Taman Nasional Sebangau, Tempatnya Satwa liar di Borneo.

Borneo Kalimantan merupakan destinasi yang punya segudang Satwa Liar di Indonesia, salah satunya adalah Taman Nasional Sebangau. Ditempat ini salah satu tempat untuk kita bias menikmati banyak satwa liar seperti orang utan di Borneo.

Taman Nasional Sebangau Keruing merupakan tempat tinggal alami untuk Orang Utan, banyak Populasi Orang Utan yang terdapat disini dibandingkan dengan taman nasional di tempat lain. Terletak di sungai Punggualas, desa Keruing kecamatan Kamipang kabupaten Katingan, Kalimantan tengah.

Orang Utan Jantan Kalimantan, besarnya bisa 2 kali besarnya manusia. 

Taman Nasional Sebagau di Keruing adalah destinasi pertama dari Terios7Wonders yang bertema Wild Adventure. Saya kesini mengikuti Tim Terios7Wonders yang selama 10 hari mengexplore keindahan alam dan satwa dari Borneo. Untuk menuju kesini kita naik 7 Daihatsu Terios dari kota Palangkaraya menuju Punggualas, Kurang lebih perlu waktu 4 jam agar bisa sampai ke desa ini. Jalan yang tidak mulus membuat suasana petualangan semakin terasa, mendekati desa Baun Bango jalan yang tadinya beraspal akan berganti dengan jalan tanah yang berdebu, disamping jalan diapait hutan lebat. Saat tiba di desa, perjalanan akan dilanjutkan kembali menuju Keruing dengan menggunakan perahu. Lama perjalanan dengan perahu memakan waktu sekitar 1 jam, ada masyarakat yang tergabung dalam kelompok Simpul Wisata yang siap menemani perjalanan anda selama menjelajah Taman Nasional Sebangau Keruing. Mereka Akan mengantarkan ke Punggualas menggunakan perahu dan guide kita untuk melihat orang utan.

Trekking menuju ke Taman Nasional Sebangau, air sungai surut dan harus berjalan selama 3 jam masuk ke hutan.
Buat teman teman Jika ingin menginap, ada bangunan yang dikelola WWF kalteng yang bisa digunakan untuk menginap, berupa 2 kamar tidur. Apabila anda perlu tempat untuk memuat orang lebih banyak, anda bisa tidur dilantai meski seadanya namun cukup untuk menampung 20 orang. 

Terdapat beberapa desa lain disekitar Punggualas seperti Bango dan Jahanjang, dimana di desa tersebut terdapat tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi. Ada sebuah danau yang bernama Danau Bulat. Kegiatan seperti memancing, berbermain kano, berenang, memanggang ikan, berkemah, menyaksikan tarian adat, memanen rotan, menyadap karet, dll, bisa anda lakukan selama anda disini.

Burung Paruh Kodok, salah satu satwa endemik Borneo. burung ini sangat ahli menyamar.
Tips Traveling ke Taman Nasional Sebangau.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin mengunjungi Taman Nasional Sebangau Keruing.

- Gunakan pakaian yang nyaman dan sepatu karena rute perjalanan yang tidak mudah serta harus memasuki kawasan hutan.
- Bawa barang seperlunya saja
- Sebaiknya datang antara hari senin-juma’at, karena pada Sabtu & Minggu, kantor yang melayani tiket masuk ke kawasan wisata tutup.
- Sediakan fotokopi identitas terlebih dahulu agar memudahkan saat mengurus surat izin masuk
- Jika berniat menggunakan jasa kelompok Simpul Wisata, hubungi mereka terlebih dahulu 2 atau 3 hari sebelum kedatangan ke lokasi wisata
- Jangan melakukan hal-hal yang dapat mengganggu atau membuat kaget Orang utan.

Bersama Tim Terios7Wonders Wild Borneo.
Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma