Tips memaksimalkan Smartphone untuk Foto Liburan.

Photography and Text by Barry Kusuma.

Foto pemandangan Kota Jakarta disaat senja menggunakan Android Phone.

saya yakin semua orang pasti doyan liburan dan Traveling, sebagian besar pasti juga suka motret Traveling memakai Smartphone..hayoo ngakuu!! hehe..

saya mau sharing bagaimana sih memaksimalkan kamera Smartphone disaat Traveling supaya bisa mendapatkan hasil foto yang bagus..minimal bisa bikin ngiri temen di facebook atau twitter hehe

Candi Plaosan Jawa Tengah yg difoto pada sore hari, difoto menggunakan Smartphone Android.

Saya coba jelasin dulu konsep Travel Fotografi itu apa.. Travel Fotografi itu adalah pendokumentasian Alam, Budaya, arsitektur dan Human interest. Travel Photography identik dengan kamera DSLR, padahal gan pakai kamera Smartphone atau kamera saku juga bisa membuat foto Travel yang bagus. untuk smartphone memang terbatas hanya untuk kebutuhan sosial media, web, blog dan maksimal adalah majalah.

Sate Klathak kas Jogja, memotret kuliner Nusantara carilah tempat duduk dekat jendela agar cahaya cukup. difoto memakai Smartphone Android.


Berikut adalah Tips memaksimalkan Kamera Smartphone untuk Foto Traveling.
1. belilah memory external smartphone minimal 16GB atau sesuaikan dengan kapasitas maksimal memory smartphone. memory external yang besar membuat kita tidak takut kehabisan memory ketika kita mendapatkan momen yang bagus saat Traveling.

2. selalu gunakan LOW ISO di kamera Smartphone agan, ini juga sebagai tips untuk mencari Smartphone carilah yang bisa diset manual & iso rendah. semakin rendah iso yang digunakan semakin halus dan bagus kualitas fotonya, ada kekurangan memakai low iso ini kita harus mendapatkan cahaya yang cukup terang.

3. Set kualitas kamera smartphone agan ke paling tinggi / bagus, semakin besar pixel semakin bagus juga kualitas foto yang dihasilkan. inilah manfaat kita punya external storage memory card yang besar, engga worried kalau kehabisan memory card.
Question : apakah perlu foto dokumentasi Traveling bareng2 temen juga diset file yang paling besar?
Answer : menurut saya perlu sih gan, karena suatu saat kita akan mencetak foto tersebut dan menjadi memory yang tidak terlupakan.

4. Tips untuk memotret kuliner, carilah lokasi tempat duduk yang dekat dengan jendela. karena biasanya cahaya dekat jendela itu terang untuk memotret tanpa flash. kuliner merupakan salah satu bagian dari Travel Fotografi, usahakan memotret kuliner dengan cahaya alami dan hindari menggunakan flash agar tampak lebih natural.

5. memotret Traveling dengan Smartphone sangat rawan dengan guncangan dan shake, jangan terburu2 pada saat memotret. tunggulah beberapa detik sampai kamera di Smartphone kita sudah merekam gambar dengan sempurna.

Foto Pacu Jawi di SumBar, difoto dengan menggunakan burst shoot untuk mendapatkan momen terbaik. difoto menggunakan Smartphone Android.

memotret candi Prambanan dengan memfokuskan di matahari, sehingga membuat siluet. difoto menggunakan Smartphone Android.

Foto Pantai Pulang Sawal di Gunung Kidul, cobalah untuk mengexplore angle & Komposisi agar foto tampak lebih indah. difoto menggunakan Smartphone Android.

Tips lain untuk memaksimalkan Smartphone Travel Foto kita

selain teknis diatas kita juga harus berani banyak mencoba angle dan memotret, apa saja yang harus diexplore.

Carilah angle dan komposisi yg menarik untuk menambah dimensi dan keindahan fotonya. jangan takut untuk membidik smartphone Agan low angle & dekat dgn tanah untuk mendapatkan sudut pandang yang dramatis.

Foto landscape paling baik diambil memakai Smartphone pada saat pagi hari dan sore hari, dimana cahaya tidak terlalu keras dan tidak terlalu over. hindari memotret pada saat siang hari dan matahari tepat diatas kita, kalau sudah seperti ini bisa menggunakan bantuan flash internal.

Smartphone memiliki beberapa keterbatasan karena mereka belum memiliki sensor yang besar seperti DSLR

bisa dibilang semua Smartphone memiliki masalah dengan kontras tinggi seperti matahari terbenam & foto low light. untuk mengatasi masalah ini gunakanlah fitur HDR, atau kalau tidak ada agan bisa mendownload aplikasi yg mendukung HDR

Foto Golden Sunrise di Gunung Rinjani, difoto menggunakan Smartphone Android.

tips memotret kuliner Nusantara yg kadang tidak sedap dipandang, ambilah angle dari atas. Foto Walang Goreng (belalang goreng) dari Gunung Kidul Jogja ini diambil memakai kamera Smartphone Android.

Foto Danau Segara Anak Rinjani diambil menggunakan low iso di Smartphone.

kunci dari Foto Travel yang baik adalah pencahayaan, Foto yang sudah bagus hasil mentahnya mau diapa2in juga akan bagus hasilnya. Foto yang sudah tidak bagus diedit seperti apapun tetap saja akan jelek hasilnya.

penting bagi agan memotret dengan benar, tidak boleh asal2an dalam memotret. kalau foto kita sudah bagus hasil awalnya mau diedit seperti apapun juga akan bagus, disini saya akan sharing tentang Editing Aplikasi foto2 diatas.

Foto2 diatas semua saya ambil menggunakan Smartphone Android, dengan teknis yang sudah saya jelasin dari awal ke agan2. foto2 diatas saya tidak edit menggunakan Photoshop, tetapi hanya menggunakan Instagram. saat ini banyak aplikasi di ios dan Android market untuk mengedit foto seperti Path, Snapsed, Photoshop Mobile dan banyak lainnya. semua itu boleh digunakan asal foto kita sudah bagus dari awal.

foto sebelah kiri adalah foto asli, sebelah kanan adalah foto smartphone yg sudah difilter edit oleh instagram.lihat hasil awalnya sudah baik bukan, instagram hanya mempercantik foto saja.

Note :
1. Foto2 diatas saya menggunakan Smartphone Android, sengaja saya tidak menyebutkan merek. tetapi pada dasarnya semua Smartphone bisa memotret seperti diatas menggunakan aplikasi2 yang banyak tersebar.

cukup lumayan bukan Tips dan Trik memaksimalkan Kamera Smartphone untuk Foto Traveling, kalau semua ini sudah dicoba dijamin Foto2 Smartphone akan lebih baik.

Photography and text by Barry Kusuma.