"Wakatobi The Amazing Celebes Paradise" #Terios7Wonders


Indonesia dikenal sebagai Negara Bahari yang dikelilingi oleh banyak kepulauan, Indonesia juga dikenal punya banyak surga bawah laut yang indah di dunia. salah satu keindahan tersebut adalah Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Ibukota dari Kepulauan Wakatobi ini adalah Wangi Wangi dan Wakatobi punya empat pulau besar yang terkenal. diantaranya Wangi Wangi, Kalidupa, Tomia dan Binongko. nama Wakatobi diambil dari singkatan dari keempat pulau tersebut.

Nama Wakatobi ini sebenarnya terbilang baru karena sebelum tanggal 18 Desember 2003, kepulauan ini disebut Kepulauan Tukang Besi dan masih merupakan bagian dari Kabupaten Buton. Secara astronomis dan yang membuat unik, Kabupaten Wakatobi ini berada di selatan garis khatulistiwa dan seperti daerah lain di Indonesia, karena keindahan alam yang masih terjaga Wakatobi ditetapkan menjadi taman nasionl pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta hektar, menyangkut keanekaragaman hayati laut dan karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia yang harus dijaga.


Saya mendapatkan kesempatan untuk Traveling ke beberapa pulau di Wakatobi, yaitu Pulau Wangi Wangi dan Tomia. disini ada beberapa objek wisata yang bisa kita lihat dan kita abadikan melalui foto.

Pantai Patuno di Pulau Wangi Wangi.


Pantai Patuno terletak di Patuno Resort, buat orang umum yang datang boleh sambil menikmati makan siang di Resort ini. Pantai Patuno terletak di daerah Wanci Ibu Kota Kabupaten Wakatobi dan Bandara Matahora Wanci. jika ingin kesini dari Wanci hanya berjarak kurang lebih 22 kilometer, sedangkan dari bandara hanya sekitar tiga kilometer. Letak pantai yang begitu strategis menjadikan kawasan tersebut mudah diakses. Mencapai tempat ini dari Wanci dengan mobil atau sepeda motor hanya butuh waktu kira-kira 30 menit, sedangkan dari bandara sepuluh menit.


banyak aktivitas yang dilakukan di pantai ini, hamparan pasir membentang luas yang membuat kita tidak bosan bosan memotret landscape, kegiatan snorkling juga bisa dilakukan disini. tetapi harus hati hati ya, karena banyak daerah karang dan masih banyak terdapat ular laut disini. kalau anda beruntung anda bisa melihat lumba lumba yang sedang bermain disekitar pantai ini, anda bisa melihatnya dari atas dermaga. disekitar pantai ini memang banyak karang, dan kurang cocok untuk snorkling di area sekitar sini. karena banyak terdapat ular laut yang bersarang dikarang besar sekitar pantai ini.


Pulau Tomia

Pulau Tomia adalah salah satu pulau di kepulauan Wakatobi, Pulau Tomia ini terkenal akan keramahan penduduknya dan merupakan pulau wisata yang punya keindahan bawah laut terindah di Dunia. Pulau ini berjarak 4 jam perjalanan laut dari pulau Wangi wangi. untuk mengunjungi pulau ini kita bisa menaiki kapal kayu besar di perkampungan suku Bajo dengan membayar tiket perorang 150rb. selain lokasi untuk snorkling dan diving, kita juga bisa mengelilingi pulau dengan menaiki kendaraan selama 1.5jam. seluruh pulau memiliki landscape yang luar biasa. setelah puas mengelilingi pulau jangan lupa untuk snorkling di pulau ini kalau anda tidak bisa diving.


Yang saya suka di Pulau Tomia banyak objek wisata yang menarik disini, saya juga tidak khawatir dengan penginapan disini. karena ada lebih dari 3 homestay yang sangat nyaman, bagi saya nyaman ketika tempat tersebut ada ACnya dan bisa tidur nyenyak ketika malam. memasuki kota Tomia serasa kota kecil di pulau Jawa umumnya, ya karena penduduk disini banyak pendatang terutama suku Jawa. dibuktikan setelah keluar dari dermaga ada warung bakso sragen disisi jalan hehe..

ada begitu banyak keindahan pantai dan alam di pulau Tomia ini, dibawah ini saya tidak usah banyak berkata kata lagi..tapi silahkan dinikmati sendiri foto fotonya..




