Keindahan Kota Athena, Yunani.

-->
Video Keindahan Kota Athena, By Barry Kusuma.

Siapa yang menyangka kalau kota kecil ini memiliki begitu banyak keindahan yang belum sempat dilihat oleh banyak orang. Meski Yunani sedang dilanda masalah perekonomian, Athena tidak pernah mati oleh turis dan pariwisata. Athena merupakan kota unik yang punya banyak keindahan, dibalik keindahan ini ternyata Athena punya banyak sekali keunikan yang mungkin tidak banyak orang tahu.

1. Athena adalah nama seorang Dewi


Menurut mitologi kuno yang ada di Yunani, Athena adalah nama seorang Dewi Kebijaksanaan. Alasan mengapa kota Athena bernama Athena menurut mitologi adalah saat itu Dewi Athena dan Dewa Poseidon saling berkompetisi untuk memberikan sebuah nama yang akan menjadi pelindung bagi kota tersebut. Mereka tidak berperang dalam menentukan nama siapakah yang akan menjadi nama kota itu. Mereka berkompetisi dengan memberikan sesuatu untuk para penduduknya.

Sayangnya, pemberian Dewi Athena yang berupa pohon buah zaitun ternyata jauh lebih berharga dibandingkan mata air asin yang diberikan oleh Dewa Poseidon. Akhirnya, nama Dewi Athena-lah yang dijadikan sebagai nama kota kuno ini.

2. Luas kota Athena tidak lebih dari ¼ luas kota London.

Ibukota negara Yunani ini ternyata hanya memiliki tidak lebih dari ¼ luas kota London. Luas kota Athena hanyalah 412 km2 dari 131.958 km2 luas wilayah yang negara Yunani miliki. Sejak Athena menjadi ibukota, populasi penduduk di kota ini meningkat drastis. Dengan luas wilayah yang kecil itu, jumlah penduduk yang tinggal di Athena mencapai lebih dari 3 juta jiwa. Tepatnya 3.052.000 penduduk di tahun 2015. Padahal di tahun 1834, kota ini hanya berpenduduk sekitar 10.000 orang saja. Bisa dibayangkan bukan betapa lengangnya Athena zaman dahulu dibanding dengan sekarang?

Selain itu, karena 80% negara Yunani adalah pegunungan tandus. Maka Athena-pun terletak di atas gunung-gunung Yunani. Jika diukur, Athena terletak 212 meter diatas permukaan laut.

3. Athena adalah kota tertua di Eropa

Jika sekarang kota Athena adalah ibukota Yunani, maka beribu tahun lalu saat Yunani Kuno mencapai masa kejayaannya, Athena juga jantung dari peradaban Yunani Kuno itu sendiri. Di abad ke 5 SM, kota ini masih mendominasi sebagai kota yang berbeda dari yang lainnya termasuk di Acropolis. Acropolis adalah sebuah benteng dipuncak bukit yang setara dengan bangunan kuno seperti barisan pilar yang ada di kuil Parthenon.
Sudah ada sejak lebih dari 7000 tahun silam, Athena merupakan salah satu kota tertua di Eropa bahkan di dunia. Zaman dahulu, hanya Sparta dan Athena yang berkembang sangat pesat hingga mencapai masa kejayaan. Tidak heran jika kota ini menjadi salah satu kota tertua di Eropa. Kota tertua ini juga tempat lahirnya paham demokrasi, filosofi barat, Olympic Games, politik ilmiah, sastra barat, historiography, prinsip matematika yang sampai sekarang masih digunakan hingga teori barat tentang drama tragedi dan komedi. Sehebat itulah Athena hingga saat ini.

4. Penduduk Athena dikenal dengan sebutan Greeks

Di kota Athena dipenuhi dengan Greeks yang sangat menikmati iklim sub-tropical di wialayah Mediteranian dengan kondisi panas dan tidak lembab saat musim panas yang diikuti dengan suhu yang basah dan sejuk di musim dingin. Rata-rata suhu di Athena sepanjang tahun hanya 18.50 C. Hal ini tidaklah mengejutkan karena 98% orang yang tinggal di Yunani adalah suku Greeks. Turks atau orang Turki adalah salah satu minoritas terbesar yang juga mendiami Yunani, beberapa minoritas lainnya adalah Albanians, Macedonians, Bulgarians, Armenians, dan bahakan kaum gipsi.

