dulu gue kira ni boongan .hehe ternyata emang bener ada . indah banget diliat

wsc biolo said...

terimakasih informasinya gan..