Eksotis Kuliner Pulau Madura



Photography by Barry Kusuma
update info tentang alam budaya Indonesia
di @barrykusuma / http://twitter.com/barrykusuma

Kuliner Jawa Timur sangatlah unik, apakah anda tahu sebagian besar Kuliner dari Jawa Timur berasal dari Pulau Madura. Apa saja wisata kuliner dari Madura ini, silahkan disimak.

Nasi Serpang

Nasi serpang Madura adalah masakan Madura yang unik, karena menggabungkan semua unsur yang terdapat di Pulau Madura. Karena di Nasi serpang ini terdapat bahan2 sebagai berikut

Satu lagi kekhasan Nasi Serpang, yaitu nyaris tak ada sayur yang nongol di belantara lauk pauknya. Hal ini juga akan Anda jumpai hampir di setiap masakan made in Madura.



Sate Lappa

Sate Lappa konon adalah asal muasal sate Madura yang sangat legendaris, sate ini tidak sebesar sate lalat tetapi mempunyai besar sama seperti sate yang dijual kebanyakan sekarang. Bedanya adalah dibumbu kacang yang lebih encer, dan biasanya dijajakan oleh mbok2 seperti penjual jamu. Sayangnya saat ini sudah sangat susah kita menemui penjual sate Lappa ini karena sudah mulai ditinggalkan para penjual.


Kaldu kikil

Masakan ini adalah semacam Gulai dari otot kaki sapi atau yang biasa kita kenal kikil, dengan buah kaldu kikil yang kental dan gurih. Masakan ini dicampur dengan sedikit kacang hijau, dan semangkuk kaldu kikil ini disajikan beserta sepiring ubi yang dibuat semacam perkedel dan sepiring lontong.

Rasa dari kaldu kikil ini sangatlah lezat, karena gurih dan menyerapnya bumbu di kaldu kikil ini. Jangan lupa sertakan jeruk nipis dan sambal, akan membuat rasa kaldu ini pedas dan segar.


Kue Apem Madura

makanan khas warga Madura bernama kue Apem Lopes bumbu gula merah jahe plus kayu manis. Selain rasanya nikmat, Kue apem lopes di percaya dapat menghilangkan capek setelah seharian bekerja lantaran kandungan gula merah jahe plus kayu manis, berfungsi untuk menghangatkan badan.


Nasi Goreng Potre Koneng

Nasi goring potre koneng adalah nasi goreng yang berasal dari Pulau Madura, kenapa dinamakan Nasi Goreng Potre Koneng. Konon nasi goreng ini adalah masakan favourite Putri Koneng, salah satu putri Raja di Madura. Rasanya tidak banyak berbeda dengan nasi goreng biasa, hanya bumbu dan penyajiannya saja yang berbeda. Untuk lauk pauknya nasi goreng ini memakai abon dan ikan teri, bagi yang belum pernah mencoba. Sangat disarankan untuk mencoba nasi goreng ini.


Soto Sabrang

Soto ini sangat unik, karena asal muasal katanya sabrang adalah singkong. Ya soto Sabrang ini dicampur dengan singkong dan ini yang membuat unik adalah kehadiran bahan singkong dan kacang hijau dalam kuah soto yang satu ini. Untuk mengenai bumbu soto hampir sama dengan soto2 yang lain, namun yang membuat special kuliner ini yyang ditonjolkan dan khasnya adalah kehadiran Singkong dan kacang hijau dalam kuahnya.



Kripik Paru

Madura mempunyai oleh2 dan banyak kuliner yang layak dinikmati, salah satunya adalah kripik paru Madura. Kripik paru ini sangat garing dan gurih, karena paru yang digoreng kering ini adalah cemilan yang banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke Madura. Diiris tipis dan ditambah tepung membuat kripik paru ini crispy.


Sate Lalat

Sate Lalat adalah salah satu Kuliner yang unik di Pulau Madura, sate ini banyak bisa kita temui didaerah Pemekasan. Disekitar jalan Niaga yang merupakan sentra penjual makanan sate ini terutama diwaktu malam.

Sate ini adalah sate ayam yang disajikan dalam potongan yang sangat kecil2 yang hampir menyerupai dan sebesar lalat, inilah dinamakan sate lalat. Seperti umumnya sate bumbu kacang dan untuk memakannya kita harus memakan satu tusuk utuh satenya, disertai dengan lontong. Memakan sate ini membuat saya penasaran, karena porsi kecilnya sehingga tidak cukup 1 porsi tetapi bisa menambah 2 sampai dengan 3 porsi. Untuk harga jangan khawatir karena seporsi sate lalat ini harganya dibawah Rp 10.000

Kripik singkong
Madura mempunyai cuaca dan sebagian daerah yang gersang, sehingga tidak banyak pertanian yang dapat ditanami disini. Masyarakat Madura banyak menanam Singkong di kebun rumahnya, dan kripik singkong ini menjadi salah satu oleh2 yang banyak dibawa wisatawan dari Pulau Madura. Kripik singkong ini sangat renyah, karena dikemas sedemikian rupa sehingga membuat rasanya gurih dan layak untuk dinikmati.


