11 Tips Memotret Landscape ketika Traveling.

Memotret landscape dan alam yang indah pada saat Traveling itu tidak susah, semua orang bisa memotret landscape yang indah. memotret alam bisa kamera apa saja baik DSLR, Mirrorless, Smartphone maupun kamera saku. Fotografer dadakan / pemulapun bisa membuat foto landscape yang bagus, asal tahu trik dan tipsnya.


Golden Hours saat terbaik untuk mengabadikan keindahan pantai adalah pagi hari dan sore hari, banyak yang menanyakan bagaimana membuat hasil foto landscape yang maksimal. padahal untuk memotret tidak sesusah yang dibayangkan, berikut ada beberapa tips memotret Landscape :

1. Selalu bangun pagi, sebagian besar Para Fotografer Landscape itu bangun pagi karena mereka tahu sebagian besar cuaca cerah adalah dipagi hari. karena matahari belum terlalu tinggi sehingga texture dan bayangan akan lebih ter expose dengan baik. jika kita memotret di pagi hari dan cuaca cerah, mau motret pakai kamera apapun termasuk smartphone hasilnya pasti bagus kok.

2. Jika anda punya silindris pada mata usahakan horizon lurus pada waktu pemotretan, karena horizon merupakan salah satu hal yang dominan di foto pantai. jika kesusahan lebih baik gunakan fitur horizon lurus di kamera anda. nah TS punya silindris di mata dan mau motret garis lurus aja setengah mati susahnya, karena perasaan sudah lurus pas motret eh miring juga horisonnya, fitur horizon di kamera sangat membantu kita untuk membuat foto tidak miring.


3. lebih baik membuat hasil foto yang sudah "jadi" daripada harus mengolahnya di photoshop. nah pernah dengar anggapan foto yang bagus mau diapa2in juga pasti bagus aja, tapi kalau sudah jelek mau diedit apapun juga akan jelek hasilnya. anggapan itu benar banget, usahakan memotret hasilnya sudah bagus jadi tidak perlu banyak mengedit lagi dibelakang. lebih baik menikmati Traveling daripada nongkrongin editing foto dibelakang komputer bukan hehe..

4. menggunakan filter CPL sangat membantu untuk memperindah foto langit anda dengan membirukan langit dan menaikan saturasi warna. nah kalo TS terus terang jarang banget menggunakan CPL untuk membirukan langit, karena bagaimanapun filter CPL yang mahal sekalipun akan bisa mengurangi kualitas foto dan CPL biasanya digunakan jika keadaan dalam kondisi darurat kalau cuaca jelek.

5. Selain CPL menggunakan filter GND juga akan sangat membantu untuk mengurangi perbedaan exposure antara laut dengan langit. jadi kalau siang hari terik terlalu terang, filter ini bisa membantu mengurangi teriknya matahari dan detail awan yang hilang ketika siang hari.


6. usahakan untuk memasukan foreground yang menarik kedalam foto pantai Anda, bisa berupa batu karang, bintang laut dll. ya karena foto landscape yang hanya ada pemandangan laut atau gunung saja akan terasa hambar, pergunakanlah objek2 yang berada disekeliling agar mempercantik foto.

7. bawalah tripod. selain untuk mengurangi goyangan juga untuk bisa mengexplorasi foto landscape dengan tehnik slow shutter. tapi kalau engga mau berat dan ribet sekarang ada Gorilla pod, praktis dan kecil bisa dibawa kemana mana. Gorillopod ini sangat fungsional kok karena bisa ditaruh dibawah atau kita taruh di dahan kayu.

8. berexperimenlah dengan angle dan komposisi yang unik, buatlah foto landscape yang memadukan foto travel yang baik. ya karena esensi dari foto Travel yang baik bisa memadukan banyak unsur, seperti budaya, arsitektur, alam yang bisa disatukan dalam 1 foto.


9. untuk jaga jaga gunakanlah simpan file kamera anda dalam format RAW. kalau dahulu jaman filem analog file asli kita adalah slide foto, nah RAW sekarang di era digital sebagai file asli kita. seandainya foto kita dicopas orang kita bisa menunjukkan file asli kita sebagai hak milik. selain itu file RAW juga mudah mengoreksi white balance pada saat kita memotret.

10. Gunakan Low Iso, semakin kecil ISO membuat kualitas foto kita semakin halus dan bagus. ini nih yang sering kita lupa, kadang sering memotret malam hari dengan High Iso dan pagi harinya lupa diseting lagi ke Low ISO sehingga foto2 banyak noise padahal disiang hari. hal sepele yang sering sekali terjadi termasuk TS juga suka kelupaan hehe.

11.siapkan juga peralatan pembersih seperti lens pen, kain lap karena terkadang tidak sengaja kita akan terciprat air laut. dan Blower (penyemprot debu) juga penting, karena biarpun tidak membuka lensa terkadang partikel partikel debu yang sangat kecil bisa masuk kedalam lensa, setiap malam habis traveling ada baiknya membersihkan lensa dan sensor di kamera. males banget kan foto bagus tapi banyak debunya, paling males bersihinnya di photoshop hehe.



dan yang terakhir adaalh untuk bisa menikmati foto landscape, adalah enjoy your Journey. 60% gunakanlah untuk liburan, 40% sisanya dapat foto bagus itu bonus.

Artikel & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”