Pulau Peucang, Wisata Pantai & Hutan di Ujung Barat Pulau Jawa.


yang ingin berliburan pada saat weekend pasti tidak asing dengan Pantai Anyer dan Carita, tahukah anda dengan 1 - 1.5 jam lagi perjalanan dari Carita anda menemukan kawasan Pantai Tanjung Lesung yang cantik. Kawasan Tanjung Lesung mempunyai beberapa pantai yang indah, selain itu dari sini kita juga bisa mengunjungi beberapa kawasan Wisata seperti Pulau Peucang, Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon dan Gunung Krakatau.

Pulau Peucang berada di Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat, serta merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dan satwa langka lainnya. Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan obyek wisata alam yang menarik, dengan keindahan berbagai bentuk gejala dan keunikan alam berupa sungai-sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya/sejarah (Arca Ganesha, di Gunung Raksa Pulau Panaitan). Kesemuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain.


Pulau Peucang adalah salah satu pulau di TNUK yang banyak disinggahi para peneliti, pecinta lingkungan, maupun wisatawan. Di pulau seluas 450 hektare ini terdapat pantai-pantai alami yang berpasir putih serta kawasan hutan yang masih terjaga. Selain menikmati pantai dan panorama sekitar yang natural, wisatawan dapat melakukan snorkeling atau berenang di lautnya yang jernih. Aktivitas lain yang banyak dilakukan wisatawan di Pulau Peucang adalah trekking ke Karang Copong atau menyeberang ke Cidaon, di mana terdapat sabana yang dihuni kawanan banteng, merak, rusa, serta dan mercusuar tua yang dibangun pada masa kolonial.


Pulau lain yang juga menarik adalah Pulau Handeuleum. Di sini, wisatawan dapat melakukan trekking, menyusuri sungai dan hutan mangrove dengan perahu, dan mengamati sejumlah satwa liar seperti banteng, rusa, atau badak Jawa bila beruntung. Sementara di Pulau Panaitan, terdapat Gunung Raksa di mana terdapat sebuah situs sejarah yang banyak dikunjungi para peneliti maupun wisatawan.

Mengingat kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah kawasan penting dan dilindungi, wisatawan yang ingin melakukan aktivitas di dalam kawasan ini sangat disarankan untuk menginformasikan kepada petugas terlebih dahulu sebelum menuju taman nasional ini. Hal ini juga memudahkan dalam menyiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk mendukung aktivitas yang dilakukan seperti menyewa perahu, pemandu, serta kebutuhan lainnya.


Untuk Menuju ke Taman Nasional Ujung Kulon dapat dicapai dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Untuk menuju, Sumur atau Taman Jaya, sebagai pintu gerbang Taman Nasional, perjalanan dapat dilakukan dengan menempuh rute Pandeglang dan Labuan. Sedangkan, bila dengan transportasi umum, wisatawan bisa menggunakan bus menuju Labuan dan dilanjutkan dengan mini bus ke Sumur. Dari Sumur atau Taman Jaya, wisatawan kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Peucang atau pulau lain yang dituju dengan perahu.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

8 comments:

morro said...

bang aku nunggu rincihan biayanya :(

Herry Adityo Nugroho said...

bro minta rincian biaya kesana dong, rncana bwt 2 org sih


thx

Alex said...

bro kira2 budget buat kesana brp ya ?
tempatnya menarik bgt.
ane jadi tertarik buat trvelling k sana :D

Ami said...

fotonya keren-keren.
Menarik nih untuk jadi destinasi selanjutnya. :)

Gocioo said...

estimasi budgetnya kirakira berapaan tuh ya, tempatnya menarik :D

Bali Tour said...

Pak,

Ada tamu yang mau ke sini . boleh minta info nya

dadan said...

Bila teman Teman mau ke pulau pecang saudara saya menawarkn perahu dengn kapasitas 50 orng dari laut sumur menuju pulau pecang dengan hrga tranportasi kapal rp 3.5 juta

ibu nabila said...

Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.