Taman Nasional Tanjung Puting Konservasi OrangUtan Terbesar di Dunia



Suasana Sungai Sekonyer 

Photography and Text by Barry Kusuma

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan Taman Nasional yang terletak di semenanjung Kalimantan Tengah, disini terdapat Konservasi OrangUtan terbesar di Dunia dengan populasi diperkirakan 30.000 sd 40.000 orangutan yang tersebar di Taman Nasional dan juga diluar Taman Nasional ini. selain itu Taman Nasional Tanjung Puting juga merupakan Cagar Biosfer yang ditunjuk pada tahun 1977 dengan area inti Taman Nasional Tanjung Puting seluas 415.040 ha yang ditetapkan pada tahun 1982.

dengan status Taman Nasional dan cagar biosfer TN Tanjung Puting ini dapat terjaga kelestariannya dan merupakan daya tarik salah satu wisata di Indonesia, berbeda dengan Konservasi orangutan yang terdapat dibagian Kalimantan lainnya kita melihat Orangutan di habitat buatan manusia. tidak di TN Tanjung Puting ini kita dapat melihat langsung habitat alami Orangutan secara langsung dan melihat langsung hidup mereka di alam liar. Tanjung Puting pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa dengan luas total 305.000 ha.

Orangutan Betina dengan anaknya yang bebas bermain di habitatnya
                           
cara yang terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting adalah dengan menggunakan kapal klotok, kenapa dinamakan dengan kapal Klotok karena kapal ini bunyinya tok tok tok sehingga masyarakat sekitar memberi nama Kapal Klotok. Kapal Klotok ini merupakan akomodasi yang cukup nyaman, Kapal klotok memuat penumpang 7 sampai dengan 12 orang. dan laju kapal ini juga tidak terlalu kencang, sehingga kita bisa menikmati suasana sungai Sekonyer disepanjang jalan menyusuri sungai. dengan kapal ini para penumpang dapat menikmati sunset, kunang kunang dan hewan liar yang terkadang terlihat dipinggiran sungai.

sebagian besar pengunjung Taman Nasional Tanjung Puting ini adalah wisatawan asing, karena banyaknya wisatawan asing yang datang kesini membuat masyarakat Pangkalan Bun dan Taman Nasional lebih meningkatkan pelayanan mereka. salah satu contohnya adalah pada saat kita menaiki Klotok tidak kalah dengan pelayanan hotel berbintang, guide dan kapten kapal yang ramah. masakannya pun juga sangat enak jika kita membandingkan dengan standar Kota Besar, mungkin karena mereka telah terbiasa melayani Wisatawan asing sehingga standar kualitas pelayanannya pun tetap bagus. begitupun jika sudah malam, kita dapat tidur diatas kapal klotok dengan ditemani dengan kelambu.


Suasana Pantai Tanjung Keluang yang jaraknya tidak jauh dari TN Tanjung Puting


High season di TN Tanjung Puting menyebabkan penuhnya bookingan Kapal Klotok ini, pada bulan Juli sampai dengan Agustus adalah masa high season karena berbarengan dengan banyaknya libur dan musim liburan sekolah. jika anda ingin mengunjungi TN Tanjung Puting bulan bulan ini hindarilah bulan tersebut, selain itu bawalah lotion anti nyamuk.

disepanjang menyusuri sungai Sekonyer kita dapat melihat monyet- monyet yang bergelantungan dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Hutan ini merupakan rumah bagi delapan jenis primata. termasuk monyet yang memiliki hidung panjang (bekantan), dengan hidungnya yang panjang masyarakat sekitar menyebutnya dengan monyet Belanda karena hidungnya yang mancung. pada saat menyusuri sungai Sekonyer menuju tempat objek wisata di TN Tanjung Puting ini berhati-hatilah dengan buaya, mereka sulit untuk dilihat tapi mereka ada disekitar sungai. memang melihat aliran sungai ingin rasanya kita untuk berenang dan menikmati alam Taman Nasional ini.


Tanjung Keluang
                            
dikawasan sungai Sekonyer ini sebagian sungai terkontaminasi dengan limbah tambang emas yang berada dekat dengan kawasan ini, tetapi jika sudah dekat dengan camp leakey kita akan menemui 2 jalur menuju camp leakey dan menuju kawasan tambang. dikawasan camp leakey ini sungai sekonyer sudah tidak terkontaminasi limbah, disini kita dapat melihat air sungai yang berwarna merah kehitam hitaman bukan karena kotor. tetapi air sungai ini berwarna seperti ini dikarenakan rendaman alami dari akar akar pohon disepanjang sungai.

