Berburu Atraksi Lumba-lumba di Alam Liar.

Pasti banyak dari kita yang sudah melihat lumba lumba, baik di kebun binatang, akuarium, atau bahkan dari film film dokumenter. tapi saya yakin pasti belum banyak yang melihat lumba lumba melesat dan menari di laut lepas dihabitat asli mereka. melihat lumba lumba berenang riang di samping perahu anda dan mereka dekat disamping perahu kita merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dan tidak akan pernah terlupakan.

Di Blog ini saya akan sharing dimana kita bisa menemukan Spot Spot di Indonesia yang bisa melihat langsung Atraksi Lumba Lumba di habitat aslinya, ada beberapa lokasi di Indonesia yang dengan mudah kita bisa melihat ratusan bahkan ribuan lumba lumba disamping perahu kita. yuk dimana saja spot spot rumah lumba lumba ini..

Teluk Kiluan Lampung

nah buat yang pingin melihat lumba lumba secara langsung bisa mengunjungi Teluk Kiluan Lampung, ya disini kalau kita beruntung kita bisa melihat ribuan Lumba Lumba menari dan beratraksi dialam bebas.

untuk menuju ke Teluk Kiluan dari Jakarta kita harus melewati perjalanan darat, jarak ke Kiluan dari Kota Bandar Lampung ini memakan waktu 4 jaman karena medan yang dilalui cukup rusak. untuk menginap disana bisa di Pulau Kiluan atau di daratan teluk Kiluan. saya sangat menyarankan untuk menginap di Teluk Kiluannya karena di Pulau Kiluan akomodasinya sangat kurang dan tidak nyaman. untuk bisa menemui lumba lumba ini harus pagi hari berangkat dengan kapal Ketinting pada pukul 6 pagi, dan lama perjalanan menuju tengah laut sekitar 1jaman. nah jika sudah ketengah laut siap siaplah untuk dapat kejutan siapa tahu Lumba lumba ini muncul berenang disamping kapal ketinting anda.

Para kawanan lumba-lumba liar menyelam bebas di bawah laut ditambah dengan pantai berpasir putih dengan latar belakang langit biru jernih merupakan Destinasi utama Teluk Kiluan ini yang mewakili keindahan alam lengkap dari Kiluan Bay. fungsi Teluk Kiluan sebagai jalur migrasi dari dua jenis lumba lumba, yaitu lumba-lumba Botol - hidung dan lumba-lumba Spinner . Jumlah lumba lumba ini sangat menakjubkan karena yang melewati Teluk Kiluan ini diperkirakan mencapai ribuan , salah satu jumlah terbesar migrasi lumba-lumba di dunia. dan Pantai di sekitar Teluk Kiluan juga tempat bersarang dua spesies penyu, yaitu penyu hijau dan penyu sisik.

Teluk Kiluan memiliki dua jenis Lumba lumba, dan terkadang mereka lebih mudah untuk ditemukan karena masih banyaknya mereka. Lumba-lumba juga makhluk yang suka bermain dan mereka senang untuk mendekati kapal, memanggil dan menyapa kepada para tamu yang sudah datang dengan ramah. di Teluk Kiluan kita bisa melihat lumba lumba ini dengan menggunakan kapal ketinting, kapal yg cukup kecil dan hanya muat maksimal 4 orang saja. disarankan untuk membawa jas hujan kalau tiba tiba hujan pada saat kita berlayar.

Walaupun jumlah lumba lumba di Teluk Kiluan masih sangat banyak, tetapi sering juga teman teman yang datang kesini mereka belum cukup beruntung untuk bertemu dengan Lumba Lumba. ya memang tidak ada yang bisa memastikan kesini pasti akan bertemu lumba lumba. saran saya menginaplah 2 malam disini, kalau hari ini tidak bisa bertemu mungkin besoknya kita bisa ketemu dengan mereka lagi. selamat menikmati Atraksi Lumba lumba di alam liar.

Pantai Lovina Bali.

Pantai Lovina Bali bisa dikatakan sebagai rumahnya Lumba Lumba, karena memang disini peluang kita untuk bertemu lumba lumba di Alam liar masih sangat besar. berbeda dengan Teluk Kiluan Lampung kita masih untung untungan bisa bertemu dengan mereka.

Pantai yang terkenal yang terletak di utara pulau Bali, karakter pasir disini sedikit berbeda dipantai pantai bali lainnnya karena pasir hitamnya. Selain itu yang sangat terkenal di Pantai Lovina ini adalah setiap pagi kita bisa menyaksikan segerombolan Ikan Lumba – lumba yang bermain di pantai ini, untuk melihat lumba lumba ini kita bisa menyewa perahu nelayan yang bisa dipesan dihotel atau langsung ke nelayannya. Jangan lupa membawa lensa tele dan wide, karena bisa saja tiba tiba lumba lumba tersebut muncul disamping anda.

kedua spot ini Teluk Kiluan dan Pantai Lovina Bali merupakan Spot yang sangat dikenal kita bisa menemukan Lumba Lumba, sebenarnya masih banyak spot spot di Indonesia yang kita dengan mudahnya menemukan lumba lumba. tetapi terkendala dengan akomdasi dan transportasi menuju ke tempat tersebut masih sulit. dari sebagian besar lokasi menyaksikan lumba lumba di alam liar kedua tempat inilah yang bisa diakses.

beberapa Tips untuk memotret Lumba Lumba.

1. Kalau ada lensa Tele jangan lupa dibawa, karena sering lumba lumba muncul mereka posisinya jauh dari kita.

2. ketika mengunjungi destinasi diatas jangan cuma sehari, tetapi menginaplah 2 hari. seperti ini agar kalau dihari pertama kita tidak dapat kita bisa punya waktu lagi esoknya. biasanya di hari kedua kita bisa mendapatkan lumba lumba.

3. namanya juga lumba lumba liar, tidak ada jaminan kita bisa melihat lumba lumba dikarenakan perubahan habitat dan alam. peluang kita bisa melihat tetap 50-50 dan banyak berdoa ya hehe..

Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips https://twitter.com/barrykusuma @BarryKusuma