Tips dan Trik Memotret Royal Ngaben.


Satu perhelatan besar di Ubud Bali adalah Royal Ngaben Cremation, event ini adalah termasuk yang terbesar di Pulau Bali. yang menarik Royal Ngaben Cremation ini adalah persiapannya yang panjang, biasanya memakan waktu persiapan 1 sd 2 bulan mulai dari pembuatan bade atau menara yang akan digunakan untuk ngaben. sehingga persiapan ini sudah membuat magnet bagi para turis yang akan melihat.

Ngaben sendiri adalah upacara terakhir dan yang paling penting dari setiap kehidupan Bali. di mana jiwa dilepaskan sepenuhnya dari tubuh untuk naik ke surga dan akan bereinkarnasi. yang bertujuan untuk mengirim Jiwa almarhum untuk kehidupan selanjutnya. karena menurut kepercayaan Masyarakat Bali yang meninggal hanya sementara dan akan bereinkarnasi akan mendapatkan ketenangan terakhir di Moksha (pembebasan dari reinkarnasi dan siklus kematian).


Jenajah dibawa dan diiring menuju Bade, atau menara untuk selanjutnya dibawa ke Pure lain.
Kremasi adalah peristiwa besar di Bali, terutama Upacara kremasi kerajaan seperti di Ubud Agustus 2011 yang lalu, Royal Cremation sangat menarik dan menjadi magnet Pariwisata di Bali, yang meninggal adalah anggota keluarga dekat kerajaan atau bahkan Raja itu sendiri. persiapan sebelum ngaben melibatkan banyak banjar (kampung) yang tentunya melibatkan banyak orang. persiapan ini sendiri sangat menarik perhatian wisatawan, kebetulan acara Royal Cremation ini diadakan di Puri Dalem Ubud yang letaknya didepan pasar tradisional Ubud.


upacara yang rumit dan banyak persiapan sebelum dan setelah kremasi.salah satunya adalah pembuatan bade dan patung Lembu sudah dimulai sejak sebulan, pembuatannya pun dibuat sangat teliti dan detail. yang sangat menghibur pada hari H ada banyak upacara adat dan tarian yang ada sebelum acara.

ada beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dalam memotret dan menonton Royal Cremation Ngaben :

1. Ngaben adalah event terbesar dan kolosal di Bali, sehingga akan sangat banyak yang akan menonton. datanglah pada saat subuh di lokasi, selain parkir kendaraan kita ditempat yang aman. kita bisa mencapai lokasi dengan tepat waktu, karena menjelang perayaan Ngaben, banyak jalan utama menuju Ubud yang ditutup.


2. Banyak acara dan perayaan budaya di Dalam Pura Dalem Ubud, seperti tari tarian, upacara adat lainnya persiapan dan lain lain. pakailah busana yang sopan dan formal, untuk menghormati acara tersebut dan jangan lupa membawa pakaian sembahyang Bali seperti udeng atau ikat kepala. karena untuk memasuki Pura Dalem Ubud kita diharuskan memakai Pakaian Sembahyang Bali ini.

3. Berhati hatilah dengan barang bawaan anda, terutama kamera. usahakan jangan berganti ganti lensa, cukup 1 kamera dengan 1 lensa. karena penonton sangat penuh dan akan membahayakan diri anda sendiri jika terlalu mencolok.


4. Makan dan membawa minuman sangat penting untuk mengikuti Acara ini, karena prosesi Ngaben biasanya dilakukan pada saat siang dan cuaca sangat terik. dibutuhkan fisik yang kuat dan sehat untuk memotret Royal Ngaben Cremation ini.



Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”