Salah satu tempat menarik di Tanjung Puting adalah Camp Leakey, tempat pelestarian Orangutan. memang sebelum menuju ke camp leakey ini ada terdapat camp camp lain seperti Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Pondok Ambung, dan yang terakhir adalah camp leakey. Kamp ini merupakan yang terbesar dan dibangun pada tahun 1971. tempat ini merupakan lokasi berlindung orangutan yang diselamatkan dari perburuan liar. Saat ini kamp ini dikenal sebagai pusat penelitian dari orangutan ini.kita dapat Mempelajari orang utan di pusat informasi Camp Leakey. Memberi makan orang utan tidak diperbolehkan di Camp Leakey dan camp camp yang lain.kamp ini akan selalu dijaga dan tetap penting karena orang utan merupakan spesies yang terancam punah, terancam oleh dampak deforestasi dan perdagangan ilegal hewan peliharaan.
TOM si Raja OrangUtan di Camp Leakey

Orangutan yang sedang mengintip para travelers yang sedang trekking dikawasan hutannya
                          
selain itu Pondok Tangui juga merupakan pusat rehabilitasi untuk orang utan yang pernah ditangkap,. Di kedua pusat pelestarian ini, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat dari dekat primata menakjubkan ini dan belajar lebih banyak tentang bagaimana kita dapat melindungi spesies yang terancam punah dari pulau Kalimantan.




Fakta unik tentang TN Tanjung Puting dan OrangUtan
Hewan Tarsius ternyata terdapat juga di Taman Nasional Tanjung Puting, hewan kecil Tarsius yang kita tahu banyak terdapat di Sulawesi khususnya di cagar alam Tangkoko.

Tumbuhan endemik di TN Tanjung Puting ini adalah kayu ulin atau yg dikenal kayu besi, kayu ini hanya terdapat di pulau Kalimantan. Kayu ulin ini banyak terdapat di TN Tanjung Puting. yang membuat terkenal Kayu ulin atau Besi ini adalah jenis kayu yg paling kuat diantara semua jenis kayu,karena kayu ini dapat bertahan di segala medan cuaca. jika terkena air semakin keras, begitupun juga sebaliknya. dan Kayu Ulin ini tidak dimakan rayap karena sedemikian keras kayu ini.

OrangUtan Betina yang sedang memberi makan anaknya

Tanjung Keluang selain tempat konservasi penyu dikawasan TN Tanjung Puting jg merupakan Best Spot Sunrise

Orang utan mempunyai sifat soliter atau bisa hidup sendiri, orang utan betina baru bersifat semi soliter karena Orangutan betina harus menjaga anaknya sampai besar dan cukup mandiri untuk bisa hidup sendiri dihutan. Berbeda dgn manusia,orang utan betina akan melahirkan kembali plg cepat setelah 4tahun / setelah anaknya besar.

Pada saat melihat orang utan di TN tanjung puting bagi wanita berpakaianlah yg sopan karena untuk menjaga hal yg tidak diinginkan, karena Orangutan juga bisa tertarik dengan Manusia.

Hewan yg banyak ditemui di TN Tanjung Puting selain Orang Utan adalah bekantan, monyet dan Buaya. Di Taman Nasional Tanjung Puting juga banyak larangan disini, salah satunya adalah tidak boleh merokok dikawasan ini.

Anak Orangutan yang selalu bersama induknya

Penyu hijau yang banyak terdapat di Taman Nasional Tanjung Puting

di Kawasan TN Tanjung Puting ini signal HP sangat jarang, semakin memasuki kedalam kawasan TN semakin anda tidak dapat signal. untuk menghemat batere bb anda, ganti signal 3G dengan EDGE. Signal 3G banyak menghabiskan batt anda pada saat traveling dan Hindari berpakaian berwarna hitam pada saat ke TN Tanjung Puting,karena nyamuk dan hewan agas sangat menyukai pakaian gelap.
Orang Utan mempunyai tenaga yg besar, mengalahkan tenaga manusia & jauh lebih kuat dari manusia. Kekuatan 1 orang utan betina sama dgn 4 org pria,kekuatan 1 org utan jantan sama dgn kekuatan 8 pria.
Orangutan tidak bisa berenang dan mereka sangat takut dengan api, ketika kebakaran hutan populasi mereka bisa berkurang setengahnya dari populasi seluruhnya.

Dilarang keras untuk berenang di Sungai Sekonyer ini, dikarenakan masih banyak buaya yg terdapat disini dan banyak yang memakan korban jika kita tidak hati hati.

Desa Sekonyer yang bersebrangan langsung dengan TN Tanjung Puting

Akomodasi menuju Taman Nasional Tanjung Puting

Untuk Akomodasi di tanjung puting menggunakan klotok/kapal wisata,
rimba lodge dan guest house.
Untuk klotok ini ada asosiasinya HKWK (Himpunan Klotok Wisata Kumai)
dan sudah punya standar untuk harga perharinya.
Harga klotok itu variatif sesuai dengan ukuran dan mesin kapal :
1. untuk tour 1 hari harga klotok mulai 1,3jt - 2jt
2. untuk tour 2 hari harga klotok mulai 750rb-1,2jt / harinya
3. untuk tour 3 hari - seterusnya mulai 600rb - 1jt / hari nya
Catatan : ini cuma harga klotok saja belum termasuk makanan

Guide : guide ini juga semua terhimpun dalam wadah organisasi profesi
yaitu HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia).
Untuk guiding fee 250rb/hari (untuk guiding 1-4orang) dan klo yang
dipandu lebih dari 4 orang biasanya harganya bisa nego lagi.