Dengan suhu udara yang tidak terlalu ekstrim inilah yang membuat Yunani terutama Athena selalu didatangi oleh banyak sekali turis dari negara lain. Setiap tahunnya, turis yang datang ke Yunani bisa menjacapi lebih dari 1,6 juta orang. Bukanlah hal yang mengherankan pula jika negara ini memiliki bandara internasional terbanyak dibanding dengan negara lain disekitarnya.Bahasa yang digunakan sehari-hari di Athena adalah bahasa Yunani, dengan mata uang yang beredar adalah Euro. Jadi jika memang berniat untuk berkunjung ke Athena, pastikan bahwa tidak lupa untuk menukar mata uang rupiah dengan Euro dan bukannya dollar.

5. Athena merupakan pusat kebudayaan Yunani Kuno.

Sudah sejak zaman dahulu Athena menjadi pusat dimana orang-orang Yunani melakukan kegiatannya. Bahkan saat zaman Yunani Kuno-pun Athena sudah menjadi pusat kebudayaan. Berbagai hal dilakukan di kota yang mengambil nama Dewi Kebijaksanaan ini. bahkan, Athena dikenal sebagai kota terkuno di dunia karena sejarah-sejarah bangsanya yang sudah mampu mempengaruhi dunia.
Video Hydra island, the most beautiful islands in Greece.
Video by Barry Kusuma
Berbagai hal-pun lahir di tempat ini seperti munculnya filsuf-filsuf terkenal seperti Plato dan Socrates. Dasar-dasar matematika dan seniman luarbiasa pun lahir dari kota kecil inifakta tentang Athena yang membuktikan Athena sebagai pusat kebudayaan masa Yunani Kuno adalah banyaknya reruntuha kuil yang di jumpai di sekitar kota Athena. Beberapa reruntuhan yang paling terkenal adalah kuil Parthenon, wilayah Acropolis, kuil Athena, kuil Poseidon dan masih ada beberapa lagi. Selain kuil, teater Dionysos juga adalah salah satu dari 148 teater yang dulu ada di Athena. Teater yang dulu digunakan sebagai tempat pertunjukan dan hiburan bagi para masyarakat berbentuk setengah lingkaran dengan kursi yang berbeda tegantung status sosial yang dimiliki.

Bahkan Athena memiliki tempat dimana semua masyarakatnya terutama yang laki-laki bisa berkumpul dan saling memberikan pendapat mengenai isu-isu politik yang saat itu sedang hangat-hangatnya. Mereka seperti memiliki cara tersendiri untuk memecahkan suatu kasus. Setiap orang berhak untuk bicara. Dari sinilah lahir paham demokrasi.


Tempat yang menjadi pusat segala kegiatan di Athena adalah Agora. Sebuah pasar yang memilki fasilitas yang sangat lengkap. Semua orang berkumpul disana tidak hanya untuk bertransaksi tapi juga saling berdiskusi. Banyak tempat untuk melatih fisik dan para seniman yang memamerkan kebolehannya. Saat itu tinggal di Athena seperti sesuatu yang menakjubkan.

6. Salah Satu Warisan Dunia ada di Athena, Acropolis

Tidak salah jika Acropolis diberikan penghargaan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Tempat ini dibangun sekitar abad 447 SM dan 438 SM. Acropolis ini sebenarnya adalah sebuah benteng kuno yang berdiri di atas bukit dengan begitu megah hingga saat ini meski yang tersisa hanya reruntuhannya saja. Tapi bahkan meski hanya reruntuhan, tempat ini sudah menjadi bukti penting bahwa Athena pernah berada di puncak kejayaannya.

Selain itu, di Acropolis terdapat sebuah gerbang atau pintu masuk yang sangat megah disebut Propylaea. Gerbang ini dibuat dari marmer abu-abu dari gunung Eleusinian dengan lebar 48 m didesain oleh seorang arsitek kenamaan di Athena pada zamannya bernama Mnesicles. Sebagai sebuah proyek baru yang dipimpin oleh Pericles, gerbang ini tidak pernah selesai dibuat. Alasan paling utama yang menyebabkan gerbang ini tidak pernah selesai karena Athena harus menghadapi sebuah perang besar yang disebut perang Peloponnesian.

7. Bagi Greek, makanan dan wine adalah hal yang sangat penting

Bagi seorang Greek (orang Yunani) makanan dan anggur (wine) adalah dua aspek penting di dalam budaya Yunani. Bahkan negara ini terkenal dengan makanan dan anggur yang sangat lezat dan memiliki kualitas yang baik. Beberapa makanan tradisionalnya bisa ditemui di seluruh Yunani termasuk tentu saja Athena. Beberapa makanan tradisonal lainnya hanya ditemui di daerah tertentu.

