Baronda Maluku yuk Jalan jalan ke Maluku..

Patung Martha Christina Tiahahu, Simbol perjuangan Rakyat Maluku yang pantang menyerah.

Pada tanggal 25 Mei 2013 Tim #BarondaMaluku yang terdiri dari blogger, photographer dan videographer menjelajahi Maluku dengan dukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Baronda Maluku (bahasa daerah maluku) yang mempunyai arti Jalan jalan ke Maluku mengeksplore keindahan Maluku yang tidak banyak orang tahu.

Video Baronda Maluku, Video Dokumentasi perjalanan selama mengeksplore Maluku.

Ambon adalah ibu kota Maluku, dahulu Ambon merupakan daerah peghasil rempah rempah terbaik dunia sampai sekarangpun masih. selain penghasil rempah rempah Ambon juga dikenal keindahan alamnya yang begitu memukau bagi siapa saja yang mengunjungi Ambon. Kota Ambon terletak di daerah datar yang dikelilingi oleh teluk Ambon yang indah yang didukung oleh pegunungan hijau subur dan menghadap dalam air jernih dan taman karang berwarna-warni dan spesies beraneka ragam.

Pemandangan Kota Ambon yang menawan.

Kota Ambon juga dikenal sebagai 'Ambon Manise' yang berarti Ambon itu manis atau cantik. Nama ini dikarenakan keindahan alam Ambon yang menawan dan keramahan orang di sini. dan juga Ambon dikenal sebagai pulau tropisnya Indonesia. Sebagai salah satu tempat paling awal di Indonesia yang ditempati oleh kekuasaan kolonial Belanda, Ambon memiliki sejarah yang panjang. karena banyak kebudayaan Ambon saat ini telah tercampur warisan Eropa dan masyarakat lokal Ambon. disini kita dapat menemukan benteng abad-tua dan literatur kerajaan lokal yang menelusuri banyak cerita rakyat. selain itu Ambon sebagai tempat berbagai ras ada disini dan rumah bagi berbagai etnis salah satunya termasuk suku Alifuru asli, orang Jawa yang bermigrasi kesini, Sumatra, Minahasa, orang-orang Arab yang datang pada abad ke-9, Eropa, dan Cina yang pertama datang di abad ke-7 untuk berdagang di daerah makmur pulau rempah-rempah ini. Pada tahun 2000an Ambon sempat mengalami Perang dan bentrok antar Ras dan Suku, tetapi saat ini Ambon merupakan Destinasi yang sangat aman. ketika saya berkeliling dan jalan jalan di Ambon masyarakatnya sangat ramah dan berita yang santer diberitakan karena konflik agama sama sekali tidak saya rasakan disini.

Pemandangan Teluk Ambon yang memukau.

salah satu icon Kota Ambon adalah patung Martha Christina Tiahahu yang merupakan Patung penghargaan untuk seorang pahlawan perlawanan anti penjajah yang berjuang melawan Belanda bersama ayahnya pada awal abad ke-19. Ketika ayahnya dieksekusi karena mendukung gerakan perlawanan Martha melanjutkan pertarungan, namun dirinya kelaparan sampai mati ketika ditangkap oleh Belanda. Dari karena perjuangan yang gigih melawan penjajah dibuatlah Patung Martha Christina Tiahahu yang letaknya diatas bukit disamping gedung DPRD, dan letak Patung ini menghadap teluk dan Kota Ambon. sehingga ini merupakan spot terbaik untuk memotret, paling tepat memotret Patung ini dikala senja.

 
Patung Martha Christina Tiahahu merupakan Simbol Landmark Kota Ambon.

beberapa lokasi wisata yang dapat kita kunjungi di Kota Ambon diantaranya adalah:

Pemandangan Pantai Natsepa yang hening dan indah.

1. Patung Pattimura (pahlawan nasional dari Ambon), di Lapangan Merdeka
2. Tugu Dolan di Kudamati
3. Tugu Trikora di Urimesing
4. Franciscus Xaverius (St Francis Xavier) Patung (seorang Katolik misionaris) di Batumeja
5. Rumphius monumen di Batu Meja
6. Namalatu Beach at Latuhalat
7. Natsepa Indah Beach di Natsepa
8. Santai Beach at Latuhalat
9. Pintu Kota di Airlow
10. Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong)
11. V.O.C. Bunker di Benteng Atas


Tari Lolyana yang merupakan Tradisi dan tari masyarakat Maluku

Maluku punya Tari Lolyana yang merupakan tradisi dan kebudayaan masyarakat Kepulauan Teon Nila, Serua. Tarian ini mengangkat upacara panen lola ke dalam bentuk pertunjukan. umumnya Tari Lolyana ditarikan oleh Gadis Ambon Manise, Lolyana sendiri adalah kata umum yang dipakai untuk pekerjaan untuk mengumpulkan salah satu hasil laut, lola. Panen lola ini dilaksanakan setelah sasi lola dibuka secara resmi oleh ketua agama dan pemangku adat setempat.

 
Tari Gaba Gaba yang ditarikan oleh anak anak Maluku.

ada juga Tari Gaba Gaba, dalam bahasa lokal disebut Tari Saureka Reka. Tari Gaba Gaba ini dibuat Sesuai dengan namanya gaba-gaba berarti pelepah daun sagu yang sudah kering dan ringan. Ketika panen sagu, batang pohon sagu ditebanguntuk diambil patinya. Pati sagu ini merupakan makanan pokok pengganti beras. Pelepah batang ini tidak dibuang begitu saja, tetapi dikumpulkan lalu dikeringkan. saat ini Gaba Gaba digunakan sebagai perlengkapan tari, di Maluku dan wilayah Indonesia timur lain, gaba-gaba juga digunakan sebagai dinding rumah yang bisa bertahan hingga belasan tahun. Gaba-gaba juga dipakai sebagai pengganti kayu untuk memasak. dan di Tari ini dijadikan permainan anak anak selagi mereka menunggu orang tuanya panen.

Atraksi Bambu Gila yang merupakan kekayaan Budaya masyarakat Maluku.

Wisatawan bisa mengunjungi Ambon dengan penerbangan dari Denpasar atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta. ada beberapa penerbangan langsung juga ke Bandara di Kota Ambon adalah Pattimura (AMQ), adapun penerbangan yang ke Ambon seperti:
1. Garuda Indonesia
2. lion Air
4. Indonesia AirAsia
5. Wings Air, dan
6. Sriwijaya Air.

Video Underwater Baronda Maluku.

Mereka terbang dalam rute dari Ambon ke Makassar, dan kemudian Jakarta, atau Ambon ke Surabaya, dan kemudian Jakarta, dan sebaliknya.
Garuda Indonesia baru-baru ini mulai terbang ke Ambon, dan melayani rute baru merek dari Jakarta ke Ternate, Maluku Utara transit di Makassar.

senyum anak anak Ambon Manise, keramahan membuat kita ingin selalu kembali lagi.

Photography & Text by Barry Kusuma