Kerajinan Patung khas Pangkalan Bun
Juru Masak : ini adalah orang yang akan memasak di klotok dan
menyiapkan segala kebutuhan makanan selama di klotok.
Untuk bayaran juru masak ini adalah 120rb/4org/hari, klo lebih dari 4
orang, misalkan 5 orang maka 120 + 30 = 150rb/harinya, jadi setiap
nambah orang nambah juga bayarannya yaitu sebesar 30rb/orangnya.

Ijin masuk :
Wisatawan nusantara : tiket masuk 12rb/orang/hari, 5rb/camera,
15rb/handycam,tiket klotok 50rb/klotok,tiket parkir klotok
10rb/klotok/hari.
Wisatawan asing : tiket masuk 120rb/org/hari, 50rb/camera,
150rb/handycam, tiket klotok 50rb/klotok, tiket parkir klotok
10rb/klotok/hari.

Makanan dan minuman:
ini bisa menyesuaikan dengan budget si wisatawan mereka mau menu yang
gimana, untuk gambaran 1 orang 100rb/org/hari - 200rb/org/hari.


Saya ucapkan banyak Terima kasih kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang telah mengundang saya untuk menjelajahi keindahan Taman Nasional Tanjung Puting, semoga dengan share informasi tentang Tanjung Puting ini yang telah didukung oleh Kementrian Parekraf berguna bagi orang banyak. terutama Para Travelers yang ingin berkunjung ke Taman Nasional ini..

Mari kita jaga dan cintai AlamBudaya Indonesia bersama sama.. ^_^

Photography and Text by Barry Kusuma

(advertorial)


Buku 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia adalah Buku yg merangkum Keindahan alam dan budaya Indonesia. membaca buku 15 Destinasi ini membuat Travelers & Fotografer terinspirasi untuk keliling Indonesia, di Buku ini detail menjelaskan tentang destinasi dan event budaya yang jarang orang tahu dan kunjungi di Indonesia. Bagi Fotografer yang ingin keliling Indonesia Buku ini wajib dimiliki karena merupakan panduan yang lengkap destinasi mana saja yang harus Fotografer harus kunjungi di Indonesia untuk membuat stok foto.

banyak Travelers merasa bepergian dan liburan hanya menghabiskan uang saja, padahal banyak aktifitas yang bisa dilakukan pada saat Traveling salah satunya adalah memotret. Traveling dan memotret adalah bagian yang tidak terpisahkan, sebagian besar kita pada saat liburan pasti membawa kamera. di buku ini saya berikan tips travel foto disetiap destinasi Wisata termasuk tips memotret event budaya yang bisa menjadi panduan Travelers, dengan adanya Tips Travel foto dibuku ini bertujuan untuk membuat foto yang baik sehingga foto foto traveling ini bisa digunakan untuk kebutuhan Blog atau majalah. 

kelebihan lain buku 15 Destinasi ini adanya 
1. menerangkan cara "How To Get There"
2. Full Collor dan foto foto berwarna.
3. informasi destinasi wisata di Indonesia yang masih jarang dikunjungi dan Tips Travel Foto disetiap Destinasi Wisata. 

anda bisa memesan Buku ini di Gramedia Online dan Toko Buku Terdekat.

pesan buku ini di Gramedia Online klik

8 comments:

wira said...

Mantap om, saya dari dulu pengen sekali ngeliat orang utan langsung di tanjung puting. Next trip sudah ditentukan :D

Anonymous said...

Wah keren!.. Dari dulu pengen liat orang utan langsung di Kalimantan :D

terry said...

pemandangan di Taman Nasional Tanjung Puting memang ajib, jadi pingn kesana.. :D

Bunga Kpr said...

pemandangan di Taman Nasional Tanjung Puting memang ajib, jadi pingn kesana.. :D

perkembangan janin said...

pemandangan di Taman Nasional Tanjung Puting memang ajib, jadi pingn kesana.. :D

Adu gadget said...

Taman Nasional Tanjung Puting Konservasi OrangUtan Terbesar di Dunia dan ada lagi tempat rekreasi di baliyang memiliki keindahan yang luar biasa, yaiutu Pantai Kubu

mbekk said...

i all... ada yg mau ke tanjung puting 25 des 2014 ini ga? Rwncananya 3D2N. Smntara masih 2 orang.. sambil.nyari2 paket murah nih.. klo ada yg minat hub 081298279486 yaa
line : mbekk

Yullita Handayani said...

boleh minta no Contac Himpunan Klotok wisata Kumai & Himpunan Pramuwisata Indonesia untuk yg tanjung puting.. kl ada boleh call 0812 - 84411222, rencana 18/02/2015 mo ke tanjung puting n kami masih 5 orang.. ada yg minat gabung...