Kuil Dewa Poseidon di Yunani.

-->
Yunani adalah destinasi impian saya sejak kecil, alasannya simple. Karena waktu kecil saya suka banget nonton anime Saint Seiya, memang kalau sudah power of mind suatu saat bisa terwujud. Buat kamu yang punya destinasi impian jangan pernah putus bermimpi, mungkin suatu hari kamu bisa datang ketempat tersebut.

Banyak tempat bersejarah di Yunani yang menarik untuk dikunjungi. Tempat-tempat bersejarah di Yunani terutama kuilnya cenderung berada di posisi terbaik dan bersatu dengan alam. Kota yang dulu menjadi pusat kebudayaan Yunani Kuno ini masih menyisakan bukti peninggalan meski hanya berupa reruntuhan saja.

Video Kuil Poseidon di Yunani - Video by Barry Kusuma
 
Ada begitu banyak Kuil – kuil yang besar dan kokoh di Yunani, tetapi salah satu kuil favorite saya di Yunani adalah Poseidon Temple. Letak kuil ini sangatlah indah, karena terletak diatas bukit Cape Sounion yang indah. Pemandangan dari sini mengingatkan saya dengan pemandangan bukit lawa di Flores yang begitu indah.

Temple of Poseidon terletak lebih 70 km di sebelah tenggara kota Athena. Tempat paling ujung dari Athena ini disebut Sounion. Yang berdiri pilar-pilar putih yang kokoh di paling ujung Sounion dan terletak di tepi laut. Bahkan, pilar-pilar putih ini dikelilingi oleh tiga lautan sekaligus.

Pilar-pilar putih yang berdiri kokoh ini adalah reruntuhan dari Kuil Poseidon yang dibangun pada 444 SM. Tahun yang sama dimana Kuil Parthenon di kota Athena didirikan. Kuil ini dibangun dari batu marmer yang berasal dari Agrilesa. Bentuk pilarnya ramping berwarna putih dan hanya tersisa 16 pilar dengan gaya Doric. Iktinos adalah arsitek yang membangun Kuil Poseidon ini. Aristek yang juga membangun Kuil Hephaestus di Agora Kuno di kota Athena.

Reruntuhan Kuil Poseidon ini juga terkenal dengan pemandangan mata hari tenggelam yang menawan. Sina matahari akan menerpa pilar-pilar putih yang berubah menjadi kuning keemasan. Pemandangan langka yang hanya bisa dinikmati di Sounion. Diantara pilar agung reruntuhan Kuil Poseidon.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sebelum para turis datang di siang hari agar bisa memotret dan tidak seramai city of acrapolis. Selain menikmati arsitektur kuil ini, sangat disarankan untuk mengunjungi pantai pantai yang ada disekitar kuil ini. Karena banyak terdapat café dan hotel ditepi pantai, kamu bisa menikmati secangkir kopi sekaligus berenang di laut mediterania yang terkenal cantiknya.

Video Kuil Poseidon di Yunani - Video by Barry Kusuma

How To Get There

Jalan – jalan ke Eropa memang identik dengan mahal, karena umumnya tiket pesawatnya saja sudah mahal. Untuk akomodasi selama disana masih bisa diakalin mencari penginapan murah seperti hostel atau hotel bisnis, makannya pun bisa belanja sendiri dan masak sendiri yang biasanya disediakan di hostel.

Namun sejak 19 juni 2017 kemarin Flyscoot yang merupakan LCC (low cost carrier) membuka penerbangan perdana Singapore – Athena direct flight, saya sempat mendapatkan tiket one way 2.9jt www.flyscoot.com sudah dengan bagasi 20kg. backpackeran ke Eropa sekarang sudah bisa terjangkau asal kalian bisa mendapatkan tiket murah dan salah satunya dengan memanfaatkan Flyscoot. Di artikel lain saya mungkin akan sharing pengalaman saya naik LCC long houl ke Eropa hehe.
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)