Rujak Cingur

Siapa yang tidak mengenal rujak Cingur, kuliner ini adalah khas dari Madura. Cingur yang berarti hidung, ya masakan ini ada unsur dari hidung sapi dan banyak campuran bahan yang membuat lidah kita tidak berhenti bergoyang. Rasanya pun sangat nikmat, Rujak Cingur mempunyai bahan bahan campuran sebagai berikut

Masakan ini merupakan kombinasi sejumlah unsur, antara lain:
Unsur bahan makanan olahan; terdiri dari lontong yang merupakan olahan dari beras yang dibungkus daun pisang, tahu goreng, tempe goreng, cingur alias moncong sapi yang dimasak terlebih dulu.
Unsur buah-buahan; terdiri dari mentimun, nanas, jambu monyet, kedondong, mangga muda, belimbing, bengkoang, atau buah lain sesuai kreasi yang koki.
Unsur sayuran; terdiri dari rebusan daun kangkung, kacang panjang, dan kecambah.
Unsur sambal; merupakan kombinasi dari petis udang, terasi, kacang goreng atau kacang sangrai yang telah dikupas, garam, gula, terasi, pisang batu muda, dan bawang putih goreng. Semua unsur sambal ini diulek di


Nasi Petis Madura

Nasi petis adalah nasi putih dengan lauk telur petis, ditambah empal, paru goreng, semur daging sapi yang empuk dan sangat lezat, serta sambal yang puedessss. Ternyata, semur di Madura dimasak dengan bumbu jintan, sehingga rasanya lebih mantap.

Warung nasi petis yang sangat terkenal di Pulau Madura adalah warung "Amboina" adalah warung makan yang terkenal sejak zaman tempo doeloe. Warungnya rapi, bercat hijau, terletak di pinggir lun-alun kota Bangkalan.

Warungnya bergaya khas tempo doeloe. Karena sempit, hanya ada dua deretan bangku panjang menghadap meja panjang yang menempel ke masing-masing dinding. Karena laris, tak jarang tamu harus antre menunggu giliran tempat duduk. Tak heran pula bila tamu yang datang berdua akan terpisah tempat duduknya karena keterbatasan tempat. Tetapi nasi petis ini adalah kuliner yang paling sukai di Pulau Madura, saya sampai berkali2 membeli nasi petis ini.


Photography by Barry Kusuma
update info tentang alam budaya Indonesia
di @barrykusuma / http://twitter.com/barrykusuma

Travelers & Fotografer yg ingin keliling Indonesia, Wajib punya Buku ini.

Buku 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia adalah Buku yg merangkum Keindahan alam dan budaya Indonesia. membaca buku 15 Destinasi ini membuat Travelers & Fotografer terinspirasi untuk keliling Indonesia, di Buku ini detail menjelaskan tentang destinasi dan event budaya yang jarang orang tahu dan kunjungi di Indonesia. Bagi Fotografer yang ingin keliling Indonesia Buku ini wajib dimiliki karena merupakan panduan yang lengkap destinasi mana saja yang harus Fotografer harus kunjungi di Indonesia untuk membuat stok foto.

banyak Travelers merasa bepergian dan liburan hanya menghabiskan uang saja, padahal banyak aktifitas yang bisa dilakukan pada saat Traveling salah satunya adalah memotret. Traveling dan memotret adalah bagian yang tidak terpisahkan, sebagian besar kita pada saat liburan pasti membawa kamera. di buku ini saya berikan tips travel foto disetiap destinasi Wisata termasuk tips memotret event budaya yang bisa menjadi panduan Travelers, dengan adanya Tips Travel foto dibuku ini bertujuan untuk membuat foto yang baik sehingga foto foto traveling ini bisa digunakan untuk kebutuhan Blog atau majalah. 

kelebihan lain buku 15 Destinasi ini adanya 
1. menerangkan cara "How To Get There"
2. Full Collor dan foto foto berwarna.
3. informasi destinasi wisata di Indonesia yang masih jarang dikunjungi dan Tips Travel Foto disetiap Destinasi Wisata. 

anda bisa memesan Buku ini di Gramedia Online dan Toko Buku Terdekat.

10 comments:

Gibb said...

Nyaaammmmm.... Mak nyussss

Anonymous said...

super duper yummy....sluurrrppppp.....ngeces- ngeces....

indah said...

Nasi Serpang emang TOP.....
saya biasa beli yang di pintu masuk pasar bangkalan, tp sekarang pasarnya dah digusur...hikss...
selain disitu ada jg di nya letek, dan nya sennam...

Petualang Nekadz said...

kereeen... thx infonya mas...kebetulan ada rencana ke sana....

cantix said...

Bebek Sindjay ndak dimasukkan mas?Enak lho,hehe

angkisland said...

wahhh haha mulai lapar mas Barry tapi jauhnya bikin semngat heheh

Ervina Megawati said...

Ya Ampiiuunn mas.. saya org madura aja belum tau banyak kuliner madura :D tenkyu mas udh share ttg Madura

Info Madura | PulauMadura.com said...

Waahh.. saya banyak ketinggalan info tentang kuliner khas madura ini.. mesti didatangi suatu saat.. makasi yaa.. ;)

Salam,
Info Pulau Madura

selimut said...

kok bisa namanya sate lalat?

hammer of thor said...

info yang sangat bagus dan bermanfaat.... makasih telah berbagi