Indahnya Krakatau, Indahnya Indonesia.


Menikmati Keindahan Indonesia bisa dimana saja, salah satu keindahan tersembunyi dan dekat dari Jakarta adalah Gunung Krakatau. ya Gunung Krakatau ini menyimpan potensi keindahan alam yang menakjubkan, karena akses untuk mencapai kesini bisa dibilang mudah. bisa melalui Carita Banten atau Lampung.

walaupun Krakatau bisa diakses dari kedua lokasi tersebut, tetapi Krakatau masuk dalam wilayah Lampung. Sebagai provinsi di ujung selatan Sumatra, Lampung menjadi gerbang Sumatra bagi mereka yang berasal dari Jawa. Wilayah ini berbatasan dengan Selat Sunda di selatan, Samudra Indonesia di barat, dan laut Jawa di timur. Sebagian besar Travelers yang ingin mengunjungi Krakatau melalui Pulau Sabesi di Lampung dan menyewa kapal disini.

Pada tahun 1800an Gunung Krakatau ini pernah meledak dan menjadi ledakan terdahsyat di muka bumi, oleh karena ledakan tersebut Gunung Krakatau ini tak hanya menjadi legenda milik Indonesia, tapi juga dunia. Hal itu lantaran letusannya yang maha dahsyat pada 130 tahun silam. Letusan Krakatau kala itu tak hanya meluluhlantakkan kawasan di sekitarnya (Lampung dan Banten) tapi juga terasa hingga ke belahan bumi lainnya. Bahkan, suara letusan Krakatau terdengar hingga Australia.

sampai saat ini diteliti tinggi Gunung Anak Krakatau bertambah empat sentimeter setiap tahun. Saat ini diperkirakan tinggi Anak Krakatau sudah mencapai sekitar 700 meter di atas permukaan air laut. Di sekitar gunung api ini terdapat kepulauan yang terdiri atas Pulau Rakata, Panjang, dan Sertung. Menurut catatan, pulau tersebut terbentuk setelah letus Gunung Krakatau.


untuk mengunjungi bisa menggunakan transportasi laut, seperti speedboat atau kapal kayu nelayan dari Kalianda (Lampung Selatan) atau Anyer (Banten). Kalianda menjadi daerah yang banyak dipilih wisatawan karena selain lebih dekat, sekitar 1,5 jam, trip ini juga lebih aman karena ombaknya yang relatif lebih kecil. dan banyak penyedia kapal kayu dengan harga yang terjangkau.

setelah sampai ke Gunung Krakatau banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini, dimulai dari trekking dari tepi pantai menuju ke Gunung Krakatau melewati hutan. oiya hati hati ya jangan buang air sembarangan karena sering dan banyak sekali biawak di pulau ini. ketika trekking melewati hutan kita banyak melihat keindahan hutan dengan background gunung krakatau. nah setelah tiba dikaki gunung krakatau siapkan fisik untuk mendaki Gunung ini dengan medan berpasir, sebaiknya membawa tongkat, topi dan minum yang cukup. karena sesampai diatas sana sangat panas dan melelahkan, dan sebaiknya jika Gunung Krakatau ini sedang aktif sebaiknya tanya ke Ranger yang menjaga apakah aman untuk naik lagi keatas.


sesampai diatas kita bisa menikmati keindahan Gunung Krakatau, banyak bongkahan bekas lahar yang menambah dramatis keindahan foto yang kita buat. yuk kita jelajahi keindahan Gunung Krakatau, Mahakarya Alam Indonesia.