Kampung Terapung Suku Bajo

Kalau di Amerika mereka punya suku Gypsy, Indonesia punya Suku Gypsi laut yang suka berpindah pindah. ya mereka adalah suku Bajo, tinggal dirumah yang dibangun diatas laut. mereka mempunyai hubungan khusus dengan laut, konon jika terlalu lama di darat mereka bisa mabuk darat hehe. untuk menuju Kampung Terapung Suku Bajo ini membutuhkan waktu 1.5jam perjalanan laut dengan menggunakan speedboat dari Wanci. dan untuk bisa menyebrang dan mengunjungi kampung ini harus menggunakan sampan kecil karena area sekitar Kampung Bajo ini banyak sekali terdapat karang karang.

yang membedakan Kampung Terapung ini sepertinya mereka tidak menjadi Nomaden seperti dahulu, mereka sudah banyak yang menetap disekitar pantai. sebagian besar masih mendirikan rumahnya di tengah laut dengan fondasi rumah ditancapkan didasar laut. Suku Bajo merupakan orang Laut sejati, sejak lahir mereka sudah hidup dengan laut. tidak hanya itu mereka juga dikenal sebagai penyelam tradisional yang hebat, mencari ikan dengan memanah adalah salah satu keahlian mereka.


Kabupaten Wakatobi berada di selatan garis khatulistiwa dan seperti daerah lain di Indonesia, Wakatobi memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Taman Nasional Wakatobi yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta hektar, menyangkut keanekaragaman hayati laut dan karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. bahkan saking terkenalnya Wakatobi sampai mancanegara seorang jurnalis asing mengatakan “Wakatobi merupakan tempat menyelam paling indah di dunia.“ - Jacques Costeau (Seorang jurnalis selam dunia).

Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral. Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter. tidak heran Teman teman saya dari Tim #Terios7Wonders yang hobinya diving sangat betah berlama lama diving disini.


Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi adalah dari bulan April sampai dengan bulan Juni dan Oktober sampai dengan bulan Desember setiap tahunnya. Taman Nasional Kepulauan Wakatobi merupakan keindahan alam perairan yang sangat menakjubkan. Keindahan darat dan bawah lautnya akan memuaskan mata, menyegarkan hati dan pikiran Anda serta menambah pengalaman Anda mengenai kehidupan bawah laut. Beberapa kegiatan yang pasti bisa Anda lakukan di sini mulai dari menyelam, snorkeling dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan berbagai biota laut.


Kepulauan Wakatobi merupakan Destinasi akhir dari Tim Daihatsu #Terios7Wonders dan tidak salah jika Wakatobi disebut sebagai "Amazing Celebes Paradise" kami berkendara selama 13 hari dari Manado sampai Wakatobi melalui jalur darat, banyak sekali budaya dan alam yang kita explore sepanjang perjalanan. Traveling bagi setiap orang memang mempunyai makna yang berbeda beda, tetapi Traveling yang terbaik bagi saya adalah roadtrip dan melakukan perjalanan darat. kenapa, karena disitulah kita bisa menemukan banyak sahabat dan teman baik. banyak suka ketika perjalanan yang membuat makin mempererat persahabatan kami. terima kasih Daihatsu Tim #Terios7Wonders, 13 hari bersama dijalan membuat kami punya banyak teman baik dan sahabat baru. tetaplah mengexplore alam dan budaya Indonesia.. 

note : yang ingin melihat catatan perjalanan #Terios7Wonders silahkan discrool2 dibawah ya..saya menulis sepanjang perjalanan 13 hari mengexplore Sulawesi, semoga tulisan dan foto bisa menginspirasi teman teman yang ingin Traveling jalan darat dan tentunya terus mempromosikan Pariwisata Indonesia..

Artikel & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

7 comments:

deric santoso said...

wush foto nya keren bener, pake kamera apa tu gan ??

Cicilan Ringan

pancal said...

keindahan Pantai Patuno di Pulau Wangi Wangi memang luar biasa..
jadi pngn jalan-jalan ke sana buat menikmati keindahan alamnya.. :D

Tas Wanita Branded dengan Harga Bersahabat

supeno said...

kok bisa keren-keren gitu fotonya..hehe
jadi pngn ikutan mas barry kusuma jalan2 plus hunting foto keindahan indonesia :D

blackberry passport

orangbiasaji said...

pengen ke wakatobi, kebetulan ada kawan orang buton ..
sukses terus om barry :D

halo fotonya cantik sekali ... apaagi yg sunset

Traveling Celebes said...

Sungguh indah Indonesiaku, mas barry boleh gak saya copy foto di blog alambudaya dan posting ulang di blog saya, name link pemilik foto akan saya camtumkan. thanks

bambang JavaBaliTrips said...

satu hal yang jangan terlupakan adalah bersinergi dengan sosial setempat, lingkungan agar pariwisata kita berjalan seiring dengan sosial budaya dan alam sekitar.

cara membuat empek empek said...

wah gak kebayang nih kalau punya villa disana, hehehe