Jika berkesempatan pergi ke kota Athena yang menjadi pusat kebudayaan Yunani kuno ini lebih baik menyempatkan diri untuk merasakan makanan khas disana. Meski tidak semua orang bisa menikmati minuman alkohol seperti anggur, lebih baik jangan. Selain itu bagi mereka yang perlu memastikan makanan itu halal atau tidak, lebih baik cari tahu dulu sebelum memakannya.

Beberapa makanan yang terkenal di Athena adalah greek mezedes, tzatziki, saganaki, keftedekia, horta, briam, greek salad, moussaka, paidakia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Athena memiliki pantai yang menawan.

Sama seperti Indonesia, di Athena selain museum dan tempat sejarah, ada baiknya jika mengintip keindahan alam yang kota ini tawarkan. Sudah pasti pergi ke reruntuhan dan tempat bersejarah di kota Athena adalah suatu kewajiban. Sangat rugi kalau pergi sampai ke Athena tapi sama sekali tidak melihat reruntuhan sisa masa kejayaan Yunani Kuno. Setelah berkunjung ke berbagai situs sejarah, hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menikmati keindahan alam kota Athena. Salah satu caranya dengan pergi ke pantai.

 Temple of Poseidon, god of the sea.
Video by Barry Kusuma
Di kawasan Athens Riviera, ini seperti kawasan dengan garis pantai yang panjang dan memiliki pemandangan menawan yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa pantai yang sangat terkenal adalah Glyfada, Vouliagmeni, Varkiza, Nea Makri, Crysi Akti (Golden Coast, pantai emas), Lagonisi, Kavouri dan Alimos. Semua pantai-pantai itu sudah dikelola oleh pihak Athena, jadi saat masuk memang dikenakan biaya. Sebenarnya hal ini dilakukan agar bisa tetap bisa menjaga kebersihan pantai sejak begitu banyak turis yang datang.

9. Nikmati wisata berbelanja di kawasan Ermou

Nah kalau ini cocok buat orang Indonesia yang suka belanja, karena ada satu tempat di Athena yang bisa dikunjungi bernama Ermou. Di sepanjang Ermou akan ditemukan berbagai penjual dengan berbagai barang dagangannya pula. Mungkin tidak hanya souvenir, tapi banyak lagi yang bisa ditemukan mengingat Athena selalu penuh kejutan. Jika tidak sempat pergi ke tempat itu, saat pergi ke pantai atau ke wilayah Syntagma, Glyfada, dan Kolonaki juga bisa pergi mencari-cari oleh-oleh. Disana terdapat berbagai jenis butik dan toko yang ekslusif.

Jika ingin mengunjungi beberapa tempat lagi untuk berbelanja, di Athena terdapat daerah bernama Plaka. Disana akan dijumpai berbagai macam souvenir dari seluruh penjuru Yunani. Disinilah tempatnya jika ingin mengetahui apa saja barang yang di jual di seluruh Yunani yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Di Plaka pula terdapat pusat perbelanjaan terbesar bernama Vassilopoulos. Di kawasan pasar loak dan barang antik yang buka setiap harinya.

How To Get There:

Athena mungkin masih terdengar asing bagi wisatawan Indonesia, padahal saat ini akses menuju kesini sangat mudah. Karena Flyscoot sudah membuka penerbangan direct dari Singapore – Athena, dan pastinya bisa menekan budget pesawat kamu untuk bisa lebih banyak jalan jalan di Kota Athena.

Tips agar perjalanan long haul flight kamu nyaman dengan menggunakan LCC (low cost carrier) :

1. Bawalah headset agar tidak bosan mendengarkan lagu selama perjalanan.
2. Jangan lupa isi smartphone atau tablet kamu dengan game atau film, dan powerbank jangan lupa juga dibawa ya.
3. Siapkan Singapore Dollar untuk membeli cemilan makanan atau makanan yang ada di pesawat, ketika saya naik Flyscoot harga makanannya ternyata tidak terlalu mahal, banyak variasi makanannya dan rasanya ternyata enak-enak.
4. Kalau tetap bosan juga, ternyata Flyscoot penerbangan Singapore – Athens ini menggunakan pesawat 787 Dreamliner yang sudah ada fasilitas wifinya, dan kamu bisa membayar wifi ini selama perjalanan pesawat dan tetap bisa eksis di social media.
5. Ada baiknya kamu membawa obat anti mabuk (antimo) jika ingin beristirahat, sehingga bisa tertidur lelap pada saat perjalanan dan ketika sampai badan kamu sudah fresh.

Video Keindahan Kota Athena, By Barry Kusuma.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)