13 Aplikasi Smartphone & Tablet yang keren untuk Traveling.

Artikel oleh Barry Kusuma.

Smartphone yang kita pakai akan lebih maksimal penggunaannya kalau kita bisa memaksimalkannya dengan baik, saya merasa bersyukur dengan kehadiran Smartphone saat ini. karena ternyata selain untuk alat komunikasi Smartphone juga sangat membantu pada saat kita Traveling. hal ini berbeda banget 10 tahun lalu ketika TS mau Traveling cari informasinya aja susahnya setengah mati dan dipelosok pelosok Indonesia dapet signal aja juga susahnya ampun.

namun sekarang Smartphone merupakan Gadget yang wajib saya bawa ketika Traveling, walaupun saya yakin nih pasti banyak diantara agan aganwati yang belum memaksimalkan Smartphonenya. paling banter buat status update sama chating aja kan? hehe.. oke saya mau sharing 13 Aplikasi yang sangat berguna dan bisa kita gunakan pada saat Traveling.

Aplikasi - aplikasi apa sajakah di Smartphone agar optimal ketika kita Traveling :

1. Weather Application.

Weather Application ini banyak macamnya, tapi fungsinya satu. ya memprediksi perkiraan cuaca pada saat kita Traveling. bagi saya mengetahui cuaca sangat penting karena untuk kebutuhan foto. jam berapa saja yang bagus, motret sunset bagusnya jam berapa begitupun juga memotret Sunrise.

2. Instagram.


Instagram ini adalah media sosial untuk Fotografi, siapa sih yang engga mengenal Instagram. aplikasi ini favorite saya karena setelah mengedit foto kita bisa menyimpan file high ressnya. sehingga file high ress tersebut bisa kita gunakan untuk web maupun dicetak ukuran 4 sd 5r. praktis bukan.. selain itu kita juga bisa sharing kebanyak sosial media sekaligus.

3. Waze ( GPS Digital).


ini salah satu aplikasi favorite saya, Waze yang sudah dibeli Google ini menurut saya oke banget. GPSnya begitu akurat, ketika Traveling ke daerah daerah saya selalu menggunakan waze, terutama ketika membawa mobil sendiri. karena aplikasi inilah saya mulai banyak meninggalkan GPS Garmin saya, namun kekurangannya kalau tidak ada signal kadang suka tidak akurat.

4. Google Drive.


Google Drive ini saya gunakan untuk membackup foto foto Traveling saya, ketika menemukan wifi gratis wuussshh foto2 langsung dibackup. bagi Travel Writer dan Fotografer membackup foto itu sangat penting, karena sekali kelupaan dan Smartphone hilang habis sudah foto2 di perjalanan tersebut.

5. Aplikasi Kaskus.


Aplikasi kaskus ini merupakan aplikasi Favorite saya, kenapa? karena bisa mengurangi kebosanan ketingga menunggu delay pesawat atau ketika perjalanan darat dengan membaca HT yang bermutu dari kaskus. selain itu kita bisa menanyakan informasi di Forum Travelers Domestik untuk informasi - informasi tentang destinasi wisata yang kita tuju. banyak sekali informasi di Forum Domestik Kaskus tentang Destinasi wisata yang bisa cari.

6. Line Camera.


ini adalah aplikasi favorite saya untuk mengedit foto, dengan mudahnya kita bisa mengedit foto standar seperti di Photoshop. kekurangan dari aplikasi ini adalah foto yang sudah diedit dan disave tidak bisa menyimpan high ress. tidak seperti instagram yang bisa menyimpan high ress.

7. Logbook.

Logbook ini adalah aplikasi yang dibuat oleh anak bangsa, sekelompok mahasiswa yang mencintai Traveling membuat aplikasi ini agar setiap Traveling seperti buku Logbook kita bisa mencatat segala pengeluaran Travel kita. baik itu akomodasi, makan, dll. dan asiknya budget yang kita catat dan keluarkan ini bisa disharing ke teman teman yang lain, sehingga mereka akan sangat terbantu terutama soal budget. aplikasi ini cool!!

8. Google Maps.


biarpun jadul dan dari dulu tampilannya itu itu saja, tetap Googlemaps saya butuhkan. terutama pada saat Traveling jalan darat, saya biasa mengecek agar tidak salah jalan dan menghitung berapa lama lagi sih sampai ke destinasi tujuan.

9. Foursquare.


Aplikasi ini berguna banget pada saat kita sedang kelaparan, karena dengan hanya 1 klik kita bisa langsung melihat banyak restoran disekitar kita. tidak hanya restoran, semua tempat ada disini. termasuk lokasi lokasi wisata yang tidak banyak orang tahu kita bisa mengetahui di Foursquare.

10. TripAdvisor.

saya menggunakan aplikasi ini untuk mencari hotel dan restoran dengan rating yang bagus, terutama mencari hotel dan fasilitasnya. selain hotel mewah, yang backpackeran yang direkomendasikan juga banyak disini.

11. Aplikasi dari Booking.com



sebenarnya aplikasi ini hampir sama dengan Tripadvisor, tapi menurut saya aplikasi ini sangat baik untuk mencari harga hotel terutama yang promo. ada cerita nih pengalaman saya ketika di Semarang, saya mencari hotel yang punya fasilitas cukup bagus dan harga terjangkau. ketemu deh di booking.com hotel di jalan Pandanaran sekitar 380rb, nah setelah masuk hotel saya mau checkiin saya tanya berapa harga kamar dan resepsionis bilang harganya 600rb. sontak komplen lah, saya bilang di booking.com kok cuma 380rb. dan akhirnya diberikan harga sesuai booking.com nah aplikasi ini berguna kan gan, terutama untuk menghemat waktu untuk mencari hotel dengan harga terbaik.

12. Travel Note.


nah ini aplikasi yang penting banget nih, walaupun cuma note. terkadang kita suka lupa untuk mencatat apa saja yang kita temui selama perjalanan, apalagi kalo Travelingnya berminggu minggu. dijamin bakalan lupa deh kalo engga dicatet, Note sangat berguna untuk mencatat2 ketika Traveling.

13. Twitter.


Siapa sih yang engga kenal Twitter, ya penting banget nih Twitter kalo buat saya. karena saya suka Livetweet selama perjalanan, manfaatnya ketika Livetweet banyak banget, terutama pada saat diperjalanan saya banyak dapet informasi sama teman & follower tentang destinasi tersebut. misal kemarin saya ke Balige Sumatera Utara makan mie Gomak, saya update di twitter dan ada teman langsung balas yang paling enak itu mi Gomak di Pasar Balige. besoknya saya langsung kesana dan ternyata bener yang dikatakan teman saya. banyak banget kok manfaatnya kalau kita suka sharing di media sosial.

Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

7 comments:

Ujung Genteng said...

Mantab Bro...
Thanks for Sharing Tips...

Barry Kusuma said...

sama2 bro..semoga bermanfaat..monggo kalau ada yang mau ditambahkan..

Udeh Nans said...

Mantab tips dan artikelnya mas...

ternyata bisa juga ya harga turun setelah kita kasih lihat di booking.com wkwkwwk

Windu Saputra said...

mungkin sedikit menambahkan selain google drive, dropbox juga bisa dipakai :)

alambudaya said...

betul dropbox hampir sama dengan google drive dan cukup populer juga..

aaron setiawan said...

Mau coba install logbook juga. Di PlayStore banyak pilihannya. Logbook yang mana ya yang diinstall Mas Barry??

it solution indonesia said...

Keren bgt app - appnya. Ijin rewrite Min, nanti ane cakupin link dari website ini.
:o